Minggu, Oktober 17, 2021

Waduk Darma Kuningan dengan Pesona Danau yang Dikelilingi Perbukitan

Waduk Darma Kuningan adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Kuningan. Jika Anda bosan berwisata ke pantai atau gunung, wisata bendungan ini cocok Anda coba. View danau yang dikelilingi perbukitan dan lembah bisa membuat semua penat hilang tak tersisa. Apalagi ada banyak aktivitas seru yang ditawarkan sehingga pengunjung tak akan mati gaya.

Waduk ini ternyata sudah ada sejak zaman Belanda, lho. Selain difungsikan sebagai destinasi wisata, bendungan ini juga berfungsi sebagai tempat penampungan air dan budidaya ikan. Bahkan beberapa waktu lalu, ditemukan ikan dengan berat puluhan kilogram. Ingin tahu seperti apa kisah dan review wisata bendungan ini? Simak penjelasan berikut selengkapnya, ya!

Sejarah Waduk Darma Kuningan

Baca juga:

Waduk Darma Kuningan sudah ada sejak dulu tetapi hanya berbentuk danau kecil saja dengan sebagian area ditinggali penduduk dan pesawahan. Barulah pada tahun 1922 dilakukan renovasi bendungan oleh pihak Belanda yang saat itu masih menjajah Indonesia. Menurut kisahnya, area pemukiman penduduk tersebut ditenggelamkan dan terbentuklah danau seluas 425 hektar ini.

Itulah mengapa saat air danau atau bendungan surut, kita bisa melihat bekas pondasi rumah dan jalan terdahulu. Konon, waduk ini dibuat oleh para wali dan beredar mitos yang mengatakan jika ada calon pengantin berkunjung, pernikahannya akan gagal. Namun, itu merupakan mitos dan zaman sudah berubah 180° menjadi lebih canggih. Dengan dibangunnya berbagai infrastruktur dan konsep modern, malah banyak calon pengantin yang melakukan prewedding disini.

Daya Tarik Waduk Darma Kuningan

Wisata yang cocok dikunjungi saat akhir pekan ini menyuguhkan panorama danau yang luas dengan perbukitan dan lembah yang mengelilingi. Udaranya pun sejuk dan mengalirkan energi positif dalam tubuh untuk lebih rileks. Banyak wisatawan yang menikmati indahnya danau dan perbukitan sembari duduk dipinggir danau bak sedang berpiknik. Bangunan dengan dekorasi menarik yang disediakan pun menjadi daya tarik tambahan waduk ini.

Anda bisa menyewa perahu yang disediakan untuk menyusuri indahnya danau lebih dekat. Cukup membayar Rp.15.000 per orang dengan kapasitas 20 kursi untuk tiap perahu. Jangan lupa untuk berswafoto dengan background danau dan perbukitan yang cantik.

Waduk Darma Kuningan juga memiliki lahan daratan yang luas sehingga wisatawan bisa berjalan-jalan di pinggir danau dengan nyaman. Rumputnya pun ditata sedemikian rupa agar menambah kesan aesthetic. Ada lintasan untuk berjalan-jalan yang disediakan dengan gazebo dan tempat duduk yang ada diberbagai sudut.

Aktivitas Seru di Waduk Darma Kuningan

Tak hanya berjalan-jalan atau menaiki perahu menyusuri waduk untuk menghabiskan liburan di objek wisata ini. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan, lho. Anda bisa menikmati semilir angin yang sejuk sambil memancing di pinggir danau. Tentu lebih mengasyikkan mengajak keluarga sambil ngopi dan ngobrol santai, ya. Nah, untuk para remaja bisa berpiknik ria ala-ala selebgram juga di lahan rumput yang disediakan.

Jika anak-anak Anda bosan, ada taman bermain untuk mereka dengan wahananya. Mereka bisa menikmati sensasi menaiki perahu ayun besar, kereta, mandi bola, odong-odong, dan wahana lainnya. Bagi yang hobi off-road, ada lintasan untuk Anda bersepeda atau bermain skuter mengelilingi bendungan. 

Waduk Darma Kuningan juga menjadi tempat yang pas untuk melihat indahnya sunset. Anda bisa menikmatinya bahkan jika ingin berkemah, pengelola menyediakan camping ground dan penginapan. Aktivitas yang tak kalah seru yakni berfoto dengan photospot yang beragam. (Hal 2)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU