Jumat, April 19, 2024

Umbulan Dampit Malang: HTM, Fasilitas, hingga Lokasi

Umbulan Dampit Malang merupakan sebuah objek wisata berupa pemandian dengan konsep alam yang asri. Jika pemandian biasanya identik dengan kolam buatan dan seluncuran raksasa atau ember tumpah, maka berbeda dengan yang satu ini. Kolam atau umbulan yang ada pada objek wisata ini adalah alami karena airnya berasal langsung dari sumber mata air. Suguhan alam yang hijau pun menjadi daya tarik tersendiri yang mengelilingi areanya.

Wisatawan yang datang pun bisa menghirup udara bersih nan segar sepuasnya sembari berenang merasakan kesegaran air alaminya. Bagi Anda yang ingin refreshing atau sekadar menenangkan pikiran sembari piknik atau berkemah, tempat ini juga bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat. Anda bisa mengajak orang-orang tersayang agar momen liburan bisa lebih bermakna.

Untuk bisa berlibur di Umbulan Dampit Malang, Anda sebaiknya menyimak artikel ini hingga akhir sebagai referensi. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang objek wisata ini. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk Umbulan Dampit Malang

Malang memang terkenal dengan ragam objek wisata alam yang selalu menjadi pusat perhatian para pelancong. Alamnya yang indah seolah menjadi oase di tengah panasnya cuaca Jawa Timur dan Tengah. Tak hanya itu, kelebihan lain dari objek wisata yang ada di kabupaten ini adalah harga tiket masuknya yang ramah kantong. 

Seperti halnya harga tiket masuk objek wisata alam Umbulan Dampit Malang yang hanya mematok tarif Rp2.000 sampai Rp10.000 saja. Bahkan menurut beberapa wisatawan, objek wisata ini telah menggratiskan tiket masuk untuk wisatawan. Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja, itupun seikhlasnya. Terdapat biaya lain yang tak kalah murah, yakni biaya menyewa ban yang hanya bertarif Rp2.000 saja, lho.

Informasi lain yang harus Anda ketahui tentang objek wisata ini adalah jam operasionalnya. Adapun jam operasional objek wisata pemandian ini adalah 24 jam setiap harinya. Kami sarankan untuk datang saat pagi hari atau setelah Dzuhur saat cuaca cerah, ya. Perlu Anda ingat bahwa jam operasional dan harga tiket masuk ini tidak bersifat permanen sehingga dapat berubah sewaktu-waktu.

Daya Tarik Umbulan Dampit Malang

Objek wisata Umbulan Dampit Malang memiliki satu kolam dengan air alami yang bersumber langsung dari mata air. Kolam ini cukup luas dengan kedalaman hingga 3 meter sehingga wisatawan perlu berhati-hati saat berenang. Saat cuaca cerah dan momen yang pas, airnya akan sangat jernih, bahkan Anda dapat melihat ikan-ikan cantik di dalamnya. Ya, kolam ini juga menjadi habitat dari ikan-ikan dengan jenis dan warna yang berbeda.

Airnya yang alami tentu memberikan kesegaran saat menyentuh kulit. Anda dapat berenang atau sekadar mencelupkan kaki ke air sembari bersantai menghirup udara segar. Hawanya yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri, berpadu dengan pepohonan hijau yang rindang dan asri. Terdapat sebuah sungai yang sering kali menjadi tempat bermain anak-anak karena arusnya yang tidak deras.

Berenang, Memancing, Piknik, dan Berkemah

Tak hanya berenang untuk menikmati kesegaran airnya, Anda dapat melakukan aktivitas menarik lain di tempat ini. Umbulan Dampit Malang juga menjadi spot yang tepat untuk piknik karena nuansanya yang asri dan hawanya yang sejuk. Anda dapat bersantap atau barbekuan bersama orang tersayang sembari memandang alam yang tenang.

Jika ingin lebih lama menikmati suasana alamnya, Anda dapat berkemah di sana pada area yang telah tersedia. Bagi yang hobi memancing, tempat ini juga bisa menjadi alternatif pilihan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu dengan berswafoto. Kolam pemandian ini tak jarang menjadi spot bagi para fotografer untuk melakukan sesi foto underwater, lho. 

Fasilitas dan Lokasi Wisata Pemandian

Umbulan Dampit Malang memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan. Seperti area parkir kendaraan, warung-warung makan dan pedagang kaki lima, gazebo untuk bersantai, toilet, hingga musala. Beberapa spot foto yang instagramable berlatarkan alam juga tersedia, lho.

Lokasi wisata ini adalah Ds. Umbulrejo Ubalan, Area Sawah/Kebun, Pamotan, Kec. Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65181. Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Malang. 

Objek wisata Umbulan Dampit Malang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin liburan murah meriah. Meskipun sederhana, keindahan alamnya tetap memesona. Selamat berlibur, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya