Jumat, Mei 31, 2024

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi habitat dari karang serta berbagai ikan. Ragam warna ikan yang berukuran besar pun menjadi daya tarik tersendiri di tengah jernihnya air kolam. Jangan takut akan bau amis karena airnya selalu mengalir sehingga terbarukan.

Pemandian ini juga selalu menjadi tujuan wisatawan karena bisa melakukan underwater photo. Anda bisa berfoto di bawah air dengan ragam properti unik yang tersedia di dasar air. Fasilitas di objek wisata ini pun cukup lengkap sehingga Anda bisa berwisata dengan nyaman. Letaknya yang strategis juga menjadi alasan wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bagi Sobat Djava yang tertarik berkunjung ke Umbul Ponggok Klaten, simak artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi unik dan seru yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Mari simak informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Alamat Lengkap Umbul Ponggok Klaten

Sebelum berkunjung, Sobat Djava tentu harus mengetahui terlebih dahulu alamat lengkap objek wisata ini. Alamat lengkapnya adalah Jl. Delanggu – Polanharjo, Desa Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474. Berjarak sekitar 12 kilometer dari Alun-alun Klaten dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Akses jalannya sudah bagus dan bisa untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Untuk petunjuk jalan yang pasti, Anda bisa menggunakan Google Maps.

Harga Tiket Masuk Wisata

Informasi penting seputar Umbul Ponggok Klaten adalah harga tiket masuknya yang murah meriah. Hanya sebesar Rp10.000 per orang saat hari Senin hingga Jumat atau Rp15.000 per orang saat weekend. Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan dan sewa peralatan snorkeling lainnya.

Berikut beberapa rincian sewa peralatannya untuk Anda. Perlu Anda ketahui bahwa harga-harga ini tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah sewaktu-waktu.

Kacamata selam Rp15.000

Kaki katak Rp10.000

Rompi selam Rp10.000

Diving Rp250.000 per orang

Underwater Walker Rp150.000 per orang

Spot foto underwater Rp60.000-Rp200.000 per 4 atau maksimal 7 orang

Fasilitas Objek Wisata

Umbul Ponggok Klaten memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut adalah area parkir kendaraan, toilet, kamar ganti/bilas, musala, gazebo, warung wisata, hingga spot foto. Tersedia juga fasilitas untuk berenang, menyelam, snorkeling, hingga underwater photography. Fasilitas-fasilitas tersebut ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Daya Tarik Umbul Ponggok Klaten 

Objek wisata ini memiliki banyak daya tarik yang membuat wisatawan ramai mengunjunginya. Salah satunya adalah air kolamnya yang alami dan jernih sehingga menawarkan kesegaran alam. Kolamnya juga cukup luas dengan pepohonan rindang di sekitarnya yang membuat areanya lebih teduh dan sejuk.

Umbul Ponggok Klaten juga terkenal dengan pesona ikan-ikannya yang berukuran besar dan berwarna-warni. Jenis ikannya ada ikan koi, bawal, ikan mas, dan ragam ikan hias lainnya. Warna putih, oranye, merah, hingga kehitaman pun bisa Anda temukan pada ikan-ikan ini.

Anda bisa merasakan langsung sensasi berenang bersama ikan-ikan yang akan mengikuti kemana Anda pergi. Momen inipun bisa Anda abadikan dalam sebuah foto yang instagramable. Agar lebih photogenic, Anda bisa mencoba berswafoto ala underwater dengan ragam propertinya. Ada meja, kursi, bunga-bunga, televisi, laptop, sepeda motor, sepeda ontel, dan lain sebagainya.

Fotografernya pun telah profesional sehingga hasil fotonya terjamin kece. Ajak teman-teman atau keluarga untuk berfoto bersama dengan kapasitas 4 hingga 7 orang. Durasi fotonya berbeda-beda tergantung paket foto mana yang Anda pilih. 

Jika tak ingin menyelam, Anda bisa duduk di pelataran tepian kolam sembari mencelupkan kaki ke air. Ikan-ikan akan otomatis berkerumun mendekati Anda dan menciptakan momen yang pas untuk berfoto. Anda bisa menikmati keindahan pemandian ini sembari menyantap makanan dan minuman di warung wisatanya.

Itulah beberapa informasi tentang Umbul Ponggok Klaten yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Hubungi nomor telepon 0858-7887-0003 untuk informasi lebih lanjut. Pastikan Anda datang pada jam operasionalnya, yakni pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB setiap Senin-Jumat. Berbeda saat weekend yang beroperasi hingga pukul 17.00 WIB. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Gurau Banyumas, Spot Ngadem yang Penuh Pesona

Curug Gurau Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang santer menjadi spot ngadem karena memiliki ragam pesona alam. Tempat ini berlokasi di kawasan wisata...

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya