Selasa, Mei 28, 2024

Umbul Nilo Klaten: HTM, Fasilitas, hingga Alamat

Umbul Nilo Klaten merupakan sebuah objek wisata alam yang menyediakan pemandian dari sumber mata air alami. Objek wisata umbul ini memang tak sepopuler Umbul Ponggok ataupun Umbul Manten, tetapi tentu memiliki daya tarik tersendiri yang sayang untuk Anda lewatkan. Salah satunya adalah panorama persawahan yang mengelilingi area kolam alaminya sehingga menciptakan suasana sejuk yang menenangkan. Cocok untuk menjadi tempat bersantai dan refreshing saat akhir pekan bersama keluarga.

Kabupaten Klaten sekali lagi membuktikan julukannya sebagai Kota 1001 umbul dengan kehadiran pemandian ini. Tak hanya menawarkan kesegaran air dan keindahan alamnya, objek wisata di kabupaten ini juga memiliki kelebihan lain, lho. Salah satunya adalah murahnya harga tiket masuk yang harus wisatawan bayar. Anda tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa berwisata ke umbul ini.

Agar momen liburanmu lebih seru, tak ada salahnya untuk menyimak artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi tentang Umbul Nilo Klaten yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Mulai dari harga tiket masuk, fasilitas, jam operasional, alamat lengkap, hingga daya tariknya. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Umbul Nilo Klaten

Informasi penting yang perlu Sobat Djava ketahui tentang objek wisata ini adalah harga tiket masuknya. Dari situs resminya, objek wisata umbul ini hanya mematok harga tiket masuk sebesar Rp6.000 saja per orangnya saat hari biasa. Saat akhir pekan, harganya naik sedikit menjadi Rp8.000 per orang.

Untuk hari libur nasional tertentu seperti hari lebaran, biasanya akan naik lagi menjadi Rp10.000 per orang. Kemudian terdapat biaya retribusi parkir kendaraan sebesar Rp3.000 per unit motor. Untuk kendaraan mobil, biaya parkirnya adalah Rp5.000 per unit. Umbul Nilo Klaten juga menyediakan penyewaan ban dengan biaya sewa Rp5.000.

Jam Operasional

Selain menyiapkan dana, pastikan Anda untuk datang saat jam operasionalnya agar tidak sia-sia. Objek wisata ini beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB. 

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari saat kondisi cuaca yang cerah. Datang saat menjelang sore juga cukup recommended karena Anda bisa menikmati pemandangan indah saat momen sunset.

Fasilitas yang Tersedia 

Umbul Nilo Klaten memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan saat berwisata ke sana. Fasilitas tersebut adalah area parkir kendaraan yang luas, loket tiket, penyewaan ban renang, kamar bilas, kamar ganti, dan musala. Tersedia juga fasilitas gazebo yang nyaman untuk bersantai atau menyimpan barang.

Objek wisata ini juga menyediakan fasilitas pendopo bagi Anda yang ingin mengadakan acara di sana. Tersedia area yang biasanya untuk live music di depan kolam. 

Objek wisata ini menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak-anak maupun dewasa yang lengkap dengan perosotan, waterboom, ember tumpah, dan lainnya. Jika lapar, tersedia warung-warung dan restoran yang siap memanjakan lidah Sobat Djava. 

Alamat Lengkap

Umbul Nilo Klaten berlokasi di area persawahan yang dekat dengan wisata populer Janti Park. Alamat lengkapnya adalah Area Kebun/Sawah, Desa Daleman, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482. Berjarak sekitar 18 kilometer dari Alun-alun Klaten atau dapat Anda tempuh dalam waktu 30 hingga 40 menit. 

Daya Tarik Umbul Nilo Klaten 

Sobat Djava, jika Anda tengah bingung mencari tempat liburan untuk keluarga yang murah meriah, cobalah untuk ke Kabupaten Klaten. Kabupaten ini memiliki sederet objek wisata keluarga dengan harga terjangkau dan pemandangan alam yang memukau. Fasilitasnya pun cukup lengkap dan mampu membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Salah satunya adalah objek wisata bernama Umbul Nilo Klaten. Umbul ini begitu spesial karena airnya murni dari mata air langsung sehingga aman dari bahaya kaporit. Anda bisa berenang dengan lebih aman dan bisa menikmati kesegaran yang sesungguhnya. Airnya pun super jernih, Sobat Djava bisa melihat dengan jelas permukaan kolam yang berupa bebatuan kerikil. 

Sementara itu, kolam renang barunya telah memiliki sentuhan modern dengan dasar kolam berupa keramik. Berbagai permainan seperti perosotan mini, waterboom, hingga ember tumpah pun tersedia untuk membuat liburanmu lebih asyik. Kolam-kolam yang tersedia memiliki ukuran yang besar dengan kedalaman yang bervariasi. Anak-anak pun bisa ikut berenang dengan pengawasan orang tua.

Umbul Nilo Klaten juga menyajikan view persawahan yang memanjakan mata. Pepohonan ipik yang berada di tepian kolam pun membuat suasananya lebih sejuk dan teduh. Jangan lupa untuk melakukan sesi foto underwater, ya! (Rismawati/Djavatoday)

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya