Minggu, Juli 14, 2024

Umbul Manten Klaten, Bisa Berfoto dalam Air!

Umbul Manten Klaten merupakan sebuah objek wisata populer yang menyuguhkan keindahan sebuah kolam alami atau ‘umbul’. Wisata air ini berada di tengah alam yang indah dengan pohon-pohon yang rindang membuat sekitarnya begitu teduh. Yang paling menarik perhatian adalah kejernihan airnya yang nampak seperti cermin raksasa yang memantulkan panorama di sekitarnya. Tak heran jika tempat ini selalu menjadi tujuan para calon pengantin untuk melakukan sesi foto prewedding.

Bahkan tempat ini juga pernah menarik salah satu perusahaan rokok untuk melakukan syuting iklan, lho. Keindahan kolam dan alam sekelilingnya memang begitu eksotis. Ragam aktivitas liburan pun bisa Anda lakukan di sini bersama teman maupun keluarga. Salah satunya adalah berswafoto dalam air atau foto underwater.

Penasaran dengan informasi lebih lanjut Umbul Manten Klaten? Simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Baca juga: Kemuning Sky Hills, Ada Jembatan Kaca Terpanjang Se-Jawa Tengah

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Umbul Manten Klaten

Sebelum menghabiskan waktu dengan berlibur di objek wisata ini, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu biaya tiket masuknya. Tidak mahal, hanya Rp10.000 per orang saja (belum termasuk biaya parkir). Kemudian terdapat penyewaan tikar dengan harga yang masih ekonomis, yakni Rp5.000 saja. Harganya yang terjangkau untuk semua kalangan membuat objek wisata air ini selalu ramai oleh wisatawan, terutama saat akhir pekan.

Adapun jam operasional objek wisata Umbul Manten Klaten ini adalah mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB setiap hari. Sebaiknya Anda datang saat cuaca cerah agar pemandangan yang tersaji sedang cantik-cantiknya. Berkunjung saat pagi, siang ataupun sore tidak masalah karena kesejukan tempat ini sama nikmatnya.

Fasilitas dan Lokasi

Menjadi salah satu objek wisata favorit membuat tempat ini harus menyediakan ragam fasilitas untuk memberikan kepada wisatawannya. Hingga kini, telah tersedia area parkir kendaraan yang luas, toilet, musala, kamar ganti, dan warung-warung yang menjajakan ragam hidangan lezat. Tersedia juga penyewaan tikar, hammock, terapi ikan, dan spot foto yang ciamik.

Umbul Manten Klaten sangat recommended untuk menjadi tujuan wisata selanjutnya. Lokasinya pun hanya berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Klaten atau bisa Anda tempuh dengan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Akses jalan menuju lokasinya pun sudah memadai dan bisa untuk kendaraan roda dua maupun empat. Adapun alamatnya adalah  Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482.

Pesona Beningnya Umbul Manten Klaten

Sobat Djava, jika Anda merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari, cobalah untuk keluar sebentar dan cari pesona alam yang menyegarkan. Tak perlu bingung, sebuah objek wisata air di Klaten bisa menjadi pilihan terbaiknya. Sebuah tempat yang menyuguhkan keindahan kolam alami yang begitu bening dan berhiaskan pepohonan rindang yang menyejukkan.

Tempat tersebut bernama Umbul Manten Klaten, sebuah tempat yang menyimpan keindahan melalui kolam alaminya yang berundak. Kolam tersebut berukuran cukup luas dengan kedalaman yang bervariasi, ada yang 1,5 meter hingga yang dangkal untuk anak-anak. Banyak kolam yang bisa Anda jajal adalah tiga dan air kolam-kolam tersebut selalu mengalir dengan jernihnya. Bahkan Sobat Djava bisa melihat dengan jelas bebatuan alami yang menjadi dasar kolam dan akar pepohonan di bawahnya.

Tak hanya itu, hal menarik lain dari tempat ini adalah pohon-pohon yang mengelilingi kolamnya. Namanya adalah pohon ipik dan tumbuh berpasangan atau berdampingan di tempat ini bak sepasang pengantin. Pohon berpasangan inilah konon yang menjadi asal-usul penamaan tempat ini karena ‘manten’ sendiri artinya pengantin. Pohon-pohon ini begitu rindang dan melindungi wisatawan yang sedang bersantai atau berenang dari paparan terik matahari.

Pohon-pohon tersebut juga menjadi tiang alami bagi wisatawan yang ingin menggunakan hammock untuk bersantai. Menikmati gemercik air yang bersumber dari mata air alami sembari menikmati panorama pegunungan yang menawan. Anda juga bisa melihat hamparan persawahan yang hijau sejauh mata memandang dari Umbul Manten Klaten. Juga menghirup udara segar yang jauh dari polusi.

Foto Underwater yang Ciamik

Anda tak hanya bisa berenang dan menyelami kolam alaminya. Aktivitas unik dan juga menarik lainnya adalah berswafoto dalam air, alias foto underwater. Beningnya air kolamnya memungkinkan wisatawan untuk berfoto di bawah air dengan properti-properti yang instagrambale. Anda bahkan bisa berfoto layaknya sedang piknik di dalam air, lengkap dengan properti makanan, tikar, hingga keranjang ala-ala piknik cantik.

Foto underwater di Umbul Manten Klaten pun tak jarang menjadi favorit wisatawan, apalagi mereka yang ingin melakukan foto prewedding. Kolam lainnya juga ada yang berfungsi sebagai habitat dari ikan-ikan yang berwarna-warni. Anda bisa melihat cantiknya ikan-ikan tersebut yang gemar berkumpul di dekat akar pepohonan. (Ris/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya