Minggu, Juli 14, 2024

Umbul Kroman Klaten, Bisa Pancarkan Aura Kecantikan

Umbul Kroman Klaten merupakan sebuah hidden gem yang menjadi destinasi para pelancong untuk sekadar healing. Tempat ini menyuguhkan sebuah kolam mata air alami yang biasa menjadi pemandian karena airnya yang menyegarkan. Nuansa alam di sekitarnya pun masih begitu asri dengan banyaknya pohon-pohon yang rindang menjulang tinggi. Uniknya, tersebar sebuah mitos bahwa bagi perempuan yang mandi atau berenang di umbul ini akan memancarkan aura kecantikan, lho.

Kabupaten Klaten memang juaranya soal objek wisata pemandian atau umbul, tak heran jika kabupaten ini mendapat julukan sebagai kota seribu satu umbul. Keaslian mata airnya menjadi daya tarik tersendiri karena memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Wisatawan bisa bebas berenang dan bermain air tanpa takut perih atau bau menyengat dari kaporit. Mereka bahkan bisa mendapatkan bonus berupa suasana sejuk khas alam yang menenangkan.

Jika Sobat Djava sedang berada di sekitaran Klaten, Solo, ataupun daerah Jawa Tengah lain9, tak ada salahnya untuk mendatangi tempat ini. Kamu bisa bermain air dan berenang sepuasnya sembari menikmati keindahan alam yang hijau sejauh mata memandang. Sebelum berkunjung ke umbul ini, sebaiknya kamu simak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik seputar Umbul Kroman Klaten yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Daya Tarik Umbul Kroman Klaten 

Berenang di waterpark dengan berbagai permainan seru memang bisa menjadi alternatif pilihan saat ingin bermain air. Namun, waterpark biasanya ramai pengunjung dan airnya tidak 100 persen alami karena sudah tercampur kaporit. Bagi Sobat Djava yang ingin berenang dengan aman dan tenang, jangan khawatir karena kami memiliki rekomendasinya.

Cobalah untuk ciblon di Umbul Kroman Klaten yang memiliki air alami dari mata air yang super segar. Bahkan airnya telah melalui uji penelitian oleh Universitas Gajah Mada dan Universitas Negeri Surakarta. Hasilnya adalah airnya mengandung banyak mineral sehingga aman jika langsung kita konsumsi.

Wisatawan yang datang pun tak perlu takut mata perih karena airnya tak ada campuran kaporit atau bahan kimia lainnya. Daya tarik lainnya adalah kejernihan air yang membuat wisatawan bisa melihat dengan jelas dasar kolamnya. Butiran pasir, bebatuan, hingga ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela bebatuan pun bisa terlihat dengan jelas.

Warna airnya bahkan terlihat kebiruan sehingga memancarkan pesona yang memikat. Cocok juga untuk menjadi background swafoto dengan tambahan eksotisme dari pohon-pohon Bibis yang tumbuh subur di sekitarnya. Pohon-pohon itulah yang memberikan hawa sejuk yang pekat di Umbul Kroman Klaten. Membuat wisatawan ingin berdiam diri lebih lama sembari menenangkan pikirannya.

Tempat pemandian ini tak hanya menjadi spot berenang yang nyaman, tetapi juga cocok menjadi tempat refreshing bersama teman. Biasanya wisatawan datang sembari menikmati santapan yang mereka masak di tempat. Namun, ingat untuk selalu membawa kembali sampahnya agar tidak mengotori area mata air, ya!

Mitos Aura Kecantikan

Selain indah dan menyegarkan, Umbul Kroman Klaten juga memiliki kaitan dengan sebuah mitos yang akan membuat para perempuan senang. Menurut warga sekitar, air dari umbul ini memiliki khasiat untuk memancarkan aura kecantikan perempuan. Para perempuan yang mandi di umbul ini akan lebih ceria, bahagia, dan lepas dari kesedihan yang membuatnya murung.

Hal ini awalnya terbukti dari datangnya seorang wisatawan perempuan dari luar kota dengan wajah yang murung. Setelah mandi di umbul ini, ia merasa lebih ringan dan ceria. Terlepas dari mitos ini, kesegaran air dari umbul ini memang bisa menambah pasokan hormon kebahagiaan. 

HTM Gratis dan Jam Operasional

Umbul Kroman Klaten tidak mematok biaya tiket masuk, wisatawan hanya membayar biaya parkir saja sebesar Rp2.000. Adapun jam operasionalnya adalah 24 jam setiap hari. Namun, kami sarankan untuk tidak berkunjung saat malam hari karena minim pencahayaan dan udaranya dingin.

Fasilitas dan Alamat Umbul Kroman Klaten 

Objek wisata ini tidak memungut biaya masuk sehingga fasilitasnya pun belum lengkap. Hanya tersedia gazebo dan tempat duduk untuk istirahat. Tersedia juga kamar ganti, tetapi tanpa aliran air. Untuk perbekalan, sebaiknya kamu menyiapkannya sendiri, ya!

Umbul Kroman Klaten berlokasi di Dusun 1, Mranggen, Kec. Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57481. Gunakanlah kendaraan roda dua karena jalannya cukup sempit. Setelah memarkirkan kendaraan di Embung Mranggen, kamu harus berjalan mengelilingi embung dan menyeberangi aliran sungai untuk tiba di umbulnya. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya