Minggu, Juli 14, 2024

Telaga Madirda Karanganyar: HTM, Jam Buka, hingga Fasilitas

Telaga Madirda Karanganyar merupakan sebuah destinasi wisata alam yang letaknya berada pada lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini juga menjadi salah satu tempat healing dan rekreasi yang hits selain wisata Tawangmangu yang lebih dulu populer. Tak hanya menyuguhkan riak air danau yang indah, tempat wisata ini juga memiliki ragam fasilitas liburan yang menarik untuk Anda coba. Bagi Anda yang ingin mengajak teman ataupun keluarga untuk piknik, tempat ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat, lho.

Udaranya yang sejuk akan membuat siapa saja betah berlama-lama untk bersantai di sana sembari menikmati panorama indahnya. Banyaknya pohon-pohon yang mengelilingi area danaunya juga menjadi poin plus yang menciptakan nuansa asri khas pegunungan. Sesekali kabut tipis akan menyelimuti area danau dan membuat suasananya lebih magis sekaligus syahdu. Cocok menjadi latar fotomu yang instagenic.

Apakah Sobat Djava tertarik untuk berlibur ke Telaga Madirda Karanganyar? Jangan lupa untuk menyimak artikel ini selengkapnya karena kami akan memberikan informasi penting dan menarik lainnya sebagai referensi. Yuk, simak uraian berikut ini selengkapnya!

Baca juga: Umbul Mudal Slukatan: Daya Tarik, HTM, hingga Alamat

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Telaga Madirda Karanganyar

Informasi penting yang harus Sobat Djava ketahui saat akan berkunjung ke objek wisata danau ini adalah harga tiket masuknya. Menurut laman Instagram resmi @telagamardidaofficial, harga tiket masuk ke danau ini adalah Rp15.000 per orang, baik saat hari biasa maupun akhir pekan. Untuk anak-anak dengan tinggi badan kurang dari 110 cm tidak harus membayar biaya tiket masuk alias gratis. Kemudian terdapat biaya tambahan bagi Anda yang datang membawa kendaraan, yakni biaya parkir sebesar Rp2.000 per motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Bagi Anda yang ingin camping di Telaga Madirda Karanganyar, terdapat paket camping untku 2 orang seharga Rp100.000. Kemudian terdapat paket camping untuk kapasitas 4 orang seharga Rp150.000. Tempat ini juga menyediakan penyewaan ragam peralatan camping dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp40.000. Adapun biaya untuk menaiki perahu kano ataupun perahu bebek adalah Rp15.000 per 15 menit. Jika Sobat Djava ingin piknik, tetapi lupa membawa tikar, cukup menyewanya saja dengan biaya Rp10.000.

Selain harga tiket masuk, informasi penting lainnya yang harus Anda ketahui adalah jam operasionalnya. Tempat wisata ini beroperasi mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB setiap Senin hingga Jumat. Saat Sabtu dan Minggu, jam operasionalnya adalah pukul 07.30 sampai dengan 17.00 WIB, sedangkan fasilitas camping buka selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini adalah pagi atau menjelang sore saat cuaca cerah agar pemandangannya terlihat jelas.

Daya Tarik Wisata dan Aktivitas Seru

Telaga Madirda Karanganyar menyuguhkan keindahan area danau seluas 3,5 hektare pada ketinggian sekitar 1.050 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika udara yag terasa begitu sejuk, dingin, dan suasananya terasa asri khas pegunungan. Air danaunya jernih dengan riakan yang kecil sehingga masih bisa memantulkan pemandangan alam di sekitarnya. Anda juga bisa menikmati pemandangan pohon-pohon yang rindang menghiasi sekeliling danau.

Gugusan pegunungan pun menjadi latar dari danau ini, membuatnya sangat cocok menjadi background foto yang ciamik. Selain itu, danau ini juga telah mengalami perluasan sehingga terdapat aliran yag seperti sungai dengan ikan-ikan sebagai penghuninya. Ikan-ikan ini memiliki ragam jenis warna dan berukuran cukup besar, wisatawan tentu saja bisa memberi makan ikan tersebut. Anda bisa membeli pakan ikannya pada loket tiket. Aliran tersebut diapit kedua sisi berupa taman dengan rumput hijau dan bunga-bunga yang cantik.

Bersihnya tempat ini dan banyaknya fasilitas untuk duduk atau sekadar lesehan membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. Mereka tak jarang menggelar tikar dan mengeluarkan perbekalan, artinya waktu piknik telah tiba! Bersantap nikmat dan berbincang santai sembari menikmati keindahan danaunya bisa menjadi healing yang mengasyikkan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berhargamu di Telaga Madirda Karanganyar dengan berswafoto.

Anda bisa berfoto dengan latar danau dan pegunungannya. Kemudian berfoto di spot yang bertuliskan “Telaga Madirda” ataupun di tamannya. Wisatawan juga banyak yang berfoto saat menaiki perahu kano atau perahu bebek sambil menyusuri keindahan danau lebih dekat. Setelah itu, Anda bisa menikmati syahdunya tempat ini saat malam hari dengan berkemah.

Alamat dan Fasilitas Telaga Madirda Karanganyar

Objek wisata ini beralamat di Telaga Madirda, Area Sawah, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793. Berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat Karanganyar atau bisa Anda tempuh dalam waktu 40 menit. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik karena kondisi jalannya menanjak, berkelok-kelok, dan cukup sempit.

Adapun fasilitas yang terdapat di Telaga Madirda Karanganyar adalah area parkir, toilet, musala, warung makan, spot foto, dan gazebo. Terdapat juga tempat duduk, wahana perahu kano, perahu bebek, penyewaan tikar, penyewaan alat camping, hingga camping ground. Pastikan Anda melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin berkemah dengan menghubungi nomor 082211120211. (Ris/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya