Sabtu, Mei 18, 2024

Telaga Biru Cawene Bogor, Info HTM hingga Lokasi

Telaga Biru Cawene Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang baru saja beroperasi pada akhir tahun lalu. Hadirnya objek wisata baru ini makin meramaikan deretan objek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat. Meskipun baru beberapa pekan, destinasi wisata ini langsung menarik perhatian para wisatawan. Potret birunya air telaga dengan alam di sekelilingnya yang asri menjadi penyebab utamanya.

Tempat ini juga memiliki udara yang sejuk, cocok bagi Sobat Djava yang ingin healing saat akhir pekan. Apalagi jika mengajak teman, pasangan, atau keluarga untuk menikmati hari libur bersama di sana. Untuk Anda yang penasaran dengan tempat yang indah ini, simak informasi berikut sebelum berkunjung, ya!

Daya Tarik Telaga Biru Cawene Bogor

Setiap objek wisata alam di Nusantara pasti memiliki daya tariknya tersendiri, begitupun dengan wisata yang satu ini. Telaga Biru Cawene Bogor akan memanjakan wisatawan dengan birunya telaga yang memesona. Warna airnya benar-benar biru dan menyalurkan kesegaran pada tubuh saat menyentuhnya. Wisatawan bisa bermain air, berendam, dan berenang untuk bisa merasakan sensasi kealamiannya.

Telaga ini berbentuk seperti sungai, dengan kedalaman di kolam utamanya sekitar 5 hingga 6 meter. Terdapat kolam lain di atasnya dengan kedalaman mulai dari 1 hingga 4 meter. Di samping telaga nampak tebing berbatu yang seolah mengapit aliran air di bawahnya. Potretnya terlihat eksotis dan bebatuan besarnya sering kali menjadi spot untuk wisatawan melompat bebas ke dalam telaga. 

Selain bisa mendengarkan gemercik airnya yang menenangkan, Anda juga bisa menikmati damainya alam di sekelilingnya. Pepohonan hijau yang menjulang tinggi hingga tanaman rambat memenuhi sisi kiri dan kanan telaga. Membuat kesan sejuk benar-benar terasa. Telaga Biru Cawene Bogor memang recommended untuk menjadi list liburan Anda, Sobat Djava!

Keseruan di Telaga Biru Cawene Bogor

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa Sobat Djava lakukan saat berkunjung ke obyek wisata ini. Pastinya aktivitas air menjadi yang utama, seperti bermain air, berenang, berendam, hingga melakukan lompatan ala-ala cliff jumping. Anda juga bisa melakukan susur sungai atau juga bersantai di atas air menggunakan pelampung yang bisa Anda sewa di sana. 

Selain menjajal keseruan aktivitas air, Anda juga bisa mencoba kegiatan lain yang tak kalah seru. Salah satunya adalah berkemah di area dekat telaga. Anda bisa membawa tenda sendiri atau menyewa di lokasi wisata. Rasakan sensasi bermalam di tengah asrinya alam. 

Fasilitas dan Jam Operasional

Telaga Biru Cawene Bogor menyediakan beberapa fasilitas yang bisa mendukung aktivitas wisatawan saat berlibur. Di antaranya adalah area parkir, toilet, saung untuk bersantai dan makan bersama, camping ground, dan penyewaan pelampung. Fasilitas penyewaan tenda beserta alat kemah juga tersedia. Penerangan di sekitar telaga dan ayunan sebagai spot foto pun tersedia.

Tidak tersedia warung makanan di area wisata ini sebagai bentuk pihak wisata dalam meminimalisasi sampah. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00-17.00 WIB setiap hari. Kami sarankan untuk datang saat cuaca cerah agar warna airnya sempurna kebiruan. Akses jalan menuju telaganya pun akan aman karena tidak licin akibat air hujan.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Cawene Bogor

Untuk bisa mendapatkan keseruan berlibur di Telaga Biru Cawene Bogor, Anda perlu membayar tiket masuknya sebesar Rp15.000 per orang. Terdapat tambahan biaya parkir Rp5.000 untuk sepeda motor, sedangkan mobil sebesar Rp10.000. Untuk Anda yang ingin berkemah, ada tambahan biaya sewa lahan sebesar Rp30.000.

Jika ingin menyewa tenda yang pihak pengelola wisata sediakan, siapkan uang sekitar Rp200.000. Butuh sleeping bag? Anda bisa menyewanya dengan biaya Rp50.000. Harga-harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola. Kunjungi laman Instagram @telagabiru_cawene untuk update informasi lebih lanjut.

Lokasi Telaga Biru Cawene Bogor

Telaga Biru Cawene Bogor berlokasi di Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Lokasinya sekitar 2 jam dari pusat kota Bogor. Anda bisa mengakses tempatnya menggunakan kendaraan bermotor ataupun mobil, tetapi hindari menggunakan mobil ceper karena jalannya berbatu. 

Setelah sampai di pintu masuk via Gn. Sari, Anda bisa langsung membeli tiketnya. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju telaganya dengan menuruni tangga sekitar 5 menit. Kondisi tangganya masih berupa tanah dengan bambu di ujung anak tangganya, jadi tetap berhati-hati, ya!

Telaga Biru Cawene Bogor bisa menjadi alternatif liburan saat akhir pekan nanti. Jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan diri dan kebersihan alamnya, ya! Selamat berlibur, Sobat Djava! (Ris/Djavatoday)

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya