Selasa, Mei 14, 2024

Telaga Batu Bogor: Info HTM, Fasilitas, hingga Lokasi

Telaga Batu Bogor merupakan objek wisata alam terbaru yang menyuguhkan suasana asri khas pegunungan. Lokasinya yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak membuat wisatawan tak perlu sulit untuk mengaksesnya. Letaknya yang berdekatan dengan objek wisata lainnya juga memudahkan wisatawan saat berlibur, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Apalagi jika mengajak teman, pasangan, ataupun keluarga untuk menikmati keseruan berwisata di sana.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak memang memiliki banyak objek wisata di dalamnya. Mayoritasnya adalah berupa wisata air terjun yang indah atau dalam bahasa Sunda kita sebut dengan “curug”. Keasrian alamnya yang masih terjaga dan kealamian airnya yang terjamin menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi dengan pesona tiap objek wisata yang selalu menarik perhatian orang di social media.

Baru-baru ini, akun-akun bertema traveling banyak menampilkan wisata terbaru Bogor. Nama tempatnya adalah Telaga Batu Bogor yang lokasinya dekat dengan Curug Pangeran. Seperti apa, sih, wisata yang baru ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini, Sobat Djava! 

Pesona Alam Telaga Batu Bogor 

Berlibur di tempat yang sejuk dengan tingkat kebisingan yang rendah menjadi hal yang banyak warga metropolitan inginkan. Apalagi sajian alamnya mampu memanjakan mata dan menjernihkan pikiran yang penuh dengan beban pekerjaan. Kini, Anda tak perlu pusing mencari tempatnya karena kami memiliki rekomendasinya.

Tempat tersebut adalah Telaga Batu Bogor yang pesonanya cocok untuk healing dan me-refresh pikiran. Anda akan melihat rimbunnya pepohonan dan gugusan pegunungan yang hijau sejauh mata memandang. Udara Kota Hujan yang sejuk pun akan membuat wisatawan relax dan makin menikmati waktu untuk bersantai. Penataan taman yang rapi dan indah juga membuat yang datang ingin berlama-lama di sana.

Kolam Buatan dengan Air dari Pegunungan

Highlight dari objek wisata ini adalah adalah kolam buatan yang berada tepat di tengah area wisata. Airnya sebening kaca, memantulkan warna hijau kebiruan dari pepohonan dan langit yang memayunginya. Meskipun kolamnya buatan, airnya tetap alami bersumber langsung dari Gunung Salak. Itulah mengapa airnya terasa begitu dingin dan menyegarkan.

Kolam ini memiliki kedalaman bervariasi, mulai dari sedada orang dewasa hingga sekitar 3 meter. Wisatawan pun bisa langsung berenang, berendam, ataupun sekadar bermain air di pinggir kolam. Untuk anak-anak, sebaiknya harus di bawah pengawasan orang tua dan wajib memakai pelampung yang bisa wisatawan sewa. Seperti namanya yakni Telaga Batu Bogor, tepian kolam tersebut begitu rapi dengan bebatuan yang tersusun.

Camping Ground dan Taman Aesthetic

Tak hanya bisa merasakan kesejukan alam dan kesegaran air telaganya, wisatawan juga bisa berkemah di sana. Terdapat area berkemah yang letaknya dekat dan menghadap ke arah kolam di area rumput yang semi berbukit. Wisatawan dapat memilih posisi tendanya sendiri dan bebas mau menyewa atau membawa tenda dari rumah. 

Rasakanlah sensasi camping di tepi telaga buatan yang rindang akan pepohonan. Suasana sejuk nan syahdu akan terasa saat melam menjelang. Lampu-lampu yang menggantung di area wisata akan menyala, menghangatkan kabut tipis yang mulai menggantung di udara.

Selaim itu, Telaga Batu Bogor juga memiliki taman bunga yang cukup aesthetic. Biasanya tempat ini ramai oleh wisatawan yang ingin berswafoto, mengabadikan momen liburannya. Di samping taman, terdapat gazebo berbentuk segitiga yang terbuat dari kayu. Itulah kafe unik yang juga aeathetic menjadi background fotomu.

Harga Tiket Masuk Telaga Batu Bogor

Ingin berlibur di sini? Siapkan budget untuk menebus tiket masuk dan menikmati fasilitas lainnya, ya! Berikut rinciannya untuk Anda.

Tiket masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak Rp15.000

Tiket masuk Telaga Batu Bogor Rp10.000

Biaya parkir Rp5.000

Camping weekday Rp25.000

Camping weekend Rp35.000

Tenda kapasitas 4-5 orang Rp130.000

Tenda kapasitas 8-10 orang Rp250.000

Sleeping bag Rp25.000

Flysheet Rp35.000

Fasilitas dan Jam Operasional

Telaga Batu Bogor memiliki ragam fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari area parkir, toilet, musala, gazebo, kafe, kolam, penyewaan pelampung, hingga spot foto. Beberapa spot foto tersebut tersebar di tepian kolam, ada jaring besar, ayunan, dan lain sebagainya. Adapun jam operasionalnya adalah 24 jam setiap hari, tetapi kafe dan beberapa fasilitas wisata hanya buka hingga pukul 17.00 WIB.

Lokasi 

Objek wisata Bogor yang satu ini berlokasi di  Jl. Curug Pangeran, Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Setelah memarkirkan kendaraan, Anda harus melanjutkan perjalanan ke lokasi telaga dengan berjalan kaki. Tidak jauh, Sobat Djava, hanya sekitar 5 menit saja dengan medan jalan yang sudah rapi. 

Itulah beberapa informasi tentang Telaga Batu Bogor yang bisa menjadi referensimu sebelum berkunjung. Jangan lupa membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen di sana. Hubungi nomor 085881759288 untuk informasi lebih lanjut. (Ris/Djavatoday)

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...

Curug Cikurutug Cianjur, Spot Healing Baru Bak Lukisan

Curug Cikurutug Cianjur merupakan sebuah objek wisata alam baru berupa air terjun dengan pemandangan yang menawan bak sebuah lukisan. Objek wisata yang dulunya terbengkalai...

Taman Batu Purwakarta: Info HTM, Fasilitas, dan Alamat

Taman Batu Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan sensasi berenang di kaki Gunung Burangrang. Sambil berenang, kamu bisa menikmati keindahan pegunungan yang...

Sendang Lawu Karanganyar, Wisata Kuliner yang Syahdu

Sendang Lawu Karanganyar merupakan sebuah restoran dengan konsep wisata alam terbuka yang memiliki nuansa syahdu. Tempat ini memiliki banyak fasilitas menarik dengan desain yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya