Jumat, Juni 21, 2024

Taman Batu Purwakarta: Info HTM, Fasilitas, dan Alamat

Taman Batu Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan sensasi berenang di kaki Gunung Burangrang. Sambil berenang, kamu bisa menikmati keindahan pegunungan yang memanjakan mata dan hawa sejuk yang menenangkan. Objek wisata alam ini juga menyajikan nuansa yang asri dengan kehadiran air terjun buatan yang seringkali menjadi objek berfoto. Bagi kamu yang ingin berkemah dengan panorama alam di ketinggian, objek wisata ini juga bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat. 

Kabupaten Purwakarta yang topografinya berupa pegunungan memang menyimpan banyak keindahan yang bisa kamu nikmati. Hawa sejuk khas pegunungannya pun menjadi daya tarik tersendiri, terutama para wisatawan yang berasal dari perkotaan. Namun, untuk bisa menikmati pesona keindahan alamnya, kamu harus berjuang terlebih dahulu dengan menaklukkan akses jalannya yang masih buruk. 

Jika kamu mencari referensi wisata untuk akhir pekan atau sekadar tempat healing yang penuh ketenangan, Taman Batu Purwakarta bisa menjadi solusinya. Sebelum itu, mari simak artikel ini selengkapnya agar kamu bisa mendapatkan ragam informasi menarik dan penting sebagai referensi. Tanpa berlama-lama, ayo simak penjelasan selengkapnya dalam uraian berikut ini.

Harga Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta 

Informasi penting yang harus kamu ketahui tentang objek wisata alam Taman Batu Purwakarta adalah harga tiket masuknya. Menurut informasi resmi dari akun Instagramnya, tarif masuk ke objek wisata ini adalah senilai Rp20.000 per orang saat weekday. Khusus untuk weekend dan hari libur nasional, harga tiketnya menjadi Rp25.000 per orang. Anak di atas 4 tahun sudah harus membayar penuh.

Kemudian terdapat biaya parkir kendaraan sebesar Rp6.000 per unit motor dan Rp10.000 per unit mobil. Jarak dari parkiran mobil ke objek wisata Taman Batu Purwakarta sekitar 300 meter. Jika tidak ingin lelah berjalan kaki, kamu bisa menyewa jasa ojek dengan tarif Rp5.000 per orang. Bagi yang tidak bisa berenang dan ingin menyewa ban pelampung, siapkan uang sebesar Rp10.000.

Objek wisata ini juga menyediakan fasilitas camping ground dengan tarif yang murah meriah. Per orangnya hanya harus membayar Rp30.000 saat weekday dan Rp35.000 saat weekend. Harga tersebut sudah termasuk biaya tiket masuk, fasilitas toilet, air, dan juga listrik. Tendanya tentu bawa sendiri beserta peralatan lainnya, ya!

Jam Operasional dan Fasilitas

Objek wisata alam Taman Batu Purwakarta beroperasi setiap hari dengan jam operasional yang berbeda. Saat weekday, jam operasional wisatanya mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Sementara itu, saat weekend atau hari libur nasional akan beroperasi mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 18.00 WIB. 

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari atau menuju sore di mana matahari tidak begitu terik. Untuk pengalaman yang lebih nyaman, sebaiknya kamu datang saat weekday. Ketika pengunjung yang datang sedikit, kolamnya serasa milik pribadi!

Adapun fasilitas yang tersedia di Taman Batu Purwakarta adalah area parkir kendaraan, loket tiket, kolam renang alami, dan air terjun buatan untuk berswafoto. Tersedia juga fasilitas toilet, musala, gazebo untuk beristirahat, camping ground, warung, dan penginapan. Kursi-kursi untuk beristirahat dan berteduh selama berenang juga tersedia dalam jumlah yang banyak.

Daya Tarik Taman Batu Purwakarta 

Sobat Djava, bosan dengan kolam renang yang bau kaporit dan membuat mata perih? Maka kamu harus mencoba kolam renang di Purwakarta ini yang nuansanya mirip seperti di Bali. Dengan kolam renang bergaya infinity pool yang menghadap ke view pegunungan indah yang memanjakan mata. Cocok untuk kamu yang ingin healing dan menenangkan diri.

Sesuai namanya, Taman Batu Purwakarta menyajikan potret bebatuan alami yang ukurannya besar dan tertata secara random. Tepian kolamnya juga terbuat dari tataan batu berukuran kecil sehingga menciptakan kesan asri seperti di sungai. Kamu bisa berenang sembari menikmati view alam. Wisatawan yang datang juga bisa berkemah di area hijaunya yang rindang dengan pepohonan.

Terdapat air terjun buatan yang cukup deras di mana alirannya menuju ke kolam dan terus mengalir lagi membentuk air terjun. Spot air terjun ini sering kali menjadi background untuk berfoto karena nampak eksotis.

Alamat Lengkap

Taman Batu Purwakarta berlokasi di Jl. Taman Batu, Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41164. Siapkan kendaraan yang prima karena medan jalan menuju ke lokasinya masih berbatu dan berupa tanah dengan kontur menanjak. (Rismawati/Djavatoday)

Wisata Petik Buah Inagro, Bisa Piknik dan Field Trip!

Wisata Petik Buah Inagro merupakan objek wisata sekaligus tempat rekreasi yang asyik untuk piknik dan filed trip. Tempat ini memiliki luas hingga 35 hektare...

Curug Temon Banyumas: HTM, Daya Tarik, dan Alamat

Curug Temon Banyumas merupakan sebuah air terjun yang menjadi destinasi wisata karena keindahannya yang menawan. Bentuk alirannya yang unik menyerupai huruf Y dengan kolam...

Curug Penganten Banyumas, Eksotis dengan Mitos Romantis!

Curug Penganten Banyumas bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk liburan saat menyambangi Provinsi Jawa tengah.

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya