Minggu, Mei 26, 2024

Taman Batu Purwakarta: Info Fasilitas, HTM, dan Lokasi

Taman Batu Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang menghadirkan fasilitas kolam renang yang bersumber dari mata air alami. Mata air tersebut bernama Cijanun, itulah yang menjadi penyebab wisata ini sering kali masyarakat sebut sebagai Wisata Mata Air Cijanun. Airnya begitu dingin, tetapi juga sangat menyegarkan, membuat tubuh kembali fresh. Pemandangan alam di sekitarnya pun indah, memanjakan mata dan menjernihkan pikiran.

Sobat Djava sedang mencari tempat healing yang cocok juga untuk wisata keluarga? Maka objek wisata ini bisa menjadi pilihan. Ada berbagai fasilitas liburan untuk anak hingga dewasa yang bisa Anda coba di sini. Memandangi lanskap Purwakarta sembari berendam di segarnya air juga bisa menjadi pilihan healing yang tepat.

Lantas, apa saja fasilitas yang ada di Taman Batu Purwakarta? Berapa harga tiket masuk wisata ini? Di mana lokasinya? Simak selengkapnya artikel ini untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, ya!

Baca juga: Wana Wisata Sungai Cidomas, Keeksotisan Blue River Purwakarta 

Daya TarikĀ  Taman Batu Purwakarta

Ada banyak daya tarik yang wisata ini miliki, yang paling wisatawan gemari adalah kolam renang alaminya dengan bebatuan yang menghiasi. Bebatuan ini merupakan gugusan dari Gunung Burangrang yang menyebar di beberapa titik wisata. Itulah mengapa objek wisata ini bernama taman ‘batu’. Batu-batu tersebut bervariasi, ada yang berukuran besar dan kecil, serta tersusun rapi menjadi spot foto yang instagenic.

Taman Batu Purwakarta memiliki beberapa kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, mulai dari semata kaki hingga 4 meter. Jadi, anak-anak hingga orang dewasa pun bisa berenang dan bermain air sepuasnya. Namun, tetap awasi anak-anak Anda saat berenang karena khawatir permukaan laintai kolamnya licin. Gunakan juga ban pelampung agar lebih aman.

Keistimewaan berenang di objek wisata ini adalah tidak ada bau kaporit seperti di kolam renang buatan lain. Anda bahkan bisa menikmati keindahan alam dan menghirup udara bersih dengan tenang. Berenang akan lebih nyaman dan damai, apalagi gaya kolam renangnya ada yang infinity pool. Cocok menjadi spot menikmati lanskap pegunungan hijau Purwakarta yang menanjakan mata.

Penataan kolam renang di Taman Batu Purwakarta juga begitu rapi sehingga membuay wisatawan nyaman bermain. Kolamnya tidak monoton dengan bentuk persegi panjang, tetapi sedikit melengkung dan dibuat berundak-undak. Pohon kelapa dan tanaman hijau lain di sekelilingnya menjadi penambah kesan sejuk yang menenangkan.

Air Terjun Buatan yang Eksotis

Tak hanya kolam renang dan pemandangan alamnya yang epik, tempat ini ternyata memiliki spot lain yang tak kalah menarik. Spot tersebut adalah air terjun buatan yang memiliki tinggi sekitar 3/4 meter dan berundak. Aliran airnya melebar seperti tirai, menjuntai ke sebuah kolam penampungan. Wisatawan bisa mengguyur badannya di aliran air terjun dengan aman karena memiliki debit air sedang.

Tepat di depan air terjun terdapat bebatuan yang berasal dari Gunung Burangrang. Keberadaannya tentu menambah eksotisme lanskap air terjunnya. Wisatawan pun sering kali memanfaatkannya sebagai spot foto dan spot untuk bersantai.

Fasilitas dan Jam Operasional

Sebagai objek wisata yang telah ada bertahun-tahun lamanya, Taman Batu Purwakarta tentu telah memiliki fasilitas yang memadai. Seperti area parkir, ruang bilas, kamar mandi, saung, gazebo, hingga spot foto. Fasilitas penyewaan ban pelampung, tikar, hammock, hingga pakaian renang pun tersedia. Lapar setelah berenang? Tenang, telah tersedia food court atau warung makan di sekitar lokasi wisata.

Makanannya lezat dan harganya pun cukup terjangkau. Sobat Djava bisa berkunjung setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau, cuaca cerah, dan menjelang siang. Agar akses jalannya tidak licin, pemandangannya epik, dan airnya tidak terlalu dingin.

Harga Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta

Untuk bisa healing dan bermain sepuasnya di Taman Batu Purwakarta, Anda hanya harus membayar biaya tiket masuk Rp20.000 per orang. Tiket tersebut tidak berlaku untuk anak di bawah usia 4 tahun, alias gratis. Terdapat tambahan biaya parkir untuk kendaraan motor Rp.5000 dan untuk mobil Rp10.000. Beberapa informasi biaya lainnya adalah sebagai berikut.

Sewa ban pelampung anak Rp5.000

Ban pelampung dewasa Rp10.000

Sewa tikar Rp 10.000

Makanan Rp25.000 (rata-rata)

Lokasi dan Akses Jalan

Lokasi wisata ini ada di Jalan Taman Batu, Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41164. Lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota, atau bisa Anda tempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Rutenya bisa melewati Situ Wanayasa atau Pondok Salam.

Akses jalan mendekati lokasi wisatanya masih berbatu dan sebagian ada yang masih berupa tanah. Lebar jalan pun terbilang sempit, hanya muat satu mobil saja. Bagi yang membawa mobil, Anda harus parkir di area yang berbeda dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau naik ojek. Untuk yang menggunakan motor, Anda bisa langsung menuju lokasi wisata Taman Batu Purwakarta dan parkir di sana. (Ris/Djavatoday)

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya