Minggu, Juli 14, 2024

Sumur Angker di Ciamis Ini Biasa Didatangi Warga Luar Daerah

Hallo good people. Setiap daerah identik dengan ceritanya, banyak hal mistis dan diluar nalar yang biasa untuk dibicarakan. Tidak terkecuali di Kabupaten Ciamis. Ada sumur angker di Ciamis yang baru ditemukan.

Sumur ini bernama Sumur tujuh hulu curuluk. Sesuai dengan namanya sumur ini terletak di blok Curuluk, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sumur angker di Ciamis ini pertama kali ditemukan oleh salah seorang Relawan Budaya. Relawan tersebut sedang melakukan survey membuat jalur untuk acara sepeda gowes. Namun dia sedikit curiga ketika melihat beberapa pohon hanjuang. Karena pohon ini merupakan ciri khas dari kerajaan galuh.

Sumur ini memiliki tujuh mata air yang biru dan bersih. Sumur ini berukuran kecil dan sedikit tertutupi oleh rerumputan. Dipinggirnya pun terdapat bebatuan yang sudah berlumut. Meskipun banyak dedaunan kering yang jatuh tapi air sumur tersebut tetap bersih.

Disekitar sumur terdapat batu yang memiliki bentuk seperti kepala katak. Seperti batu peninggalan sejarah. Namun untuk memastikannya perlu dilakukan penelitian mendalam.

Dari 7 sumur yang ada. Ada satu sumur yang tidak berfungsi karena tertutup longsoran tanah.

Awalnya Warga tidak mengetahui keberadaan sumur tersebut. Warga hanya mengetahui 1 sumur besar yang biasa dipakai untuk pengairan sawah dan air bersih ketika kemarau.

Warga belum mengetahui keberadaan sumur ini karena konon daerah tersebut angker. Sehingga jarang ada warga yang sengaja berkunjung kesana.

Yang unik dari sumur angker di Ciamis ini adalah air nya tidak pernah surut walaupun kemarau. Tujuh sumur ini berjejer berdekatan mengelilingi persawahan. Sumur yang ada di lokasi pun terlihat dalam.

Mitos yang ada di Sumur Angker di Ciamis

Meskipun tempat ini dikatakan sumur angker. Tapi sumur ini kerap kali didatangi oleh warga luar daerah. Biasanya mereka mandi di lokasi sumur pada malam hari tertentu.

Warga luar yang datang pun secara diam-diam. Tidak diketahui maksud dan tujuannya apa. Namun ada mitos itu untuk meminta kesenangan duniawi. Seperti laris berdagang dan sejenisnya.

Ada dugaan, konon bahwa sumur angker ini merupakan peninggalan kerajaan Galuh. Namun itu belum terbukti.

Beberapa dugaan tersebut dikarenakan bentuk sumur itu terlihat bukan buatan zaman sekarang. Ada kemungkinan merupakan buatan pada masa kerajaan galuh.

Meskipun memiliki sejarah atau tidak. Sumur ini berpotensi menjadi tempat wisata. Karena jarang ada sumur yang berjajar sampai 7 mata air.

Sumur angker di Ciamis ini menambah daftar tempat mistis. Namun ada baiknya sebagai umat beragama kita tidak terlalu mempercayai hal seperti itu. Meskipun seperti itu sumur ini harus tetap dijaga untuk dapat digunakan kembali. Stay safe. (Pas/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya