spot_img
Minggu, April 2, 2023
spot_img

Situs Ciung Wanara Karangkamulyan dan Mitos Pengabul Keinginan

Di Kabupaten Ciamis tepatnya di Desa Karangkamulyan  ada wisata alam sekaligus sisa peninggalan kerajaan galuh, yakni wisata alam Ciung Wanara. Wisata Ciung Wanara merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang di penuhi oleh peninggalan budaya dan mitos. Mitos Situs Ciung Wanara Karangkamulyan yang diyakini masyarakat sampai saat ini adalah mitos Situs Sabung Ayam.

Situs Sabung Ayam merupakan ruang terbuka seperti tanah lapang yang di tengahnya terdapat pohon bungur lurus menjulang. Yang dimana pohon ini di percaya usianya sudah mencapai ratusan tahun. Lokasinya terletak di sebelah selatan dari lokasi sanghyang bedil kira-kira jaraknya 5 meter dari pintu masuk.

Setiap situs  yang ada di wisata alam Ciung Wanara Karangkamulyan memiliki cerita tersendiri. Diantaranya seperti situs sabung ayam. Tempat dimana ayam Ciung Wanara mengalahkan ayam raja dan meninggalkan bekas di pohon. Yang konon mitosnya, Jika kita berhasil memegang benjolan di pohon tersebut dengan mata tertutup, maka keinginan kita akan tercapai.

Terdapat makna tersirat dari mitos Situs Ciung Wanara Karangkamulyan ini. Yakni kita dituntut untuk selalu fokus terhadap satu tujuan agar tujuan kita tercapai. Karena apabila fokus kita tergoyahkan oleh sesuatu yang ada di sekitar kita maka kecil kemungkinan untuk tujuan itu bisa tercapai.

Situs lain di Obyek Wisata alam Situs Ciung Wanara Karangkamulyan

Selain situs sabung ayam terdapat juga beberapa situs lain diantaranya.

Batu Pangcalikan, Sanghyang Bedil, Lambang Peribadatan, Cikahuripan, Panyandaan, batu Pamangkonan, makam Adipati Panaekan dan tumpukan batu Sri Begawat Pohaci.

Luas lahan Pancalikan sekitar 25 meter persegi dan di pagar oleh pembatas yang terbuat dari batu. Cikahuripan dan Pamangkonan merupakan bangunan persegi dengan dinding batu. Sedangkan Sanghyang bedil dan Panyandaan merupakan bangunan persegi dengan tambahan batu di depan pintu masuk.

Sedangkan Sri Begawat Pohaci merupakan tumpukan batu yang tidak beraturan dengan batu tegak di puncaknya. Terakhir yang ada di situs Ciung Wanara adalah makam Adipati Panaekan dengan punden yang membentuk lingkaran dengan batu tegak pada sisi selatan dan utaranya.

Salah satu situs lain yang di percaya memiliki mitos yaitu situs batu Pamangkon. Mitosnya, berat atau ringan perjalanan hidup kita tercermin dari berat batu pamangkon saat di angkat. jika seseorang dapat mengangkat batu tersebut sebanyak 3  kali dengan ringan maka hidupnya akan terasa ringan meskipun di hadapkan dengan cobaan. Begitupun sebaliknya bila terasa berat maka di yakini akan menjalani hidup yang cukup berat.

Sebenarnya hal tersebut hanyalah simbol semata. Yang namanya mitos dapat kita yakini ataupun tidak tergantung keyakinannya masing-masing.

Dari beberapa mitos Situs Ciung Wanara Karangkamulyan tersebut kita bisa ambil maknanya bahwa lika-liku perjalanan hidup seseorang balik lagi kepada diri kita sendiri. Tak hanya itu dengan adanya mitos tersebut mengajarkan kita untuk selalu berusaha dan bekerja keras serta tidak lupa untuk mendekatkan diri dengan sang pencipta. (Pe/Djavatoday)

Bukit Baros Ciamis: HTM, Camping, hingga Lokasi

Bukit Baros Ciamis merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus bumi perkemahan yang letaknya berada di ketinggian. Tempat berkemah yang berlokasi di kaki Gunung Sawal ini resmi beroperasi sejak 2020 oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunaryna. Sejak saat itu, tempat ini makin ramai oleh wisatawan, terlebih penataan tempat ini yang makin rapi menjadi daya tariknya tersendiri. Terutama penataan fasilitas untuk berkemahnya yang berdiri di lahan seluas sekitar lima belas hektare ini.

Tangkal Pinus Jayagiri, Objek Wisata Camping Terbaru di Bandung

Tangkal Pinus Jayagiri merupakan objek wisata alam yang menyajikan pemandangan pohon tangkal pinus menjadi daya tariknya. Objek wisata ini adalah keluaran dari kota Bandung,...

5 Tempat Ngabuburit di Jogja yang Asik dan Instagramable

Tempat ngabuburit di Jogja berikut ini gak hanya asik untuk kamu kunjungi, lho. Tempat-tempat ini juga mempunyai kesan unik yang instagramable banget. Jadi saat...

Dago Dream Park Bandung: Tempat Rekreasi Alam yang Sejuk dan Asri

Dago Dream Park Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Wisata yang satu ini menawarkan tempat yang mengusung...
Dispar Disbud Ciamis

Terpopuler

Lainnya