Senin, Juli 15, 2024

Situ Tirta Marta, Spot Berenang di Kaki Gunung Slamet

Situ Tirta Marta merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan sensasi berenang di mata air pegunungan. Tempat ini sering kali menjadi pilihan untuk berwisata akhir pekan bersama keluarga karena menyediakan ragam fasilitas yang nyaman. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau untuk semua kalangan. Tak heran jika objek wisata ini selalu ramai oleh wisatawan.

Objek wisata ini berlokasi di Kabupaten Purbalingga yang menjadi wilayah administratif dari Gunung Slamet. Lokasinya masuk pada kawasan Desa Wisata Karangcegak yang populer memiliki banyak objek wisata menarik. Tempat ini bisa menjadi solusi bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis dan merasakan udara sejuk khas pegunungan.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke objek wisata alam Situ Tirta Marta, simaklah artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi menarik dan penting untuk kamu ketahui sebagai bahan referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Baca juga: Curug Lawa Banyumas, Free HTM untuk 3 Curug!

Daya Tarik Situ Tirta Marta Purbalingga

Objek wisata ini populer sebagai pemandian alami karena airnya langsung mengalir dari Gunung Slamet. Kesegaran airnya pun tak perlu kamu ragukan lagi, bahkan suhu airnya terkadang dingin seperti es. Airnya pun begitu jernih sehingga setiap wisatawan bisa dengan mudah melihat bebatuan di dasar kolamnya. Meskipun tempat ini bernama situ atau danau, kedalaman airnya cukup dangkal seperti halnya kolam renang.

Kedalamannya hanya 50 cm hingga 100 cm saja sehingga aman untuk bermain anak maupun dewasa. Jika masih belum mahir berenang, wisatawan bisa menyewa pelampung atau ban. Situ Tirta Marta memiliki area yang luas dengan beberapa sekat kolam sehingga muat untuk banyak wisatawan.

Kamu juga tak perlu khawatir kepanasan saat berenang di siang hari karena terdapat banyak pohon-pohon rindang yang membuat tempatnya menjadi teduh. Pohon-pohon ini juga menambah kesan asri dan membuat wisatawan bisa lebih merasakan hawa sejuknya. Area pohon-pohon tersebut juga merupakan camping ground yang bisa kamu sewa untuk berkemah.

Foto Underwater

Mengunjungi pemandian alami dengan air yang begitu jernih mungkin akan mengingatkan kamu pada salah satu objek wisata di Klaten. Namanya adalah Umbul Ponggok yang juga populer sebagai spot untuk melakukan sesi foto underwater. Kini, Purbalingga pun memiliki objek wisata unggulan untuk melakukan pemotretan di bawah air, lho.

Situ Tirta Marta memiliki air sebening kaca sehingga mendukung sesi foto underwater. Banyak properti yang unik dan menarik yang bisa wisatawan gunakan untuk berpose. Mulai dari payung, cangkul, play station, tenda camping, sepeda, motor, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melakukan sesi foto ini bersama teman ataupun keluarga agar lebih seru.

Harga Tiket Masuk

Objek wisata ini masih menetap tarif yang terjangkau sebagai biaya tiket masuknya. Besarannya hanya Rp5.000 saja per orang dengan tambahan biaya retribusi parkir. Nominalnya adalah Rp2.000 per unit motor dan Rp5.000 per unit mobil.

Situ Tirta Marta juga menyediakan penyewaan tikar dengan harga Rp10.000. Kemudian untuk jasa fotografer pemotretan underwater adalah Rp150.000 per jam dengan 50 salinan foto yang akan kami dapatkan. Tarif-tarif ini tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah kapan saja.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata Purbalingga ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan saat berkunjung ke sana. Seperti area parkir kendaraan, toilet, kamar ganti, musala, dan gazebo untuk bersantai. Tersedia juga warung-warung dan pedagang kaki lima, penyewaan ban, penyewaan tikar, camping ground, dan spot foto.

Situ Tirta Marta juga menyediakan area bermain anak, yakni taman kelinci dan domba yang lucu. Terakhir, objek wisata ini juga menyediakan fasilitas outbound, terutama bagi anak-anak.

Jam operasional objek wisata ini mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari. Agar tidak terlalu ramai pengunjung, sebaiknya kamu datang sedari pagi atau berkunjung saat hari kerja. Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, hubungi nomor telepon 082135162540 atau kunjungi Instagram @situtirtamarta.

Alamat Lengkap Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta berlokasi di Dusun 1, Karangcegak, Kec. Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53361. Akses jalannya mayoritas baik meskipun ada beberapa spot jalan yang masih rusak. (Rismawati/Djavatoday)

Pasir Gowong Tasikmalaya, Wisata Alam dengan HTM Gratis

Pasir Gowong Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan alam berupa pegunungan dari atas bukit.

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya