Minggu, Juli 14, 2024

Situ Cikuda Majalengka, Hidden Gem yang Asyik untuk Bersantai

Situ Cikuda Majalengka merupakan sebuah objek wisata alam dengan konsep hidden gem yang cocok menjadi spot bersantai. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam berupa danau yang memiliki air bening hingga memantulkan warna-warna di sekelilingnya. Danau ini pun nampak seperti cermin besar yang memiliki panorama indah.

Lokasi objek wisata ini berada pada Desa Wisata Padaherang, dekat dengan Curug Leles Majalengka yang juga populer. Jika Anda mencari rekomendasi tempat untuk bersantai dengan suguhan alam yang indah, danau ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi untuk kegiatan piknik bersama keluarga ataupun sekadar deep talk bersama orang tersayang.

Sebelum Anda berkunjung ke Situ Cikuda Majalengka, mari simak terlebih dahulu artikel ini. Kami akan memberikan informasi penting dan menarik tentang objekw wisata ini sehingga bisa menjadi referensi untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya, Sobat Djava!

Daya Tarik Situ Cikuda Majalengka

Situ Cikuda Majalengka menyajikan keindahan alam yang hijau memanjakan mata. Daya tarik utamanya tentu sebuah danau alami yang airnya begitu bening, layaknya cermin raksasa yang bisa memantulkan bayangan sekitarnya. Pohon-pohon hijau nan rindang pun mengelilingi danau ini, membuat suasananya lebih asri. 

Udaranya yang tersaji pun begitu segar, bersih, dengan hawa yang sejuk. Letaknya yang berada pada lereng Gunung Ceremai sebelah Utara menjadikan nuansanya asri dan alami. Latar berupa perbukitan dan pegunungan pun akan menambah keeksotisan tempat ini. Cocok juga bagi Sobat Djava yang gemar mencari spot foto yang ciamik atau mencari tempat yang indah untuk membuat konten.

Daratan yang menjadi tepian Situ Cikuda Majalengka ini berwarna hijau dengan rerumputan kecil. Di sinilah wisatawan biasanya menghabiskan waktu dengan berbincang santai sembari menikmati keindahan dan suasana tenangnya. Beberapa bahkan membawa tikar dan hidangan spesial untuk berpiknik cantik. Anak muda lainnya biasanya memilih untuk duduk di tepian danau menggunakan kursi lipat sembari barbekuan.

Bagi Sobat Djava yang ingin mengadakan gahtering atau aktivitas outbound, tempat ini juga cocok, lho. Termasuk bagi Anda yang ingin berkemah, tersedia area camping ground di tepi danau. Jangan lupa juga untuk merasakan keseruan memancing karena danau ini menjadi habitat dari ragam ikan. Seperti ikan mas, patin, nila, mujair, jebra, bawal, gabus, hingga redevil.

HTM dan Jam Operasional

Harga tiket masuk objek wisata ini cukup terjangkau, yakni Rp10.000 per orang. Ada biaya tambahan untuk parkir kendaraan, yakni Rp2.000 per unit motor dan Rp5.000 per unit mobil. Situ Cikuda Majalengka juga menyediakan penyewaan kursi lipat dengan harga Rp15.000 dan tikar Rp5.000 per item.

Bagi yang ingin ngonten, tetapi lupa membawa tripod, tenang karena Anda bisa menyewanya dengan harga Rp15.000. Jenis tripodnya adalah tripod stick dan tripod biasa. Harga ini bisa saja berubah swaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola. Untuk informasi terbaru setiap saatnya, Anda bisa mengunjungi laman Instagram @situcikuda_official.

Adapun jam operasional Situ Cikuda Majalengka adalah mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi karena akan ada kabut lembut yang menggantung, menciptakan suasana syahdu. Datang saat sore juga menarik karena suasananya lebh tenang. Pastikan Anda datang saat cauca cerah, ya!

Fasilitas dan Alamat Situ Cikuda Majalengka

Berberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata ini adalah area parkir, spot foto, musala, dan toilet. Jika Anda lupa membawa bekal dari rumah, jangan khawatir karena tempat ini juga menyediakan fasilitas warung bahkan paket barbeku. Tersedia juga camping ground, penyewaan peralatan konten dan juga piknik. Tempat ini juga menyediakan rute untuk bersepeda ataupun motoran, lho sehingga bisa mengajak komunitasmu untuk berlibur sembari beraksi bersama.

Situ Cikuda Majalengka berlokasi di lereng Gunung Ceremai. Lebih tepatnya adalah beralamat di Desa Padaherang, Kec. Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45474. Berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota Majalengka atau bisa Anda tempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. Akses menuju lokasinya cukup mudah dengan kondisi jalan beraspal dan bisa untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya