Minggu, Mei 26, 2024

Sasak Panyawangan Purwakarta, Tempat Healing di antara Gunung Batu

Sasak Panyawangan Purwakarta merupakan sebuah destinasi wisata alam yang menyuguhkan pemandangan gunung batu. Wisata ini terapit di antara dua gunung batu dan dekat dengan bendungan yang legendaris, yakni Bendungan Jatiluhur. Ada beberapa wahana menarik yang bisa wisatawan explore di tempat ini. Yang paling ikoniknya adalah Jembatan Panyawangan sepanjang lebih dari 2 kilometer!

Berada di area pegunungan, wisata ini memiliki udara yang menyegarkan. Tidak terlalu dingin dan juga tidak panas. Banyak yang bilang bahwa wisata ini cocok bagi siapapun yang ingin merenung atau healing. Kira-kira, apa alasannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Tentang Sasak Panyawangan Purwakarta

Nama Sasak Panyawangan Purwakarta berasal dari bahasa Sunda. “Sasak” berarti jembatan, sedangkan “panyawangan” berarti sebuah perenungan. Nama ini tersemat karena jembatan yang berada di ketinggian itu menyuguhkan pemandangan alam yang mengesankan. Membuat siapapun yang melihatnya seolah ingin diam menikmati suasana, merenung, menyepi, dan menepi dari hingar-bingar perkotaan.

Pesona Alam Sasak Panyawangan Purwakarta

Objek wisata yang terletak antara dua gunung batu ini memiliki pesona alam yang memukau. Terutama panorama Gunung Bongkok dan Gunung Parang yang menjulang tinggi menguarkan aura kemegahan. Gunung Bongkok memiliki bentuk seperti mangkuk yang terbalik. Sementara Gunung Parang yang memiliki ketinggian 963 meter di atas permukaan laut sering kali menjadi lokasi favorit untuk climbing.

Selain dua gunung batu tersebut, di Sasak Panyawangan Purwakarta terdapat panorama pegunungan lain yang bisa Anda nikmati. Belum lagi panorama Bendungan Jatiluhur yang memesona, meskipun tidak dari jarak yang sangat dekat. Keindahan alam di objek wisata ini pas untuk menjadi background foto. Hasilnya pasti ciamik, Sobat Djava.

Jembatan Panyawangan

Salah satu tempat healing terbaik adalah di ketinggian, dengan udara sejuk, dan pemandangan alam yang memanjakan mata. Hal-hal tersebut bisa Anda dapatkan dari sebuah jembatan bambu sepanjang sekitar 2,5 kilometer. Jembatan tersebut bernama “Jembatan Panyawangan” yang menghadap langsung ke Waduk Jatiluhur. Jembatan ini juga aman, lho, pihak pengelola senantiasa mengeceknya secara berkala.

Tempat ini juga menjadi spot foto favorit para wisatawan di Sasak Panyawangan Purwakarta. Selain menghadap waduk, jembatan ini juga berada tepat di tengah-tengah Gunung Bongkok dan Gunung Parang. Anda bisa berjalan-jalan menyusuri jembatan yang akan mengarahkan Anda ke kedua gunung batu tadi. Dari jembatan ini, matahari terbit dan terbenam pun bisa Anda nikmati.

Kolam Renang dan Flying Fox

Selain bisa healing dengan tracking di sepanjang jembatan, Anda juga bisa mencoba wahana serunya. Di antaranya adalah dua kolam renang terbuka, Anda bisa berenang sembari menikmati pesona gunung batu dari dekat. Ada dua kolam yang memiliki kedalaman berbeda, airnya tidak dingin ataupun panas, tetapi menyegarkan. 

Setelah berenang, Anda juga bisa menantang adrenalin dengan menjajal flying fox yang berada di ketinggian. Bagi Anda yang senang climbing, cobalah jajal climbing di Gunung Parang Sasak Panyawangan Purwakarta. Jika tak cukup terlatih untuk climbing, Anda bisa menontonnya saja dari area bebatuan sembari berswafoto.

Fasilitas di Sasak Panyawangan Purwakarta

Objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas untuk menunjang kebutuhan liburan wisatawan. Seperti area parkir, toilet, musala, warung makan, spot foto, hingga penginapan. Terdapat penginapan dengan desain kayu yang cukup aesthetic, jaraknya dekat dengan kolam renang. Untuk bermalam di sini, Anda bisa membayar sekitar 300 ribuan per malamnya.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Sasak Panyawangan Purwakarta beroperasi setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Adapun harga tiket masuknya adalah Rp10.000 per orang dan parkir Rp5.000. Sementara itu, untuk mencoba flying fox Anda akan membayar lagi sebesar Rp25.000. Jam operasional dan HTM ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, hubungi nomor 08170244434 untuk informasi lebih lanjut.

Lokasi dan Akses Jalan

Objek wisata Purwakarta ini berada di Desa Sukamulya, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41165. Anda bisa menggunakan Google Maps untuk petunjuk jalan. Bertanya kepada warga sekitar juga bisa Anda lakukan, mereka akan dengan ramah membantu wisatawan. 

Salah satu kekurangan objek wisata ini adalah akses jalannya yang buruk. Jalanan yang menanjak dan sering terjadi longsor. Namun demi kenyamanan wisatawan, akses jalan menuju Sasak Panyawangan Purwakarta sedang terus mengalami perbaikan. Pastikan saja kendaraan yang Anda gunakan dalam keadaan fit, ya!

Itulah beberapa informasi tentang objek wisata Sasak Panyawangan Purwakarta. Bagi Sobat Djava yang ingin healing sembari hunting foto, tempat ini recommended! (Ris/Djavatoday)

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya