Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ragam Panorama Pantai Sayang Heulang Garut yang Mempesona

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Garut Selatan memang menjadi basecamp-nya destinasi wisata pantai yang banyak diburu para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana tidak, Garut Selatan memiliki lebih dari sepuluh pantai yang terkenal indahnya. Salah satunya adalah wisata Pantai Sayang Heulang.

Tak hanya dapat bermain air dan menikmati pesona pantai yang cantik, Anda juga dapat melakukan aktivitas seru lainnya. Penasaran bagaimana panorama dan keseruan berlibur di pantai ini? Simak penjelasannya, ya.

Daya Tarik 

Panorama pertama yang akan Anda saksikan adalah jernihnya hamparan air yang membiru dan pasir putih kecoklatan dengan pantai karang disisinya. Pemandangannya begitu jelas karena luas pantai yang mencapai 10 hektare dengan panjang 3,5 kilometer serta lebar 50 meter. 

Suasana rindang pepohonan juga akan menambah suasana nyaman saat Anda berkunjung ke Pantai Sayang Heulang. Hebatnya lagi, sepanjang pantai sangat bersih dan bebas dari sampah sedikit pun.

Menjelang petang adalah puncaknya panorama yang ditunggu-tunggu para wisatawan. Yap! Sunset. Keindahan sunset dengan langit kemerahan ini membuat siapa pun betah berlama-lama memandanginya. 

Keunikan Pantai Sayang Heulang

Saat tiba, Anda akan melihat bentang karang yang menjorok jauh ke laut di sepanjang garis pantai. Selain itu, ada banyak ikan warna-warni yang bisa ditemui. Cocok untuk berlibur bersama anak, tapi jangan lupa untuk selalu berhati-hati. Karena Pantai Sayang Heulang memiliki batu karang yang cukup banyak.

Di pantai ini juga terdapat Bukit Teletubbies yang dapat diakses hanya dengan berjalan kaki dari pantai. Dari atas bukit, Anda dapat melihat keindahan panorama Pantai Sayang Heulang secara keseluruhan. Pemandangannya sangat menarik untuk diabadikan.

Tak hanya itu, di tepi Pantai Sayang Heulang terdapat objek keunikan lain. Objek tersebut adalah Gumuk Pasir Tungtung Karang yang meluas dan menyerupai gurun Sahara di Afrika. Para wisatawan pun menjulukinya ‘Sahara Van Garut’.

Keseruan Aktivitas yang Ditawarkan

Selain menikmati pesona panoramanya, banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan. Seperti berjemur, bermain air di tepi pantai, bersantai, dan mengabadikan momen bersama keluarga. 

Ada juga aktivitas lain yang tak kalah serunya, yakni bermain voli pantai. Pasirnya yang halus tentu cocok digunakan untuk berolahraga. Bahkan, di Pantai Sayang Heulang ini telah disediakan area khususnya. Tidak perlu membawa net dari rumah karena sudah disediakan di sana, ya. Anda juga bisa lho bermain dengan wisatawan lain, seru bukan?

Untuk Anda yang hobi berenang, wisata alam ini tentu patut dicoba. Bahkan untuk snorkelling pun bisa dilakukan. Yang terakhir, Anda juga bisa berpiknik ria di bawah rindangnya pepohonan sambil menikmati pesona pantai.

Fasilitas

Pantai ini memiliki fasilitas yang memadai. Seperti lahan parkir yang luas, kamar mandi, rumah makan yang berjejer, bahkan penginapan hotel di area terdekat. 

Lokasi

Pantai Sayang Heulang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jaraknya adalah 87 kilometer dari pusat Garut Kota. Akses jalannya pun telah memadai.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk menikmati ragam panorama Sayang Heulang, wisatawan hanya dikenakan biaya Rp10.000 saja. Biaya parkir kendaraannya beragam. Untuk sepeda motor dikenakan Rp2000, mobil dikenakan Rp5000, dan bus besar dikenakan Rp20.000.  Adapun jam operasionalnya terbuka 24 jam setiap hari.

Berbicara mengenai keindahan panorama Pantai Sayang Heulang memang tak ada habisnya. Hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Garut dan pemerintah sekitarnya. Bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai ini, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan, ya.

Rismawati/Djavatoday

Banyu Biru Pasuruan, Pemandian Legendaris Zaman Majapahit

Banyu Biru Pasuruan merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang legendaris karena telah ada sejak zaman Majapahit. Pemandian ini pun begitu istimewa karena...

Kopeng Treetop Adventure Park: HTM hingga Daya Tarik

Kopeng Treetop Adventure Park merupakan sebuah objek wisata alam yang mengusung konsep outbound yang seru. Tempat ini sangat unik karena memiliki ragam wahana permainan...

The Lost World Castle, Wisata ala Negeri Dongeng

The Lost World Castle merupakan sebuah objek wisata kekinian bernuansa negeri dongeng dengan suasana alam yang indah. Anda akan menemukan banyak bangunan dan properti...

Lembah Pendawa Pasuruan, Wisata Bernuansa Pulau Dewata

Lembah Pendawa Pasuruan merupakan sebuah objek wisata alam yang memiliki panorama indah dengan nuansa khas Pulau Dewata. Tempat ini bahkan memiliki tagline Bali Van...

Terpopuler

Lainnya