Kamis, Juli 11, 2024

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan. Tempat ini merupakan satu dari sekian banyaknya spot camping di Purwakarta yang selalu ramai oleh wisatawan. Danaunya yang memesona dengan padang rumput yang luas menjadikan tempat ini juga cocok sebagai spot piknik cantik. Bagi kamu yang ingin healing tipis-tipis, danau buatan ini bisa menjadi alternatif pilihan yang tak akan mengecewakan.

Danau ini juga bisa menjadi destinasi wisata untuk keluarga karena ramah anak dan memiliki banyak fasilitas yang menunjang aktivitas liburan. Mulai dari playground anak, memancing, menaiki perahu, hingga aktivitas kulineran yang lezat. Tempat wisata alam ini juga cocok bagi Sobat Djava yang gemar fotografi karena panoramanya begitu ciamik.

Untuk berkunjung ke Parang Gombong Purwakarta, sebaiknya kamu mencari terlebih dahulu referensi informasinya. Tak perlu repot-repot, kami akan dengan senang hati merangkumnya dalam artikel ini. Jadi, simak artikel ini selengkapnya, Sobat Djava!

Baca juga: Curug Cilamaya Purwakarta, Pesona di Kaki Gunung Sunda

Daya Tarik Waduk Parang Gombong Purwakarta

Jika mendengar tentang wisata Purwakarta, mungkin kita akan langsung terbayang tentang Situ Wanayasa atau Waduk Jatiluhur. Namun, ternyata kabupaten yang mendapatkan julukan Kota Pensiunan ini masih memiliki danau buatan atau waduk yang sama memesonanya. Sama seperti danau lainnya, di sini kamu bisa healing sepuasnya sembari camping ataupun piknik.

Nama danaunya adalah Parang Gombong Purwakarta yang masih merupakan bagian dari Waduk Jatiluhur. Danau buatan ini cukup luas dengan perbukitan hijau yang gagah menghiasi panorama alamnya. Kamu akan mendapatkan nuansa sejuk dan suasana asri yang akan memanjakanmu. Tubuh dan pikiran pun akan lebih fresh dan rileks.

Meskipun danau ini buatan, tetapi suguhan nuansa dan pemandangannya begitu alami. Hal ini didukung oleh padang rumput hijau yang luas di tepian danau. Spot inilah yang menjadi favorit wisatawan untuk bersantai sembari menggelar tikar dan menyantap camilan ringan ala piknik cantik di luar negeri. Area rumput hijau ini juga menjadi tempat yang cocok untuk mendirikan tenda hingga keesokan harinya, alias camping.

Keindahan Parang Gombong Purwakarta akan lebih terlihat saat pagi hari dan sore hari. Hal tersebut karena akan ada momen sunrise dan sunset yang indah dengan hiasan warna jingga pada cakrawala. Warna jingga itu akan tercermin dalam permukaan air danau yang jernih. Jangan lupa untuk mengabadikannya sembari berswafoto, ya!

Menaiki Perahu dan Memancing

Tempat wisata ini menawarkan ragam aktivitas seru untuk mengisi hari liburmu. Di antaranya adalah dengan piknik, barbekuan, camping, atau bersantai menikmati semilir angin di tepian danaunya yang indah. Kamu juga bisa menyusuri keindahan danau lebih dekat menggunakan perahu seperti di film My Heart. Hobi memancing? Danau ini bisa menjadi pilihan yang pas karena wisatawan bisa memancing langsung dari atas danau.

HTM dan Jam Operasional

Objek wisata alam Parang Gombong Purwakarta tidak mematok biaya tiket masuk untuk setiap wisatawan yang datang. Namun, wisatawan tetap perlu membawa uang untuk membayar biaya parkir kendaraan. Besarannya adalah Rp10.000 per unit motor atau Rp20.000 per unit mobil. Bagi yang ingin berkemah, biayanya adalah Rp15.000 per orang.

Kemudian tersedia berbagai permainan anak dengan biaya mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000 saja. Jika ingin mengelilingi danau dengan perahu, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp20.000 per orang atau Rp200.000 untuk maksimal 20 orang. Siapkan juga dana untuk keperluan ke toilet umum sebesar Rp2.000.

Parang Gombong Purwakarta bisa kamu kunjungi setiap hari karena beroperasi selama 24 jam. Namun, jika ingin mendapatkan view terbaiknya, kunjungilah saat musim kemarau tiba. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi atau sore hari menjelang malam.

Fasilitas dan Alamat Parang Gombong Purwakarta

Objek wisata ini telah memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Seperti area parkir kendaraan, spot untuk piknik, camping ground, penyewaan tenda, dan spot foto. Tersedia juga musala, toilet umum, hingga warung-warung kulineran yang lezat.

Untuk alamatnya sendiri, Parang Gombong Purwakarta berlokasi di Kutamanah, Kec. Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41116. Cukup sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta. (Rismawati/Djavatoday)

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...

Seru dan Menyenangkan! Ini Dia Rekomendasi Taman Bermain yang Cocok untuk si Kecil

Rekomendasi taman bermain kini menjadi destinasi liburan yang bisa Moms kunjungi bersama anak-anak. Selain seru dan menyenangkan, taman bermain ini juga mengutamakan keamanan dan...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...

Bukit Jerit Kebumen, Spot Healing dengan View Laut

Bukit Jerit Kebumen merupakan sebuah objek wisata alam yang baru-baru ini kembali viral karena panoramanya yang indah. Tidak hanya menyuguhkan keindahan gugusan perbukitan yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya