Senin, Juli 15, 2024

Pantai Pondok Bali, Wisata Subang untuk Menyepi

Pantai Pondok Bali merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan laut dengan hamparan pasir yang lembut. Lokasinya bukan di Bali, melainkan di salah satu kabupaten di Jawa Barat, yakni Subang. Pantai di pesisir laut utara ini sering kali menjadi destinasi wisata saat hari libur tiba. Juga senantiasa menjadi spot yang cocok untuk menyepi karena memiliki nuansa yang tenang dengan suguhan pemandangan yang menawan.

Subang ternyata tak hanya terkenal sebagai wisata pemandian air panasnya yang nyaman. Akan tetapi juga menyimpan berbagai keindahan wisata alam yang cocok menjadi tujuan liburan, salah satunya adalah pantai. Uniknya, pantai ini menyuguhkan pemandangan gugusan pegunungan di kejauhan, lho.

Mengunjungi tempat ini saat liburan sekolah tiba seperti sekarang ini bisa menjadi alternatif pilihan. Anak-anak bisa bermain di pantai sepuasnya. Sebelum berkunjung, simak terlebih dahulu artikel ini selengkapnya, ya. Kami akan memberikan ragam informasi penting seputar Pantai Pondok Bali yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Asal-usul Nama Pantai Pondok Bali

Sekilas mendengar namanya, Sobat Djava mungkin akan berpikiran bahwa pantai ini memiliki kaitan dengan Pulau Dewata. Namun, hal tersebut tidak benar, lho, karena penamaannya berasal dari cerita sejarah. Konon pantai ini merupakan kawasan bagi para wali zaman dahulu untuk tinggal sembari menyebarkan agama Islam. 

Kata “pondok” sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya rumah atau tempat tinggal. Sementara itu, kata “Bali” merupakan plesetan dari wali. Jika kita artikan secara utuh, Pantai Pondok Bali berarti tempat tinggal para wali. Hal ini terbukti dengan keberadaan sebuah sumur yang menjadi sumber air bagi para wali untuk berwudhu.

Daya Tarik Pantai Pondok Bali

Selain memiliki cerita sejarahnya, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang memikat para wisatawan. Daya tarik utamanya adalah lautnya yang memesona dengan pasir berwarna putih kecoklatan yang lembut. Pasirnya membentang di sepanjang garis pantai seperti karpet halus yang eksotis. Cocok untuk bermain voli pantai atau sepakbola pantai sembari menikmati keindahan laut.

Lautnya terbilang masih bersih sehingga nyaman untuk menjadi tempat bersantai. Pantai Pondok Bali memiliki ombak yang tidak begitu besar, tetapi wisatawan harus tetap berhati-hati karena terkadang ombaknya sampai ke tepian pantai. Hal tersebut karena tidak terlalu banyak batuan karang yang menghalau ombak. Hanya ada susunan bebatuan yang berfungsi menyekat area pantai.

Aktivitas Seru di Pantai

Tak hanya bisa menikmati keindahan laut sembari bersantai, wisatawan bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Salah satunya adalah berswafoto dengan latar belakang pantai yang indah. Waktu terbaik untuk berfoto adalah saat matahari terbenam atau momen sunset dengan hiasan pohon kelapa di pesisirnya.

Pantai Pondok Bali juga menawarkan aktivitas memancing di lautnya. Setelah dapatkan ikan, wisatawan bisa langsung menikmati ikannya dengan memasaknya di warung yang tersedia. Menikmati santapan hasil memancing sembari memandangi pesona lautnya akan menjadi healing yang asyik.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, kamu harus membayar biaya masuknya. Harga tiketnya adalah Rp10.000 per orang untuk anak-anak, sedangkan dewasa adalah Rp15.000 per orang. Biaya parkir kendaraan adalah Rp5.000. Perlu Sobat Djava ingat bahwa harga tersebut tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah kapan saja.

Sobat Djava bisa mengunjungi pantai ini sedari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau dengan kondisi cuaca yang cerah. Keindahan Pantai Pondok Bali akan lebih terlihat eksotis saat sore hari.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata pantai ini sudah cukup memadai. Ada area parkir kendaraan, toilet, musala, warung-warung makan, tempat memancing, dan lainnya. Alamatnya adalah Desa Mayangan, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Berjarak sekitar 49 kilometer dari pusat kota.

Itulah beberapa informasi tentang Pantai Pondok Bali Subang. Bagaimana, apakah Sobat Djava tertarik untuk berkunjung ke pantai pesisir Utara ini? (Rismawati/Djavatoday)

Pasir Gowong Tasikmalaya, Wisata Alam dengan HTM Gratis

Pasir Gowong Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan alam berupa pegunungan dari atas bukit.

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya