Minggu, Oktober 17, 2021

Pantai Karang Tawulan, Pantai Indah di Jalur Selatan Jawa Barat

Kabupaten Tasikmalaya memiliki beberapa pantai yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya pantai Karang Tawulan. Lokasinya berada di Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Pantai ini berbatasan langsung dengan wilayah Ciamis-Pangandaran. Jaraknya kurang lebih 90 km dari pusat Kota Tasikmalaya.

Pantai Karang Tawulan terkenal dengan hembusan anginnya yang kencang. Sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Tapi kamu tak perlu khawatir, kamu masih bisa berjalan menyusuri pantai dengan lanskap laut biru yang cantik sambil menikmati angin pantai yang begitu menyejukkan.

Baca juga:

Pantai Karang Tawulan memang masih terdengar asing di telinga para traveler, padahal pantai ini merupakan salah satu pantai indah yang ada di jalur selatan wilayah Jawa Barat.

Di pantai ini juga terdapat pulau kecil yang disebut dengan Nusa Manuk. Di pulau ini hidup beragam jenis burung. Biasanya pulau ini juga jadi sarang burung camar pada waktu-waktu tertentu.

Pantai Karang Tawulan memiliki area yang cukup luas dengan fasilitas yang cukup lengkap. Di area utama yang berada di atas tebing, kamu bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai di warung-warung yang tersedia.

Fasilitas seperti toilet dan beberapa gazebo juga sudah ada. Area parkir untuk kendaraan juga cukup luas. Namun sayang, tempat sampah yang ada di area pantai cukup sedikit.  

Baca juga : Objek Wisata Pamijahan yang Terkenal di Tasikmalaya

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Tawulan

Untuk memasuki kawasan pantai kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sedikit dan sangat ramah di kantong. Tiket masuknya hanya sekitar Rp 3.500 per orang. Biaya ini belum termasuk biaya parkir motor Rp 2.500 dan parkir mobil seharga Rp. 10.000.

Selain menikmati pemandangan pantai dari spot yang ada, pengunjung juga banyak yang bermain sampai ke tebing karang yang menjorok ke tengah laut. Namun jika kamu ingin melakukan ini, kamu harus berhati-hati karena jika terpeleset kamu akan jatuh ke laut dengan risiko karang-karang yang lumayan tajam di bawahnya.

Sarana penginapan di sekitar pantai memang belum ada. Tetapi kamu bisa menemukan beberapa penginapan kecil di sepanjang jalan yang tidak jauh dari lokasi. Kamu juga bisa memanfaatkan area bagian atas pantai untuk camping.

Pada waktu-waktu tertentu, pantai ini sering dijadikan lokasi untuk menggelar acara tahunan seperti festival laying-layang dan balap kerbau.  

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU