Rabu, Juli 10, 2024

Pantai Citanggeuleuk Garut, Panorama Indah dengan Vibes Bali

Pantai Citanggeuleuk Garut merupakan sebuah objek wisata baru yang menyuguhkan panorama indah dengan vibes Bali. Hal tersebut terlihat dari banyaknya perbukitan dan tebing tinggi yang menghiasi sisi pantainya. Panorama ini membuatnya makin eksotis dan cocok menjadi latar belakang foto yang ciamik. Pantai ini juga tentunya bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin merasakan suasana Bali, tetapi dengan jarak yang lebih dekat.

Kabupaten Garut memang tak pernah berhenti menawarkan keindahan alam yang menarik wisatawan dari berbagai daerah untuk datang. Tak heran jika kabupaten yang berbatasan dengan Tasikmalaya di sisi timur ini mendapatkan julukan sebagai Swiss Van Java. Pegunungan yang menyimpan banyak pesona seperti air terjun, pemandian air panas, hingga lautnya memang mirip di Swiss sana.

Bagi Sobat Djava yang ingin berwisata ke tempat yang masih jarang terjamah manusia, tetapi memiliki fasilitas lengkap, pantai ini bisa menjadi pilihannya. Pantai ini juga bisa menjadi alternatif wisata bagi kamu yang sedang berhemat budget karena tiket masuknya murah meriah. Penasaran dengan informasi lebih lanjut tentang Pantai Citanggeuleuk Garut? Simak penjelasan selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk Pantai Citanggeuleuk Garut 

Objek wisata pantai ini kini telah terkelola dengan cukup baik oleh masyarakat setempat dengan izin dari pemerintah desa. Oleh karena itu, harga tiket masuknya pun kini telah resmi sebesar Rp5.000 saja per orang. Bagi yang membawa kendaraan, jangan lupa untuk membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 per unit motor dan Rp5.000 per unit mobil. 

Bagi yang ingin berkemah dengan membawa tenda sendiri, kamu harus membayar biaya sebesar Rp15.000 per orang. Pantai Citanggeuleuk Garut juga menyediakan penyewaan tenda dan alat-alat camping lainnya bagi kamu yang tak ingin repot-repot membawanya dari rumah. Sewa tenda kapasitas 2 orang harganya adalah Rp50.000, sedangkan yang kapasitas 4 hingga 5 orang seharga Rp80.000.

Untuk penyewaan matras, harganya Rp10.000, sedangkan lampu tenda Rp12.000. Kompor portabel bisa kamu sewa dengan harga Rp20.000, kursi lipat Rp10.000, meja lipat Rp10.000, dan gas Rp15.000. Siapkan juga dana untuk keperluan ke toilet, Rp4.000 untuk mandi, Rp3.000 untuk buang air besar, dan Rp2.000 untuk buang air kecil. Tarif-tarif tersebut tidak bersifat permanen sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas Pantai Citanggeuleuk Garut 

Pantai ini memiliki beberapa fasilitas yang tersedia untuk menambah kenyamanan wisatawan yang datang. Seperti area parkir kendaraan yang luas, toilet, musala, gazebo gratis, warung-warung, hingga spot foto instagramable. Tersedia juga fasilitas home stay, camping ground, penyewaan alat camping, dan sewa ATV.

Jam Operasional

Objek wisata Pantai Citanggeuleuk Garut bisa kamu kunjungi setiap saat karena beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Namun, kami sarankan untuk datang sedari pagi agar bisa berlama-lama di sana. Agar pengalaman liburan di pantai ini lebih nyaman, sebaiknya kamu datang saat cuaca cerah dan tidak saat musim hujan.

Alamat Lengkap

Pantai ini berada di jalur pesisir selatan. Alamat lengkapnya adalah Kp. Citanggeuleuk Ds. Kec. Kab., Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165. Akses jalannya sudah bagus meskipun tidak begitu lebar. Bisa untuk mobil, tetapi tidak untuk bis. Area parkirnya pun dekat dengan area pantai, hanya berjarak 30-40 meter saja.

Daya Tarik Pantai dengan Nuansa Bali

Pantai Citanggeuleuk Garut memiliki daya tarik utama sebagai pantai yang memiliki vibes atau nuansa Bali. Hal ini bisa kamu lihat dari tingginya tebing dan perbukitan yang menghiasi sepanjang garis pantainya. Batuan karangnya yang besar dan tinggi juga membuat panorama pantai ini begitu eksotis, berpadu dengan warna lautnya yang ciamik.

Warna pasir pantainya gelap, tetapi memiliki area yang luas sehingga bisa menjadi lintasan ATV yang bisa kamu sewa seharga Rp30.000 per 10 menit. Kamu bisa menikmati panorama pantai ini dari gazebo yang tepat berada di tepi pantainya atau dari baruan karang dan perbukitannya. Keindahan pantai ini makin terpancar saat cuaca cerah dan momen sunrise serta sunset tiba. 

Pantai Citanggeuleuk Garut juga memiliki goa yang cocok menjadi spot foto. Sayangnya, kamu hanya bisa mengeksplorasi goa tersebut saat air laut surut. Pantai ini berada di jalur pesisir pantai selatan sehingga memiliki ombak yang besar. Wisatawan pun harap untuk tidak berenang dan tidak membuang sampah sembarangan. (Rismawati/Djavatoday)

Seru dan Menyenangkan! Ini Dia Rekomendasi Taman Bermain yang Cocok untuk si Kecil

Rekomendasi taman bermain kini menjadi destinasi liburan yang bisa Moms kunjungi bersama anak-anak. Selain seru dan menyenangkan, taman bermain ini juga mengutamakan keamanan dan...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...

Bukit Jerit Kebumen, Spot Healing dengan View Laut

Bukit Jerit Kebumen merupakan sebuah objek wisata alam yang baru-baru ini kembali viral karena panoramanya yang indah. Tidak hanya menyuguhkan keindahan gugusan perbukitan yang...

Seribu Pulau Pangalengan, Spot Glamping dan Main Kayak!

Seribu Pulau Pangalengan merupakan sebuah hidden gem yang menawarkan sensasi bermalam di tengah alam yang syahdu. Tempat ini menyuguhkan keindahan Situ Cileunda dengan panorama...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya