Minggu, Mei 26, 2024

Objek Wisata Ziarah Cirebon, Referensi Liburan Sambil Berziarah

Objek Wisata Ziarah Cirebon memang sudah terkenal dengan banyak tempat-tempat peninggalan sejarahnya. Hal ini dikarenakan Daerah Cirebon dulu merupakan tempat para Sunan yang telah menyebarkan ajaran agama islam.

Kota terbesar ketiga dari Jawa Barat ini memang masih kental dengan adat istiadat dan tradis turun temurun nya. Selain itu Cirebon juga dikenal dengan sebutan kota udang dan banyak pula yang menjulukinya sebagai penghasil batik.

Objek Wisata Ziarah Cirebon yang wajib Dikunjungi

Bicara Cirebon memang tidak pernah habis untuk bisa dijelajahi semuanya, sebab Cirebon seakan telah memiliki semuanya. Mulai dari beragam kulinernya sangat mengiurkan, beberapa objek wisata yang sekarang mulai berkembang. Hingga tempat-tempat bersejarah yang bisa digunakan untuk berziarah pada makan-makan para wali.

Untuk itu tidak berlama-lama lagi, berikut adalah Objek Wisata Ziarah Cirebon yang akan menjadi referensi sobat sebagai tempat liburan:

Keraton Kesepuhan

Tempat ziarah yang pertama ada Keraton Kesepuhan Cirebon yang sudah berdiri sejak tahun 1529 oleh Mas Mochammad Arifin II. Beliau merupakan cicit dari Wali Sunan Gunung Jati. Dalam objek wisata ini terdapat sebuah musium yang berisi pernak-pernik pusaka dan lukisan yang merupakan koleksi semasa dulu masih sistem Kerajaan.

Bentuk bangunannya merupakan campuran dari beberapa desain dunia mulai dari Jawa , Sunda, Cjina, India, Arab, dan Eropa. Ciri khas dari tempat ini yakni ada sebuah patung macan berwarna putih pada gerbang masuk keraton kesepuhan. Patung tersebut memiliki arti yakni sebagai lambang penerus Kerajaan Padjajaran yang terpengaruhi oleh agama Hindu dan Budha.

Keraton KanomanĀ 

Keraton Kanoman ini merupakan salah satu saksi Sejarah perkembangan ajaran agama islam di Daerah Cirebon. Tahun berdiri tempat ini berkisar tahun 1588 dibagun oleh Sultan Anom I atau biasa dikenal dengan Pangeran Mohamad Badridin atau juga Kertawijaya. 

Dalam tempat ini sobat djava bisa melihat benda-benda yang merupakan peninggalan Sejarah dari zaman dahulu. Benda-benda tersebut yang paling terkenal ada sebuah kereta [erang paksi naga liman dan kereta jepara yang kini masih terjaga.

Taman sari Gua Sunyaragi

Salah satu bangunan Sejarah Cirebon ini Bernama Taman Sari Gua Sunyaragi yang merupakan cagar budaya yang luasnya sekitar 1,5 Ha. Yang berdiri pada tahun kurang lebih 1703 oleh Pangeran Kararangen atau biasa dikenal dengan Pangeran Arya Carbon.

Pada tempat ini terdapat delapan belas bangunan bersejarah berkonsep perpaduan budaya Indonesia dan China yang bisa sobat djava jelajahi sepuasnya. Arti dari nama cagar budaya ini diambil dari Sunya yang artinya sepi, ragi yang artinya raga atau tempat untuk bersemedi.

Makan Sunan Gunung Jati

Objek Wisata Ziarah Cirebon yang terakhir dan paling banyak dikunjungi untuk tempat berziarah adalah Makam Sunan Gunung Jati. Seperti kepercayaan kita bahwa kita diharuskan untuk bisa meluangkan waktu untuk berziarah ke makam para wali. Makam tersebut tersusun atas Sembilan tingkatan dengan gaya arsitektur yang cukup unik yakni kombinasi dari budaya Jawa, Arab, dan China.

Itulah dia informasi seputar tempat-tempat Objek Wisata Ziarah Cirebon yang sudah media djava bagikan secara lengkap. Kemudian buat sobat djava yang tidak mau ketinggalan update informasi dan artikel lainnya. Pantengin terus website dari media djava di Djavatoday.com. (Husni/CN/Djavatoday)

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya