Kamis, Mei 23, 2024

Objek Wisata Curug Layung, Air Terjun Tiga Tingkat yang Eksotis

Kabupaten Bandung memang terkenal dengan keindahan alam dan kesejukan udaranya, sehingga tak heran jika Bandung banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dari sekian banyaknya destinasi wisata di Bandung, tak ada salahnya jika kamu mencoba berkunjung ke objek wisata Curug Layung.

Curug Layung merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam berupa air terjun yang dikelilingi pohon pinus. Oleh karena itu, udara di sekitar kawasan Curug Layung terasa begitu segar sehingga cocok untuk dijadikan tempat relaksasi.

Disini juga terdapat sejumlah fasilitas seperti camping ground dan beberapa spot foto yang unik dengan panorama keindahan Bandung dari atas ketinggian.

Baca juga : Tak Perlu Jauh ke Cappadocia, Wisata Balon Udara Juga Ada di Indonesia

Lokasi Curug Layung

Curug Layung adalah air terjun yang berada di kawasan kaki Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Curug ini berlokasi di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat.

Pada mulanya Curug Layung merupakan tempat berlatih para Koppasus, namun pada tahun 2012 area Perhutani ini di buka untuk umum dan menjadi objek wisata sekaligus bumi perkemahan.

Curug ini berada di kawasan hutan pinus dengan ketinggian 1.400 mdpl dengan luas area sekitar 11,6 hektare. Air terjunnya memang tidak setinggi air terjun pada umumnya, namun di sini terdapat tiga tingkatan air terjun.

Airnya yang sejuk mengalir dari tiap tingkatan, dan setiap tingkat memiliki kolam dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda.

Tingkat pertama memiliki ukuran kolam yang sedang. Di tingkat kedua, terdapat air terjun kecil dengan kolam yang memanjang. Sedangkan di tingkat ketiga terdapat air terjun yang paling tinggi dan lebar dengan beberapa aliran air yang cukup deras.

Harga tiket, jam operasional dan fasilitas yang ada di Curug Layung

Harga tiket untuk memasuki kawasan objek wisata Curug Layung cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang senilai Rp 10.000 per orang, sedangkan jika ingin berkemah di sana kamu cukup membayar Rp 20.000.

Biaya parkir kendaraan bermotor Rp. 5.000 per unit sedangkan mobil Rp 10.000 per unit. Curug Layung di buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Sedangkan untuk bumi perkemahan atau camping ground buka setiap hari selama 24 jam.com

Fasilitas yang ada di Curug Layung juga cukup memadai, seperti area parkir, camping ground, toilet dan kamar mandu serta warung makan. Jalur hiking menuju kawasan hutan pinus dan curug pun sudah di tata dengan baik sehingga nyaman untuk dilalui. (Willy/Djavatoday)

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya