Jumat, Mei 17, 2024

Objek Wisata Curug Cihanyawar, Pesona Air Terjun Tersembunyi

Objek Wisata Curug Cihanyawar adalah sebuah destinasi wisata yang menampilkan air terjun yang menjadi daya tariknya. Curug Cihanyawar ini bisa menjadi daftar liburan sobat djava ditengah penatnya hiruk-pikuk suasana kota.

Curug Cihanyawar pada dasarnya berupa air terjun dengan ketinggian 16 m yang berada di ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Sumber air Curug Cihanyawar berasal dari aliran air Gunung Cipadaruun yang berasal dari mata air Cikuray.

Dengan aliran air terjun yang jatuh dari ketinggian yang ideal tersebut menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebab kondisi aliran air yang dari atas tidak jatuh ke dasar dengan keras melainkan sangat lembut.

Lokasi dan Rute Objek Wisata Curug Cihanyawar

Curug cihanyawar adalah sebuah air terjun tersembunyi yang terletak di kampung rancapelem, desa sukamaju, kecamatan. Talegong kabupaten Garut, jawa barat.

Letaknya tepat pada perbatasan antara tanah milik PTP Nusantara VIII dan tanah milik Masyarakat Desa Sukamurni. Jadi selain pesona dari air terjun yang indah, sobat djava juga akan melihat hamparan luas dari kebun teh.

Untuk sobat djava yang berniat berkenjung ke objek wisata ini bisa berKendaraan roda dua maupun roda 4. Dan untuk medan jalan menuju tempatnya juga cukup memadai tidak terlalu curah.

Tetapi sobat djava juga bisa menggunakan Aminitas transportasi berupa angkutan umum nomor 06 jurusan Cilawu bisa berhenti di persimpangan bojongloa. Setelah itu untuk menuju lokasi yang berjarak 2 km dapat menggunakan  kendaraan Roda 4 atau angkutan roda dua berupa ojeg.  

HTM dan Fasilitas yang ada di Objek Wisata Curug Cihanyawar

Harga tiket masuk untuk objek wisata ini dibedakan menjadi dua yakni hari biasa dan hari libur. Untuk hari biasa sobat djava hanya perlu mengeluarkan Rp. 10.000,- sudah bisa menikmati keindahan dari Curug Cihanyawar.

Sedangkan untuk hari libur sobat djava perlu menambah Rp. 5.000,- untuk tiket masuknya, biaya tersebut belum termasuk parkir. Untuk biaya parkir dikenakan Rp. 5.000,- untuk motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil.

Dengan biaya yang dikeluarkan tersebut sepadan dengan apa yang akan sobat djava dapatkan yakni berupa tempat untuk piknik. Kemudian Air Terjun yang menjadi objek utamanya, ada juga kolam alami yang masih terjaga aasrinya

Disekelilingnya air terjun juga ada sebuah pagar yang menjadi batas dan ada hamparan pemandangan dari luasnya kebun teh. Memang lahan sekitar curug ini merupakan daerah pertanian dan perkebunan palawija masyarakat setempat.

Selain itu Objek Wisata Curug Cihanyawar ini juga menawarkan Camp river side yaitu sensai berkemah di pinggir aliran air Curug Cihanyawar. Dengan nuansa tenda langsung menghadap ke air terjun sehingga dapat melihat air terjun sepuasnya. 

Disana juga para warginet bisa menyewa tenda seharga Rp. 20.000 / jam, jika ingin berkemah tenda ini berkapasitas 4 hingga 6 orang. Tidak usah khawatir jika ingin berkemah di sana karena di sana sudah dilengkapi fasilitas yang dapat menunjang para wisatawan seperti toilet, mushola, warung dan tempat parkir yang luas.

Itulah ulasan mengenai Objek Wisata Curug Cihanyawar yang telah media djava paparkan secara detail. Hanya sekedar saran, karena ini objek wisata bermain air alangkah baiknya sobat djava yang ingin berkunjung membawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga. Kemudian buat djava yang masih ingat mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya, tetap ikut terus websitenya pada Djavatoday.com. (Husni/Djavatoday)

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya