Kamis, Mei 30, 2024

Nusa Manona Pangalengan, Uniknya Berkemah ala di Pulau Pribadi!

Nusa Manona Pangalengan merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus bumi perkemahan terbaru di Bandung Barat. Sajian panorama alam yang indah secara 360 derajat bisa Anda nikmati dari pulau kecil di tengah Danau Cipanunjang Pangalengan. Itulah mengapa berkemah di sini seperti berkemah di pulau pribadi. Para pengunjung pun bisa menikmati keindahan danau, pegunungan, dan perkebunan teh dari kejauhan dengan lebih damai.

Pangalengan tak henti-hentinya menyuguhkan objek wisata alam yang eksotis. Potensi alamnya yang mayoritas berupa danau dan perkebunan teh menjadi daya tarik tersendiri bagi kecamatan ini. Udaranya yang bersih dengan bawa sejuk yang cenderung dingin pun turut menjadi alasan wisatawan berbondong-bondong ke kawasan ini. Dengan tujuan untuk berlibur, me-refresh pikiran, dan merileksasi tubuh yang penat setelah beraktivitas selama sepekan penuh.

Nah, bagi Sobat Djava yang penasaran ada apa saja di Nusa Manona Pangalengan, simaklah artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan beberapa informasi penting tentang objek wisata alam tersebut sebagai referensi. Simak uraian berikut ini, ya!

Baca juga: Pineus Tilu Riverside Camping, Kemah di Pinggir Sungai Pangalengan

Keunikan Nusa Manona Pangalengan bak Pulau Pribadi

Berkemah merupakan aktivitas liburan yang selalu banyak orang pilih, terutama para muda-mudi yang gemar mengeksplorasi alam. Jika berkemah di dekat air terjun ataupun atas bukit dan gunung sudah membuatmu bosan, maka cobalah yang satu ini. Sobat Djava bisa merasakan uniknya berkemah pada daratan yang berada tepat di tengah Danau Cipanunjang yang indah. Letaknya tersebut membuatnya seperti pulau pribadi yang menyuguhkan ketenangan dan kedamaian alam.

Daratannya juga cukup luas, mampu menampung banyak tenda dan area untuk bersantai ataupun seru-seruan. Rerumputan hijau pun memenuhi permukaan daratannya dengan beberapa pohon di tepian ‘pulau’. Anda pun bisa memasang hammock di antara pepohonanya dan bersantai menikmati view danau Nusa Manona Pangalengan yang memesona. Gugusan pegunungan pun terlihat, juga dengan perkebunan teh, perkebunan sayur, hingga hamparan air danau yang eksotis dari sudut 360 derajat.

Tempat ini cocok menjadi spot healing bersama teman dan keluarga ataupun spot untuk menyendiri, lho. Kabutnya yang sering kali hadir menciptakan suasana syahdu yang makin membuat panoramanya begitu magical. Potret saat matahari terbit juga tak kalah indah, begitupun saat senja tiba. Warna jingga akan memenuhi langit dan memantul di air danau dengan cantiknya.

Panoramanya yang indah tak jarang wisatawan abadikan dengan lensa kamera. Terlebih saat menaiki perahu untuk menjangkau pulau atau lokasi berkemah. Dengan menaiki perahu, Anda akan menyusuri keindahan danaunya dari dekat dan menikmati keasrian alam sekelilingnya. Jangan lewatkan untuk piknik bersama teman atau keluarga di Nusa Manona Pangalengan, ya!

Harga Tiket Masuk dan Biaya Camping

Bagi Sobat Djava yang hanya ingin sekadar berwisata tanpa berkemah di Nusa Manona Pangalengan, cukup membayar tiket masuknya saja. Harganya yakni Rp20.000 per orang sudah termasuk pelampung, serta biaya perahu pulang dan pergi, tetapi tidak termasuk biaya parkir kendaraan. Adapun biaya kemahnya adalah Rp60.000/orang jika membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri. Biaya tersebut juga termasuk tiket masuk dan naik perahu pulang-pergi.

Namun, jika Sobat Djava tak ingin repot bisa memilih paket Z dengan harga Rp650.000 per tenda berkapasitas 4 orang. Fasilitasnya adalah free tiket masuk, perahu pulang-pergi, tenda, sleeping bag, matras, kasur, dan bantal. Ingatlah untuk tidak membawa minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang ke tempat ini. Jika ingin membawa pasangan, pastikan kalian sudah menikah karena pengawasan tempat ini sangat ketat.

Fasilitas dan Jam Operasional

Beberapa fasilitas telah tersedia di Nusa Manona Pangalengan. Seperti area parkir kendaraan, perahu, pelampung, toilet, warung, listrik, meja, kursi, dan lainnya. Sebaiknya Anda menyiapkan logistik yang cukup untuk bekal berkemah dari rumah, ya. Adapun jam operasional objek wisata sekaligus camping ground ini adalah 24 jam setiap hari.

Untuk waktu check in adalah pukul 14.00 WIB dan waktu check out adalah 12.00 WIB hari berikutnya. Ingat juga jam operasional perahu yang akan mengantarmu ke tengah pulau. Perahu akan berangkat ke pulau saat jam-jam ganjil, seperti pukul 07.00, 09.00, 11.00 dan seterusnya. Kemudian perahu akan kembali ke area parkir atau loket saat jam-jam genap, seperti pukul 08.00, 10.00, 12.00, dan seterusnya.

Lokasi Nusa Manona Pangalengan

Objek wisata dan camping ground Nusa Manona Pangalengan berlokasi di Bandung Barat. Tepatnya beralamat di Cieurih, Margamekar, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempatnya dekat dengan SMPN 4 Pangalengan dan Situ Cileunca. Gunakan Google Maps sebagai petunjuk atau ikuti papan penunjuk arah, ya! Untuk informasi lebih lanjut, Sobat Djava bisa mengunjungi laman Instagram resminya dengan username @nusamanona. (Ris/Djavatoday)

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya