Sabtu, Juli 20, 2024

Misteri Jembatan Cirahong Ciamis Bikin Merinding

Hello good people. Misteri jembatan Cirahong Ciamis menjadi hal yang wajib untuk diketahui. Khususnya bagi orang yang akan melewati jembatan ini. Karena banyak hal dan cerita mistis yang berkembang disini.

Jembatan yang sudah mulai dibangun sejak 1893 ini berada di Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya. Tepatnya merupakan perbatasan dari dua kota tersebut. Memiliki panjang 202 meter dan melintasi Sungai Citanduy membuat Jembatan ini terlihat gagah.

Jembatan ini dibuat dengan rangka baja yang rapat dan banyak. Serta merupakan salah satu peninggalan Belanda. Jembatan ini adalah sebagai jalur alternatif antara kedua kota tersebut. Karena ada dua fungsi jembatan ini, dibagian atas untuk kereta dan di bawah sebagai lalu lintas kendaraan.

Namun jembatan yang gagah ini tidak terlepas dengan kisah mistisnya. Ada beberapa kisah misteri jembatan Cirahong Ciamis yang cukup terkenal. Sampai sudah ada acara TV Nasional yang meliputnya.

Apa Saja Misteri Jembatan Cirahong Ciamis?

Nah, untuk para good people yang penasaran dengan kisahnya simak dengan baik ya.

Adanya Sosok yang Melayang

Jembatan Cirahong kini ramai oleh lalu lintas penduduk beda dengan zaman dulu. Zaman dahulu masih jarang orang yang melintasi nya.

Dahulu ada seorang bapak-bapak yang akan melintasi jembatan Cirahong ini sendirian. Namun hal yang tidak disangka terjadi. Dimana ada sosok yang melayang mengikutinya sebelum melintasi jembatan tersebut. Beruntung sosok tersebut tidak menganggunya.

Macan Jadi-jadian

Misteri jembatan Cirahong Ciamis yang selanjutnya adalah dimana ada macan jadi-jadian. Dulu ada seorang pedagang yang berjalan akan melintasi jembatan Cirahong. Namun ada sosok macan yang mengikutinya. Yang dipercayai merupakan macan Jadi-jadian

Pengantin yang ditimbulkan

Beredar cerita bahwa pembangunan jembatan Cirahong Ciamis ini menumbalkan sepasang pengantin baru. Ketika dalam proses pembangunan banyak hal yang janggal dan aneh. Sehingga pembangunan tidak berjalan dengan lancar.

Akhirnya pemerintah Hindia Belanda menanyakan perihal ini kepada sesepuh di daerah tersebut. Kemudian diberitahu lah bahwa ada penghuni sungai Citanduy ditempat pembangunan jembatan ini. Penghuni tersebut bernama Nyai Odah dan Aki Boh’ang.

Penghuni Citanduy ini meminta syarat jika ingin pembangunan ini berjalan. Syarat yang diminta adalah tumbal sepasang pengantin baru. Kebetulan ada pengantin baru yang telah melakukan pernikahannya. Pengantin tersebut diminta datang oleh pihak Hindia Belanda dengan iming-iming hadiah.

Namun, yang terjadi adalah mereka ditumbalkan demi kepentingan proses pembangunan. Yang menandakan berakhir pula kisah cinta sepasang pengantin itu dengan tragis.

Baca Juga : Gunung Angker di Jawa yang Menarik dan Bikin Penasaran

Jembatan Cirahong Sekarang

Nah, good people. Jembatan Cirahong Ciamis sekarang sudah berbeda dengan dulu. Sekarang telah ramai dilewati serta banyak warung yang berjualan disekitar jembatan. Bahkan kini telah dibuka tempat untuk berfoto yang berlatar jembatan Cirahong.

Ketika pagi pun banyak orang yang sengaja jogging sampai jembatan ini. Karena disini tersedia pula berbagai macam makanan seperti surabi, gorengan, kupat tahu, dan lain-lain. Disini kalian dapat berjemur dengan duduk di bangku yang langsung mengarah ke jembatan. Jika beruntung kalian akan menyaksikan kereta lewat diatas jembatan.

Masih banyak misteri jembatan Cirahong Ciamis yang belum dipaparkan disini. Kalian boleh mempercayainya atau tidak yang terpenting harus saling menghormati. Jaga sikap dan ucapan ketika berada di manapun. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa.

Pas/Djavatoday

Pantai Pangasan Pacitan dengan Pesona Persawahan

Pantai Pangasan Pacitan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan eksotisme alam dari beberapa kombinasi.

DPRD dan Pj Bupati Ciamis Setujui 2 Raperda Jadi Peraturan Daerah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pimpinan DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyetujui 2 rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Perda. Penandatangan persetujuan dilaksanakan di...

Peringati HUT Pramuka, Kwarcab Ciamis Gelar Lomba Jelajah Alam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Gerakan Pramuka ke 63, Kwarcab Ciamis mengadakan lomba Jelajah Alam bagi anggota Mabiran. Adapun pelepasan peserta lomba berlangsung...

Kormi Ciamis Lepas 36 Atlet di Pekan Olahraga Tradisional Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kormi Kabupaten Ciamis melepas 36 atlet dalam ajang Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Jawa Barat dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi. Pelepasan para...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya