Senin, Juni 17, 2024

Merapi Garden Selo: HTM, Daya Tarik, dan Fasilitas

Merapi Garden Selo merupakan sebuah objek wisata alam populer di Boyolali yang menyuguhkan keindahan taman bunga. Kamu bisa menyaksikan ragam warna cantik dari bunga-bunga yang tertata rapi dengan latar belakang berupa Gunung Merapi. Objek wisata ini berada di ketinggian sehingga lanskap perkotaan Boyolali bisa kamu pandangi dari tempat ini. Ketinggian tempat ini juga sering kali wisatawan manfaatkan untuk bersantai sebagai bentuk healing sederhana.

Kabupaten Boyolali memang memiliki banyak tempat-tempat menarik dan tak jarang menjadi surga bagi para penggemar fotografi. Bagaimana tidak, topografi dari kabupaten ini berupa pegunungan aktif yang terlihat gagah meskipun dari kejauhan. Lereng-lerengnya pun memiliki keindahan yang beragam karena tanahnya begitu subur untuk pertanian. Wisata-wisata berkonsep taman, kafe di ketinggian, hingga air terjun pun banyak bermunculan.

Nah, jika Sobat Djava tengah mencari wisata alam dengan pemandangan pegunungan indah yang asri, Merapi Garden Selo bisa menjadi pilihannya. Namun, agar momen liburanmu makin seru dan tersiapkan dengan baik, carilah informasi seputar objek wisata ini sebagai referensi. Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan semua informasi penting tentang objek wisata ini dalam artikel ini.

Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang tempat wisata populer ini untuk kamu. Mulai dari daya tariknya, harga tiket masuk, fasilitas, hingga alamat lengkapnya. Yuk, simak informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Daya Tarik Wisata Merapi Garden Selo

Sobat Djava, siapa yang tak tahu dengan salah satu gunung berapi aktif bernama Merapi yang berlokasi di Jawa Tengah ini? Gunung yang satu ini memang pernah mencatatkan sejarah kelam lewat letusannya, tetapi di balik itu semua terdapat keindahan yang bisa kita nikmati. Kegagahan gunung ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga ramai-ramai objek wisata menyajikan spot terbaik untuk menikmatinya. Salah satunya adalah Merapi Garden Selo.

Objek wisata ini menawarkan suguhan pemandangan Gunung Merapi sekaligus Merbabu yang indah dari ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Tak hanya itu, kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan itu sembari menyusuri keindahan taman bunganya yang berwarna-warni. Ada berbagai jenis bunga yang menghiasi taman yang letaknya berada di lereng Merbabu ini. Mulai dari bunga hydrangea, scarlet witch, bunga terompet, bunga matahari, hingga kecubung.

Bunga-bunga yang tertata rapi sedemikian rupa ini pun cocok menjadi spot untuk berswafoto, apa lagi latar belakangnya berupa pegunungan. Namun, jangan sesekali mencoba memetik bunganya agar keindahannya tetap terjaga. Hal menarik dari taman bunga ini adalah adanya bangunan-bangunan dengan kincir angin seperti di Belanda yang instagramable. Merapi Garden Selo juga menyediakan sebuah kafe dengan konsep rumah kaca berlantai dua yang cocok untuk nongkrong, lho.

Harga Tiket Masuk

Objek wisata ini mematok harga tiket masuk yang murah meriah untuk setiap wisatawan. Tarifnya hanya Rp5.000 saja per orang baik anak-anak maupun dewasa dan berlaku setiap hari. Tiket masuk tersebut biasanya bisa kamu tukarkan dengan welcome drink yang terbuat dari nektar bunga. Bagi yang membawa kendaraan, jangan lupa untuk membayar biaya parkirnya.

Besaran biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp2.000 per unit, sedangkan mobil tarifnya Rp5.000 per unit. Murah sekali, bukan? Namun, tarif tersebut tidak bersifat permanen sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi terbaru lebih lanjut, kamu bisa menghubungi pihak Merapi Garden Selo melalui nomor telepon 0852-2580-1300 atau Instagram @merapigardenselo.

Jam Operasional dan Fasilitas

Objek wisata ini bisa kamu kunjungi pada jam operasionalnya, yakni mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB saat weekday. Saat weekend, wisata ini beroperasi lebih lama, yakni mulai pukul 08.00 sampai dengan 21.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat cuaca cerah agar pemandangan tidak tertutup kabut.

Fasilitas yang tersedia di Merapi Garden Selo adalah area parkir kendaraan, musala, toilet, kafe aesthetic, dan spot foto. Juga tersedia fasilitas jeep off road, homestay, dan lainnya.

Alamat Merapi Garden Selo 

Objek wisata ini berlokasi di Dusun IV, Samiran, Kec. Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57363. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota menuju ke arah Barat. Kontur jalannya menanjak dan tidak begitu lebar, tetapi sudah teraspal. 

Itulah beberapa informasi penting tentang objek wisata Merapi Garden Selo. Tertarik berkunjung, Sobat Djava? (Rismawati/Djavatoday)

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya