Minggu, Juli 14, 2024

Leuwi Asoka Bogor, Spot Berenang Paling Sejuk!

Leuwi Asoka Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan spot berenang alami dengan udara yang sejuk. Objek wisata ini menyajikan keindahan kolam alami semi sungai atau dalam bahasa Sunda memiliki istilah “leuwi”. Bukan sembarang kolam, Sobat Djava, karena airnya begitu jernih hingga pengunjung bisa melihat dasar kolamnya dengan jelas. Tak heran sebenarnya karena leuwi ini merupakan hulu dari beberapa curug dan wisata air lain yang cukup populer.

Di antaranya adalah Wisata Lembah Tepus, Kawah Ratu, Curug Kondang, Curug Cigamea, Talaga Biru, dan masih banyak lagi. Semua objek wisata tersebut berada dalam satu kawasan yang sama, yakni Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau TNGHS Bogor. Tempatnya tentu cocok menjadi spot healing dan ngadem karena udara Kota Hujan tak pernah gagal untuk menyejukkan dan menenangkan.

Penasaran dengan informasi menarik dari objek wisata Leuwi Asoka Bogor ini? Simaklah artikel ini hingga akhir karena kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik yang bisa Sobat Djava jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Baca juga: Tropical Deck Puncak Bogor, Tempat Healing Bernuansa Bali

Harga Tiket Masuk Leuwi Asoka Bogor

Objek wisata ini berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak sehingga dan gerbang utamanya melalui Wisata Lembah Tepus. Oleh karena itu, kamu harus membayar beberapa kali sebelum sampai di objek wisata ini. Saat memasuki gerbang TNGHS, kamu harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp20.000, kemudian saat memasuki area gerbang masuk Lembah Tepus bayar lagi Rp10.000.

Untuk memasuki area Leuwi Asoka Bogor, kamu harus membayar tiket masuk lagi sebesar Rp10.000 per orang dengan tambahan biaya parkir kendaraan. Besarannya adalah Rp5.000 per unit motor, sedangkan untuk mobil harus membayar Rp10.000 per unitnya. Tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas camping ground dengan biaya camping sebesar Rp35.000. Perlu Sobat Djava ingat bahwa daftar biaya tersebut tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah kapan saja sesuai kebijakan pihak pengelola wisata.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata alam ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan saat berlibur di sana. Mulai dari area parkir kendaraan, musala sederhana, gazebo atau saung untuk beristirahat dan menaruh barang, dan warung. Tempat ini juga menyediakan fasilitas camping ground, penyewaan pelampung, dan spot foto yang alami.

Sobat Djava bisa mengunjungi objek wisata Leuwi Asoka Bogor ini setiap hari pada jam operasionalnya. Adapun jam operasional tersebut mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Agar mendapatkan panorama sungai yang masih jernih, sebaiknya kamu datang sedari pagi. Untuk menghindari keramaian wisatawan, sebaiknya kamu datang pada hari kerja.

Alamat Lengkap

Objek wisata ini berlokasi tepat di atas area Lembah Tepus sehingga alamatnya pun sama persis. Alamat lengkapnya adalah di Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Akses jalan menuju lokasinya cukup baik, tetapi mendekati area wisatanya kamu akan melewati jalan yang cukup terjal sehingga perlu berhati-hati. Dari area pintu masuk Lembah Tepus, kamu hanya perlu menaiki anak tangga dan melewati jembatan gantung untuk tiba di leuwi ini.

Daya Tarik Leuwi Asoka Bogor

Menenangkan pikiran di tengah alam yang sejuk memang bisa menjadi obat terbaik. Salah satu tempat dengan sajian alam yang sejuk adalah Leuwi Asoka Bogor dengan kolam alami yang begitu jernih. Sungai ini merupakan hulu dari wisata lain seperti Lembah Tepus hingga Curug Cigamea sehingga airnya super jernih. Kedalamannya pun hanya berkisar 1,5 hingga 1,8 meter saja sehingga aman untuk berenang.

Warna air kolamnya terkadang menjadi biru kehijauan, menciptakan panorama alam yang cantik dengan hiasan bebatuan di sekitarnya. Suasananya pun begitu asri karena masih terdapat banyak pepohonan hijau yang meneduhkan areanya. Kamu pun bisa berenang tanpa takut kepanasan. Terdapat dua area kolam alami yang tersusun rapi dengan bentuk bertingkat sehingga menciptakan aliran air terjun kecil.

Leuwi Asoka Bogor berasal dari nama bunga, yakni asoka yang konon dulu tumbuh subur di tempat ini. Wisatawan bisa melihat langsung aliran mata air alami yang jatuh dari ketinggian seperti halnya air terjun. Selain menjadi tempat ciblon yang menyegarkan, tempat ini juga bisa mejadi spot camping, lho. Hubungi nomor 085774785596 untuk informasi lebih lanjut dan reservasi. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya