Minggu, Mei 26, 2024

Lembah Purba Sukabumi, Kawasan Hutan Asri yang Lagi Happening!

Lembah Purba Sukabumi merupakan suatu kawasan hutan asri yang di dalamnya terdapat air terjun indah yang bernama Curug Kembar. Curug ini berada di sebuah lembah hijau sehingga kehadirannya nampak begitu istimewa.

Lokasi Lembah Purba berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di sini juga terdapat Situgunung Suspension Bridge yang menyandang status sebagai  jembatan gantung terpanjang di Asia.

Kawasan ini di namakan Lembah Purba karena konon katanya lokasi Curug Kembar yang berada di kawasan lembah ini di kelilingi oleh beberapa pohon purba yang telah ada sejak ribuan tahun lalu.

Untuk sampai ke lokasi ini kamu membutuhkan waktu sekitar 40 menit perjalanan jika berangkat dari alun-alun Sukabumi. Lembah Purba di buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB (weekday) dan pukul 07.00 – 17.00 WIB (weekend).

Untuk masuk ke kawasan Lembah Purba kamu akan di kenakan biaya sebesar Rp. 400.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tiket masuk Suspensions Bridge, biaya pemandu dan juga makan siang.

Fasilitas penunjang yang telah di sediakan di Lembah Purba antara lain area parkir, toilet, perlengkapan keselamatan, dan tempat makan. Selain itu terdapat moda kendaraan untuk mengantar dan menjemput pengunjung

Trekking yang Memacu Adrenalin

Jalur trekking diawali dengan menyebrangi jembatan gantung Suspension Bridge sepanjang 243 m. Kamu akan menjelajah kawasan Lembah Purba dengan melewati 8 buah jembatan dengan tingkat keseruan yang berbeda-beda.

Sepanjang perjalanan, pemandu akan menjelaskan berbagai jenis tanaman yang ada di kawasan Situ Gunung Sukabumi. Meski melalui beberapa jalur trekking yang tidak mudah, kamu gak perlu khawatir karena sebelum berangkat kamu akan di bekali perlengkapan keamanan.

Curug Kembar Lembah Purba

Air terjun yang ada di kawasan Lembah Purba di namai Curug Kembar, karena memiliki dua buah aliran air terjun dalam satu lokasi. Curug Kembar juga memiliki ketinggian yang cukup tinggi dengan intensitas air yang sangat deras sehingga pengunjung di larang mendekati atau bermain di bawah air terjun.

Oleh karena itu, di sini sudah disediakan sebuah jembatan untuk para pengunjung. Pengunjung bisa melihat keindahan dan kemegahan air terjun dari jarak yang aman.

Bagi kamu yang berminat menjelajah kawasan Lembah Purba Sukabumi ada baiknya jika kamu menggunakan alas kaki yang tidak licin. Serta gunakan jaket apabila kamu memang tidak tahan udara dingin. (Willy/Djavatoday)

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya