Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Lembah Kaliandra Bogor, Camping Tepi Sungai yang Sejuk

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Lembah Kaliandra Bogor merupakan sebuah bumi perkemahan sekaligus objek wisata alam yang menawarkan camping tepi sungai. Daya tarik dari objek wisata alam ini adalah aliran sungai yang tidak begitu deras dengan pohon-pohon rindang yang menghiasinya. Tempat ini akan menyuguhkan nuansa alam yang sangat asri dengan hawa sejuk khas Bogor. Cocok untuk menjadi tempat healing atau refreshing saat hari libur tiba.

Bogor dengan segala pariwisata alamnya memang selalu mampu menarik perhatian khalayak ramai untuk mendatanginya. Tak heran jika kabupaten yang terkenal dengan Kota Hujan dan Kota Seribu Curug ini selalu menjadi tujuan wisatawan untuk melepas stres. Apalagi bagi mereka yang berasal dari perkotaan dengan polusi yang mengancam setiap harinya.

Nah, bagi Anda warga sekitaran Jabodetabek yang ingin melipir sejenak dari hiruk-pikuk kota, tempat ini bisa menjadi pilihan. Berkemah dan menghabiskan malam di tepian sungai yang sejuk akan terdengar menyenangkan, bukan? Namun sebelum berkunjung, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi tentang Lembah Kaliandra Bogor yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Daya Tarik Alam Lembah Kaliandra Bogor 

Menikmati damainya alam dan mengirup udara segar sepuasnya memang menjadi obat terbaik saat kita sedang bosan dengan rutinitas sehari-hari. Apalagi pemandangan yang tersaji adalah gugusan pegunungan yang akan berganti menjadi hamparan city lights saat malam hari. Lebih lengkap lagi dengan alunan merdunya aliran sungai yang menemani sepanjang malam seperti layaknya kidung pengantar tidur.

Semua itu bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Lembah Kaliandra Bogor, sebuah objek wisata sekaligus tempat berkemah yang unik. Disebut unik karena tempat ini menawarkan para pengunjung untuk berkemah di tepian sungainya yang rimbun dengan pepohonan. Saat Anda terbangun di pagi hari, Anda bisa langsung menyaksikan aliran sungai yang gemercik airnya terdengar menenangkan. Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan pegunungan yang indah memanjakan mata.

Duduk bersantai pada kursi lipat tepat sembari menghadap ke sungai sambil bertemankan secangkir kopi hangat akan menjadi healing yang asyik. Anda juga bisa bersantai dengan rebahan pada hammock yang terpasang pada pohon-pohon rindangnya. 

Aktivitas Seru di Lembah Kaliandra Bogor 

Aliran sungai yang semi deras di Lembah Kaliandra Bogor masih memungkinkan pengunjung untuk bermain air. Tak hanya pada tepiannya saja, pengunjung bisa masuk ke tengah sungai dengan berjalan pada bebatuannya. Yang membuat sungai ini terlihat indah adalah aliran sungainya yang berundak sehingga menciptakan air terjun mini di mana-mana. Ranting-ranting pohon yang penuh dedaunan hijau pun turut menghiasi sungai dan membuat areanya lebih teduh.

Sungai ini tidak begitu dalam dan tidak pula terlalu dangkal sehingga aman untuk bermain air. Anak-anak bahkan aman untuk berenang selagi dengan pengawasan orang tua. Bagi Anda, sebaiknya bermain air saja sembari berburu spot foto kece untuk Anda pamerkan ke social media. 

Jangan lupa untuk menghangatkan diri setelah menikmati kesegaran air sungainya dengan makan dan minum di warung yang tersedia. Anda bisa memesan kopi atau teh panas dengan semangkuk mi instan atau nasi goreng yang lezat. Bersantap sembari memandangi indahnya sungai dan lembah akan menjadi aktivitas yang menarik. 

Jika masih ingin berlama-lama menikmati pesona alam Lembah Kaliandra Bogor, Anda bisa memutuskan untuk berkemah. Terdapat banyak area berkemah yang tersedia, tetapi yang paling favorit adalah di tepi sungainya. Tak perlu khawatir jika Anda tak membawa peralatan camping, karena tempat ini menyediakan jasa sewanya.

HTM dan Fasilitas

Jika Anda datang tanpa berniat berkemah, biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli tiket masuknya hanya Rp5.000 per orang. Namun, jila ingin berkemah dari pagi hingga sore, biayanya adalah Rp15.000 per orang. Sementara jika Anda ingin berkemah secara penuh, biayanya adalah Rp25.000 per orang.

Terdapat biaya tambahan sebagai retribusi parkir sebesar Rp5.000 untuk motor jika tidak berkemah atau Rp10.000 jika berkemah. Untuk mobil, harganya adalah Rp10.000 tanpa berkemah atau Rp15.000 jika berkemah. Adapun fasilitas Lembah Kaliandra Bogor adalah area parkir, toilet, musala, kamar bilas, camping ground, sewa peralatan camping, saung, dan warung. 

Jam Operasional dan Alamat

Lembah Kaliandra Bogor beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Namun, khusus bulan Ramadan akan tutup dan kembali buka setelah lebaran. Alamatnya adalah Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Hanya memerlukan trekking sekitar 20-30 menit dengan jarak 1 kilometer dan medan jalan yang ramah bagi pemula. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya