Selasa, Mei 21, 2024

Lamping Kidang Kuningan: HTM, Fasilitas, dan Alamat

Lamping Kidang Kuningan merupakan sebuah wisata alam dan edukasi terpadu yang juga berfungsi sebagai bumi perkemahan. Tempat ini menyuguhkan sajian alam yang berbeda-beda tiap sisinya dari atas ketinggian. Anda bisa menyaksikan gagahnya Gunung Ceremai dengan lembahnya yang eksotis, lanskap perkotaan Kuningan, hingga Gunung Slamet dari kejauhan. Agar bisa menikmati pemandangannya lebih lama, Anda sebaiknya menginap di tempat ini dengan berkemah.

Lokasi bumi perkemahan yang satu ini juga dekat dengan bumi perkemahan yang tak kalah populer di Kuningan, yakni Buper Ipukan Palutungan. Meskipun bumi perkemahan Kidang ini baru beroperasi pada 2020 lalu, tetapi wisatawan telah banyak berdatangan dari berbagai daerah. Tren menginap di tengah sejuknya alam dengan sajian panorama yang memanjakan mata memang tengah hangat di kalangan kawula muda. Menjadi aktivitas penghibur kala stres dan penat yang mulai datang karena rutinitas harian yang terkadang membosankan.

Bagi Sobat Djava yang ingin turut meramaikan tren tersebut atau sekadar healing sembari ngopi with the view, tempat ini memang sangat cocok. Ingin mengetahui informasi lebih banyak tentang Lamping Kidang Kuningan? Mari simak dalam uraian berikut ini selengkapnya, ya!

Baca juga: Curug Putri Palutungan, Pesona Keindahan Kuningan

Keistimewaan Lamping Kidang Kuningan

Sebagai sebuah objek wisata, tempat ini tentu memiliki daya tarik yang membuatnya istimewa dan menjadi magnet bagi wisatawan. Salah satunya adalah sajian alamnya yang indah dari segala sisi yang bisa Anda nikmati dari ketinggian bukit ini. Sisi Utara tempat ini menyuguhkan keindahan perbukitan dan lembah bernama Cilengkrang yang memanjakan mata, berpadu dengan udara sejuknya. Kemudian sisi Timur tempat ini menyajikan lanskap perkotaan Kuningan hingga laut Cirebon.

Beralih ke sebelah Barat, Anda akan menemukan gagahnya pemandangan Gunung Ceremai sebagai Gunung tertinggi di Jawa Barat. Jika cuaca sedang cerah-cerahnya, Anda bahkan bisa menikmati eksotisnya sunset dan sunrise hingga pemandangan Gunung Slamet Jawa tengah, lho. Saat malam hari, Lamping Kidang Kuningan akan menyuguhkan keindahan panorama lampu kota yang kerlap-kerlip di kejauhan, alias citylights. Semua panoramanya tentu cocok menjadi latar belakang fotomu agar terlihat makin instagramable.

Objek wisata sekaligus bumi perkemahan ini juga memiliki area yang cukup luas dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Pepohonan lain pun turut memenuhi tempat ini, menciptakan spot teduh yang pas menjadi tempat bersantai sembari menikmati pemandangan alamnya. Potret alamnya yang hijau dan asri bisa menghilangkan penat dan menjadi relaksasi yang asyik.

Bumi Perkemahan dan Wisata Edukasi

Selain sebagai objek wisata, Lamping Kidang Kuningan juga berfungsi sebagai bumi perkemahan, mulai dari camping biasa hingga glamour camping (glamping). Anda bisa membawa tenda dan peralatan camping sendiri atau menyewanya dari pihak pengelola wisata dengan harga yang bervariasi. Rasakan sensasi bermalam di tengah alam yang asri dengan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Anda bisa berburu sunset dan sunrise sembari menyeruput secangkir kopi.

Anda juga bisa menikmati pemandangannya dengan berburu spot foto ketinggian yang ciamik. Seperti spot foto berupa gardu pandang, saung, dan tenda dengan latar belakang alam yang memesona. Setelah itu, Anda bisa melakukan aktivitas lain, misalnya menjajal wisata edukasi yang tersedia. Wisata edukasi tersebut adalah memerah susu sapi dan mengolah kotoran sapi menjadi pupuk yang berguna. Juga tersedia wisata pertanian sehat, di mana wisatawan bisa memetik sayur dan buah secara langsung.

HTM dan Jam Operasional

Harga tiket masuk Lamping Kidang Kuningan adalah sebesar Rp17.500 saat hari biasa dan R20.000 saat akhir pekan. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir, sumber listrik, dan juga toilet. Jika ingin menyewa tenda ataupun peralatan camping, siapkan biaya yang lebih, ya. Berikut daftar harganya untuk Anda.

Tenda kapasitas 4-6 orang Rp300.000 (termasuk kasur dan pemasangan tenda)

Paket Hore kapasitas 3-4 orang Rp340.000 (termasuk kasur, jasa bongkar pasang, dan nasi liwet)

Big Dome Family kapasitas 6-8 orang (kasur, bantal, selimut, colokan listrik, lampu, dan jasa pemasangan tenda)

Untuk paket lain dan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor 082118506579 atau kunjungi Instagram @buper_lamping_kidang. Adapun jam operasionalnya adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 00.00 WIB setiap hari. Khusus hari Sabtu, tempat ini akan buka selama 24 jam.

Fasilitas dan Alamat Lamping Kidang Kuningan

Lamping Kidang Kuningan telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Seperti area parkir yang cukup luas, toilet, musala, coffee shop, spot foto, camping area, sewa tenda, dan peralatan camping. Tersedia juga sumber listrik, penerangan, kantin, dan lainnya. Alamat tempat ini adalah Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552. Akses jalannya bisa untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. (Rismawati/Djavatoday)

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya