Rabu, Oktober 27, 2021

Kiara Artha Park Bandung, Wisata Taman Modern Paling Lengkap

Kiara Artha Park merupakan salah satu destinasi wisata berupa taman kota yang didesain dengan modern. Taman ini memiliki luas sekitar 2,9 hektar dan memiliki sub taman lainnya yang begitu menarik. Fasilitas dan wahana yang lengkap dan menarik itulah yang menjadikan banyak wisatawan untuk berkunjung. 

Kiara Artha Park dibangun pada tahun 2017 lalu dan resmi dibuka pada Agustus 2019. Meskipun terbilang masih baru, wisata ini selalu digandrungi oleh wisatawan. Hal ini didukung oleh kapasitas pengunjung yang bisa menampung sebanyak 6.000 orang. Namun, saat pandemi Covid-19, pihak pengelola wisata hanya mengizinkan maksimal 1.500 pengunjung per hari.

Baca juga:

Jika Anda mencari wisata yang memiliki banyak wahana, instagramable, dan berkonsep alam terbuka, tempat ini cocok untuk Anda. Banyak photo spot ciamik yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Wahana di Kiara Artha Park

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Kiara Artha Park ini. Terutama air mancur yang menjadi primadonanya. Penasaran, kan seperti apa keindahannya? Yuk simak artikel ini selengkapnya.

Danau dan Air Mancur Menari (Dancing Fountain)

Spot utama di Kiara Artha Park adalah danau yang luas dengan air mancur unik. Dikatakan unik karena air mancur tersebut didesain khusus sehingga menyerupai air yang sedang menari, istilahnya adalah dancing fountain. Air mancur akan menari sesuai dengan beat lagu yang diputar. Pesona keindahannya akan lebih terpancar pada malam hari karena lampu-lampu mulai menghiasi.

Atraksi dancing fountain ini biasa dilakukan pada pukul 18.30 dan 19.30 setiap hari Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk weekend akan dimulai pukul 18.30, 19.30, dan 20.30. Spot primadona ini selalu dinanti para wisatawan dan dijadikan momen untuk berswafoto.

Taman Asia Afrika

Kiara Artha Park juga memiliki taman tematik, salah satunya adalah Taman Asia Afrika. Meskipun Kiara Artha memiliki gaya yang modern, tak lantas melupakan sejarah berharga Kota Kembang tersebut. Taman ini didesain berbentuk angka delapan dengan kibaran bendera dari berbagai negara yang tergabung dalam Konferensi Asia-Afrika 1955. Selain itu, para tokoh penting dari KAA tersebut diabadikan dengan patung setengah badan yang dicantumkan dengan ringkasannya.

Taman ini bisa menjadi sarana edukasi yang baik bagi anak-anak. Ada pula rumput yang dibentuk menyerupai gajah dan panda. Anak-anak pun bisa bermain dengan leluasa karena taman ini begitu luas.

Kampung Korea

Bagi Anda para K-popers atau para hallyu, Anda harus berkunjung ke Kiara Artha Park karena terdapat Kampung Korea, lho! Setting tempatnya benar-benar bergaya khas Negeri Ginseng. Mulai dari arsitekturnya, makanannya, hingga berbagai pernak-pernik ala Korea Selatan. Anda bisa menikmati hidangan khas Korea Selatan seperti tteokbokki, jajangmyeon, kimchi, dan lainnya.

Ingin lebih merasa seperti di Korea? Anda harus menyewa hanbok yang disediakan oleh pengelola. Berfoto menggunakan hanbok di depan bangunan khas Negeri Ginseng sambil menikmati kulinernya akan menghasilkan foto instagramable.

Aktivitas Olahraga

Selain mengunjungi taman untuk berwisata, Anda juga bisa berolahraga, lho. Anda bisa joging, lari, atau bersepeda di lintasan yang disediakan. Lahannya pun luas sehingga tak akan menggangu wisatawan lainnya. Apalagi rerumputan hijaunya membuat udara segar makin terasa.

Taman Lampion

Masih ada taman tematik lainnya yang tak kalah menarik, yakni Taman Lampion atau Festival of Light. Pesonanya tentu akan lebih indah saat malam hari dengan penampakan kelap-kelip cahayanya. Disana Anda akan menemukan berbagai bentuk lampion, seperti bunga, lingkaran, dan lainnya. 

Lebih menarik lagi, lampion-lampion tersebut ditata menjadi terowongan, taman bunga, rumah, hewan, bahkan kapal pesiar. Bentuk kapal pesiar agaknya menjadi yang istimewa karena bentuknya besar dan bisa dinaiki oleh pengunjung. Cantiknya pemandangan lampion ini bisa dinikmati bersama keluarga, ataupun pasangan.

Festival

Kiara Artha Park tak hanya menyediakan berbagai wahana yang menarik, tetapi juga menyediakan atraksi dan hiburan unik. Seperti diadakannya berbagai festival atau pertunjukan musik. Namun, pandemi Covid-19 membuat kegiatan ini harus dihilangkan untuk sementara.

Fasilitas Kiara Artha Park

Wisata ini tertata begitu rapi dan dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai. Seperti tempat parkir yang luas, ruang terbuka hijau, musholla, toilet, joging track, area bersepeda, dan area bermain anak. Anda juga bisa menikmati kuliner dibeberapa restoran yang disediakan, seperti Solaria dan McDonald’s. Yang uniknya lagi adalah Anda bisa menggunakan fasilitas trem atau kereta khas negara di Eropa untuk berkeliling.

HTM dan Jam Operasional

Untuk menikmati keseruan di Kiara Artha Park ini, Anda hanya harus mengeluarkan biaya Rp.10.000. Adapun jam operasionalnya dibuka setiap hari pada pukul 10.00 hingga pukul 18.00. Namun, Anda sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu mengenai jam operasional saat pandemi ini. Anda bisa menghubungi nomor 022 2052 8888 atau kunjungi instagramnya di @kiaraarthapark.

Lokasi dan Rute

Lokasi Kiara Artha Park berada di Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40272. Anda tidak perlu tersesat karena lokasinya tepat di pusat Kota Bandung. Jadi, Anda bisa mengaksesnya dari berbagai arah. Jika masih bingung, jangan lupa gunakan Google Maps, ya.

Nah, itulah pesona dari berbagai wahana dan aktivitas di Kiara Artha Park Bandung. Super lengkap, bukan? Jangan lupa untuk patuhi protokol kesehatan jika berwisata selama pandemi, ya, Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU