Sabtu, Juni 22, 2024

Keuken Van Elsje, Wisata Kuliner Bernuansa Belanda

Keuken Van Elsje merupakan sebuah restoran yang kini menjadi wisata kuliner dengan konsep unik bernuansa Belanda. Restoran ini berdiri pada bangunan yang dahulunya merupakan sebuah rumah milik keluarga Elsje yang telah ada sejak abad 19. Dekorasinya yang serba vintage dengan barang-barang antik membuat restoran ini benar-benar cocok menjadi spot berfoto. Suasananya yang tenang seperti halnya di rumah nenek pun membuat pengunjung bisa lebih nyaman untuk bersantai sembari bersantap.

Wisata kuliner ini berlokasi di Kota Bandung dan telah mendapatkan pengakuan sebagai cagar budaya oleh pemerintahan setempat. Bandung memang tak pernah lelah untuk menawarkan ragam pariwisata yang unik dan menarik khalayak ramai. Mulai dari wisata alam, wisata kekinian, hingga wisata kulinernya yang sering kali menjadi trend center. 

Nah, kali ini Bandung mengajak Anda untuk mengunjungi salah satu wisata kulinernya yang sangat legendaris. Wisata kuliner tersebut adalah Keuken Van Elsje. Ingin tahu lebih banyal tentang restoran legendaris bertema Belanda ini? Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Sejarah dan Asal-usul Keuken Van Elsje

Restoran ini tidak serta-merta ada tanpa sejarah yang menjadikannya begitu berharga hingga menjadi cagar budaya. Pada abad 19, keluarga Elsje membangun rumah ini dengan arsitektur khas zaman dahulu. Bangunan ini dulu hanya berfungsi sebagai rumah, sedangkan restorannya berlokasi di Alun-alun Kota Bandung. Seiring berjalannya waktu, rumah ini tidak lagi dihuni dan terbengkalai.

Kevin Christian selaku generasi kelima dari keluarga Elsje pun berinisiatif untuk merenovasi rumah ini menjadi restoran. Namun, renovasi tersebut tidak mengubah arsitektur rumha ini sehingga kesan zaman dulu dan nuansa Belanda-nya tetap terasa. Kevin pun mengonsepkan restoran ini dengan tema homey yang penuh dengan dekorasi vintage. Keunikan restoran yang legendaris ini pun membuat Pemerintah Kota Bandung menjadikannya sebagai cagar budaya.

Desain Bernuansa Belanda Keuken Van Elsje

Restoran Keuken Van Elsje memiliki bangunan khas zaman dahulu yang lekat dengan desain rumah Belanda. Bagian dalamnya pun terlihat persis seperti halnya rumah yang terdiri dari ruang keluarga, dapur, kamar, dan lainnya. Hal tersebut membuat pengunjung yang datang seperti sedang makan di rumah sendiri.

Dekorasi vintage yang menghiasi setiap sudut restoran ini juga menciptakan nilai seni yang aesthetic. Dari sisi manapun, restoran ini pas untuk menjadi background fotomu agar lebih ciamik. Bersantap di restoran ini akan membuat Anda seperti sedang wisata masa lalu. Apalagi hidangan yang tersedia begitu autentik dengan resep turun temurun yang dulu menjadi langganan para pejuang kemerdekaan Indonesia, lho!

Makanan Autentik yang Turun Temurun

Keuken Van Elsje menyajikan ragam hidangan khas Belanda dan juga Indonesia dengan resep yang turun-temurun. Dalam bahasa Indonesia, “keuken” artinya adalah “dapur” sehingga nama restoran ini berarti “dapurnya Elsje”. Dari dapur Elsje ini, Anda dapat merasakan kenikmatan hidangan dengan tampilan elegan khas masakan Belanda. Namun, rasanya tetap lezat dengan ragam campuran rempah-rempah asli khas Indonesia.

Beberapa menunya adalah Bruine Bonensoep, Beet Stew, Aligot Van Elsje, Truffle Aligot, Elsje Rissole, Bitterballen dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memesan hidangan khas Eropa lainnya, lho. Restoran ini juga biasanya akan menyajikan menu khusus saat hari Natal tiba. Tampilan hidangannya cantik sehingga cocok bagi Anda yang gemar fotografi. 

Fasilitas dan Jam Operasional

Keuken Van Elsje memiliki beberapa fasilitas yang tersedia. Seperti area parkir, restoran yang nyaman, spot foto, hingga toilet. Adapun jam operasionalnya adalah mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB setiap hari. Pastikan Anda tidak memesan hidangannya lebih dari pukul 19.00 WIB, ya!

Harga dan Alamat Keuken Van Elsje

Untuk bisa menikmati hidangan khas dari berbagai negara termasuk Indonesia dan Belanda, Anda bisa memesan menunya dengan harga yang affordable. Harga menunya mulai dari Rp30.000-an dan bisa saja berubah sewaktu-waktu. Anda bisa memesan ragam hidangan mulai dari camilan, makanan berat, pastry, hingga salad. 

Keuken Van Elsje beralamat di Jl. Buton No.11, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112. Kunjungi Instagram @kaukenvanelsje atau hubungi nomor 02220528782 untuk reservasi. Anda juga bisa mereservasi restoran ini untuk acara makan-makan ataupun pernikahan. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Lawa Banyumas, Free HTM untuk 3 Curug!

Curug Lawa Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun di tengah alam yang asri. Tempat ini seolah seperti surga tersembunyi...

Lobang Timah Ciamis, Tempat Refreshing yang Recommended!

Lobang Timah Ciamis bukanlah sebuah tempat tambang, Sobat Djava, melainkan sebuah objek wisata alam yang recommended.

Leuwi Asoka Bogor, Spot Berenang Paling Sejuk!

Leuwi Asoka Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan spot berenang alami dengan udara yang sejuk.

Wisata Petik Buah Inagro, Bisa Piknik dan Field Trip!

Wisata Petik Buah Inagro merupakan objek wisata sekaligus tempat rekreasi yang asyik untuk piknik dan filed trip. Tempat ini memiliki luas hingga 35 hektare...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya