Minggu, Mei 12, 2024

Karang Para Sukabumi: Daya Tarik hingga HTM

Karang Para Sukabumi merupakan sebuh objek wisata alam sederhana yang menyuguhkan panorama alam pegunungan dari ketinggian. Anda akan melihat lanskap pegunungan yang hijau sejauh mata memandang. Sebagian Kabupaten Sukabumi pun terlihat jelas, mulai dari perkebunan, pedesaan, hingga pemukiman penduduk di kejauhan. Hawa sejuk yang mengandung udara bersih pun akan turut wisatawan dapatkan.

Selain terkenal dengan kawasan wisata Geopark Ciletuh, Sukabumi juga memiliki banyak objek wisata lain yang menarik. Seperti halnya destinasi yang memadukan konsep alam dan spot foto kekinian ini. Tempat ini cocok bagi wisatawan yang ingin healing saat weekend tiba. 

Tertarik berkunjung ke Karang Para Sukabumi? Simak terlebih dahulu informasinya di bawah ini sebagai referensi!

Daya Tarik Karang Para Sukabumi

Objek wisata alam ini memiliki beberapa daya tarik yang membuat wisatawan berdatangan untuk melihatnya. Di antaranya adalah panorama pegunungan yang gagah dengan pepohonan hijau yang membentang memanjang mata. Batu-batu karang berukuran besar dan berwarna gelap juga menjadi pemandangan yang eksotis. Batu-batu karang ini tersebar di beberapa titik, ada yang berbentuk seperti hiu dan ada yang berbentuk, mesjid, goa, dsb. 

Udara sejuk di Karang Para Sukabumi juga menjadi daya tarik tersendiri, apalagi bagi wisatawan yang terbiasa tinggal di kota besar. Semilir angin yang berhembus membuat suasana makin terasa damai dan menenangkan. Itulah mengapa tempat ini cocok menjadi spot healing dan refresh pikiran. 

Pemandangan di tempat ini akan semakin indah saat senja tiba. Anda bisa menyaksikan matahari tenggelam yang memberikan semburat jingga di cakrawala sebagai tanda malam akan tiba. Setelah berganti malam, pemandangan epik berupa lampu perkotaan atau citylights akan syahdu terlihat. Menikmatinya sembari berbincang dengan teman ataupun keluarga akan sangat menyenangkan.

Spot Foto Kekinian

Memadukan konsep alam dengan ragam spot foto kekinian menjadi tren wisata yang kini merebak di mana-mana. Termasuk di Karang Para Sukabumi yang menyediakan ragam spot foto berlatarkan panorama alam. Ada spot foto balon udara, jembatan berbentuk cinta, spot foto berbentuk bulan, sajadah terbang, dan masih banyak lagi.

Batu-batu karang yang tersebar di beberapa titik juga cocok menjadi spot foto karena nampak eksotis. Bahkan cocok menjadi spot untuk pemotretan atau prewedding. Namun, untuk bisa berfoto di beberapa spot foto tersebut Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Berkisar antara Rp5.000-Rp15.000 per spot foto.

Aktivitas Seru Lainnya

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Karang Para Sukabumi. Di antaranya adalah bersantai di gazebo yang menghadap ke arah panorama alam yang indah. Kemudian berjalan-jalan menyusuri tiap jengkal objek wisata ini, hitung-hitung joging di ketinggian, Sobat Djava. Jika lelah, Anda bisa menggelar tikar dan menaruh beberapa makanan favorit di atasnya ala-ala piknik cantik para selebgram.

Anda juga bisa bersantap nikmat di warung yang tersedia di sana atau makan di gazebo dengan hidangan dari rumah. Selanjutnya, Anda bisa mendirikan tenda dan berkemah di sana. Namun, bawalah tenda dan peralatan kemah lainnya dari rumah, ya!

Fasilitas dan Jam Operasional

Karang Para Sukabumi memiliki beberapa fasilitas yang tersedia untuk wisatawan. Terdapat area parkir yang cukup luas, toilet, musala, warung makan, spot foto, dan lainnya. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah buka selama 24 jam setiap harinya. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hingga sore hari saat musim kemarau.

Lokasi Karang Para Sukabumi

Objek wisata yang memiliki luas sekitar 12 hektare ini berlokasi di Kebonmanggu Sukabumi. Tepatnya berada di Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kec. Gn. Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43156. Letaknya berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota dengan akses jalan yang cukup baik. Kendaraan roda dua maupun empat bisa melewatinya, hanya saja jalannya sedikit menanjak.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa refreshing di Karang Para Sukabumi, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Terdapat biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua. Bagi yang ingin mengabadikan momen di spot foto, jangan lupa untuk membayar lagi, ya! (Ris/Djavatoday)

Taman Batu Purwakarta: Info HTM, Fasilitas, dan Alamat

Taman Batu Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan sensasi berenang di kaki Gunung Burangrang. Sambil berenang, kamu bisa menikmati keindahan pegunungan yang...

Sendang Lawu Karanganyar, Wisata Kuliner yang Syahdu

Sendang Lawu Karanganyar merupakan sebuah restoran dengan konsep wisata alam terbuka yang memiliki nuansa syahdu. Tempat ini memiliki banyak fasilitas menarik dengan desain yang...

Umbul Brondong Klaten: Info HTM, Fasilitas, dan Lokasi

Umbul Brondong Klaten merupakan satu dari sekian banyaknya wisata umbul yang bisa Anda temui di kabupaten ini. Objek wisata ini menawarkan sensasi berenang di...

Curug Cikaruncang Subang, Hidden Gem dengan Trek Menantang

Curug Cikaruncang Subang merupakan salah satu objek wisata alam yang tersembunyi atau hidden gem dengan panorama alam memesona. Tempat ini menyajikan keindahan air terjun...

Terpopuler

Lainnya