Minggu, Oktober 17, 2021

Kampung Singkur Pangalengan, Wisata Alam Pinggir Sungai yang Lengkap

Kampung Singkur Pangalengan merupakan objek wisata alam terkenal dengan asrinya suasana pinggir sungai. Apalagi di depan dan disekelilingnya terdapat jajaran pohon pinus yang meninggi. Objek wisata ini sering jadi tempat berlibur untuk aktivitas outbound dan camping ground. 

Berbicara mengenai Paris Van Java, memang tak pernah ada habisnya. Apalagi mengenai keindahan alamnya yang unik dan memesona. Seperti Kampung Singkur ini adalah contohnya. Penasaran seperti apa wisata outdoor ini? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Pesona Kampung Singkur Pangalengan

Baca juga:

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Kampung Singkur Pangalengan menyuguhkan wisata alam dengan suasana di pinggir sungai. Dengan kelebaran yang cukup luas dan aliran yang tidak terlalu deras membuat pengunjung tenteram meski hanya duduk saja. Menikmati alamnya seolah bisa me-recharge semangat menjalani hari. 

Sungai yang mengalir benar-benar masih asri, bersih, dan memiliki bebatuan yang melukiskan keeksotisan. Di satu sisinya terdapat hutan pinus, sedangkan di sisi lainnya terdapat area camping ground dan penginapan. Wisata ini cocok untuk rombongan atau keluarga.

Camping Ground dan Penginapan

Para wisatawan yang berkunjung biasanya sudah mengincar untuk camping di pinggir sungai. Kampung Singkur ini juga memang memiliki area yang luas untuk menampung tenda wisatawan. Anda juga bisa mendirikan tenda di hutan pinusnya dan memasang hammock untuk bersantai. Para wisatawan juga bisa menikmati camping sambil memasak bersama kawan-kawan. 

Untuk Anda yang tidak ingin camping menggunakan tenda, tersedia banyak penginapan dengan desain tradisional. Penginapan ini menghadap langsung ke sungai dan merupakan sejenis rumah panggung atau rumah kayu. Anda bisa merasakan bagaimana hangatnya susana rumah khas Parahyangan sambil mendengarkan gemericik air sungai.

Outbound

Selain Camping Ground, Anda bisa melakukan aktivitas lain yang lebih menantang. Seperti arung jeram, flying fox, rafting, off-road, tubing trip, dan paint ball. Keseruan arung jeram adalah yang paling banyak dipilih karena memberikan sensasi yang berbeda. Soal keamanan, semua wahana outbound tersebut memiliki pengamanan yang maksimal sehingga wisatawan tak perlu khawatir.

Aktivitas lainnya

Kampung Singkur Pangalengan memiliki alam yang asri dan eksotis. Panoramanya sayang jika tidak diabadikan dalam bentuk foto. Ada banyak spot foto yang menjadi favorit wisatawan. Seperti di jembatan sungai, tangga menuju hutan pinus di seberang sungai, di penginapan, ataupun saat camping ground. 

Ada banyak lagi spot foto lain yang akan menghasilkan foto yang instagramable. Aktivitas lainnya adalah memasak dan makan bersama kawan atay keluarga. Anda bisa menggelar tikar dan menyantap makanan hangat bersama di tengah sejuknya udara. Menyusuri sungai di bebatuan juga wajib dicoba, termasuk berbaring santai di hammock menikmati pesona alam ciptaan Sang Pencipta

Fasilitas Kampung Singkur

Fasilitas Kampung Singkur Pangalengan terbilang sudah memadai. Anda bisa menggunakan fasilitas seperti toilet, area parkir, mushola, spot foto yang instagenic. Juga terdapat fasilitas penginapan dengan jumlah relatif banyak, restoran dan tempat makan lain, camping ground, dan wahana lainnya.

Informasi Tiket

Untuk tiket masuk ke Kampung Singkur Pangalengan, Anda hanya perlu membayar Rp.10.000 saja. Adapun harga tiket untuk bisa mengakses fasilitas dan wahana lain adalah sebagai berikut.

Rafting dan Tubing Trip mulai dari Rp.50.000

Camping Ground mulai dari Rp.50.000

Offroad Rp. 200.000

Paintball mulai dari Rp.75.000

Flying Fox mulai dari Rp.20.000

Penginapan mulai dari Rp.600.000 per unit

Lokasi dan Jam Operasional

Wisata ini berlokasi di Jl. Raya Situ Cileunca KM. 4 Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dari alamatnya, dapat diketahui bahwa objek wisata ini memang berdekatan dengan objek wisata Situ Cileunca. Jarak tempuh dari pusat Kota Bandung adalah sekitar 50 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan melihat indahnya potret perkebunan teh yang hijau memanjakan mata. Untuk mengakses lokasinya, Anda hanya tinggal ikuti peta Gmaps atau ikuti petunjuk jalan yang dipasang. Anda juga bisa menanyakan rutenya kepada warga sekitar agar lebih pasti. Adapun jam operasional wisata ini buka setiap hari setiap pukul 7 pagi hingga 7 malam

Itulah beberapa informasi mengenai wisata alam Kampung Singkur Pangalengan, Bandung. Untu informasi reservasi penginapan dan arung jeram, Anda bisa menghubungi nomor 089663991246. Untuk memastikan informasi karena dikhawatirkan terjadi kebijakan yang diubah, sebaiknya Anda menghubungi pihak pengelola. Anda bisa mengakses instagramnya di @kampungsingkur.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU