spot_img
Rabu, November 30, 2022
spot_img

Kampung Kolecer Tasikmalaya, Wisata Nuansa Budaya Sunda

DJAVATODAY.COM, WISATA TASIKMALAYA – Salah satu tempat unik dengan kearifan lokal yang wajib anda kunjungi. Adalah Kampung Kolecer Tasikmalaya, di kampung Wangun, Desa Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Kolecer dalam bahasa Indonesia berarti baling-baling yang terbuat dari bambu. Kolecer merupakan salah satu permainan tradisional yang populer di tanah sunda. Kampung Kolecer ini digagas oleh Kepala Desa Cisayong Yudi Cahyudin. Yang kemudian disambut antusias oleh warga setempat.

Yaya Sonjaya, Tim Kreator Kampung Kolecer mengatakan Kampung Kolecer ini sebagai wujud kepedulian terhadap permainan tradisional sunda. Terutama dari pemerintah desa dan kasepuhan di wilayah tersebut.  Kolecer ini sudah ada sejak zaman dulu.

“Kampung Kolecer Tasikmalaya ini sengaja digagas sekaligus untuk mengenalkan kolecer kepada anak generasi sekarang. Anak-anak dilatih cara membuatnya,” ungkapnya, Senin (3/8/2020).

Yaya mengakui, kolecer saat ini mulai dilupakan. Anak-anak zaman sekarang lebih memilih permainan modern atau bemain game di gadget dari pada bermain di tanah lapang.

Seoarng inisiator Kampung Kolecer Egi Supriadi menuturkan, kolecer memiliki filosofi dan makna yang sangat tinggi. Kolecer bisa dikatakan cerminan hidup yang kita jalani. “Ketika kita mendapat kesuksesan, maka harus berhenti sejenak untuk merenung dan instropeksi,” katanya.

Kepala Desa Kades) Cisayong Yudi Cahyudin mengungkapkan pihak pemerintah desa sangat mendukung dibangunnya Kampung Kolecer Tasikmalaya ini. Menurutnya dalam putaran kolecer bisa diambil makna bahwa sebagai manusia harus memutar otak memikirkan pembangunan dan kemajuan desa.

“Ini sebagai bentuk kreatifitas warga, sebuah karya untuk kemajuan desa. Sekaligus bukti kerja keras serta gotong royong masyarakat,” terangnya.

Ia mengajak kepada wisatawan dimana saja, yang ingin bernostalgia dengan permainan sunda bisa datang ke kampung kolecer. Selain bisa memainkan kolecer, juga bisa menikmati suasana area persawahan yang indah dengan angin yang sepoy-sepoy.  “Bagi yang ingin melestarikan permainan sunda silahkan datang kesini di Desa Cisayong,” ucapnya.

Yudi menyatakan Kampung Kolecer Tasikmalaya ini mengembalikan dan mengenalkan permainan tradisional kepada anak sekarang. Agar kolecer ini tak tergerus oleh zaman.  (AY/djavatoday)

Kebun Buah Mangunan: Harga Tiket, Lokasi, hingga Daya Tarik

Kebun Buah Mangunan merupakan sebuah objek wisata alam yang memiliki keunikan tersendiri, yakni banyaknya perkebunan buah-buahan. Kepopuleran tempat ini juga berasal dari panoramanya yang...

Kawah Talaga Bodas, Info Wisata Baru Garut, Harga dan Fasilitas

Kawah Talaga Bodas merupakan salah satu objek wisata yang ada di Daerah Garut yang hampir sama dengan wisata kawah putih di Bandung. Kedua wisata...

Waduk Wadaslintang Wonosobo: Pesona, Lokasi, hingga Fasilitas

Waduk Wadaslintang Wonosobo akhir-akhir ini banyak menjadi perbincangan warganet karena potretnya yang menakjubkan. Pemandangan alam berupa danau buatan yang memiliki pesona perbukitan di sekelilingnya ini begitu menarik perhatian. Dokumentasi keindahan gemuruh airnya yang berbuih putih seperti awan menjadi yang paling banyak berseliweran. Membuat warganet ingin pergi ke sana untuk liburan.

Curug Nyogong Garut: Info HTM, Lokasi, dan Fasilitas

Curug Nyogong Garut merupakan satu dari sekian banyaknya wisata air terjun terindah di Swiss Van Java. Gemuruh dan derasnya aliran air membuat kita seolah...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya