Senin, Juli 15, 2024

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare. Objek wisata ini sering kali menjadi spot healing dan nongkrong para anak muda sembari ngopi atau mencicipi kulinernya. Dari danau ini juga wisatawan bisa melihat indahnya Gunung Burangrang yang hijau memanjakan mata. Nuansa sejuk khas pegunungan pun menciptakan kedamaian dan kesyahduan.

Meskipun danau ini alami, tampilannya kini sudah lebih kekinian dengan banyak spot yang bisa kamu eksplorasi. Letaknya cukup dekat dengan Curug Cipurut dan berbagai wisata alam lain yang tak kalah memesona. Jaraknya juga tak begitu jauh dengan Taman Air Mancur Sri Baduga yang juga menjadi ikon dari kabupaten ini. Aksesnya pun tak menyulitkan pengunjung, bahkan untuk kamu yang pernah mudik ke arah Bandung pasto tak asing dengan danau ini.

Jika kamu sedang berada di Purwakarta atau ingin nongkrong dengan nuansa syahdu, objek wisata ini bisa menjadi pilihannya. Untuk referensi sebelum berkunjung, kamu sebaiknya menyimak terlebih dahulu informasi dalam artikel ini. Kami akan memaparkan hal-hal penting dan menarik seputar Situ Wanayasa Purwakarta dalam uraian berikut ini. Simak selengkapnya, Sobat Djava!

Baca juga: Curug Wangun Subang, Pesona Air Terjun Setinggi 220 Meter

Harga Tiket Masuk Situ Wanayasa Purwakarta

Untuk bisa menikmati keindahan danau di kaki Gunung Burangrang ini, kamu harus menyiapkan uang untuk membayar tiket masuknya. Tak perlu mahal-mahal karena harga tiket masuknya hanya Rp5.000-Rp10.000 saja per orangnya, lho. Bagi kamu yang membawa kendaraan, siapkan uang sebagai retribusi biaya parkir. Kisarannya adalah Rp5.000 per unit motor dan Rp10.000 per unit mobil.

Harga tiket tersebut bisa berubah kapan saja karena tidak bersifat permanen. Untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan, jangan lupa siapkan dana guna keperluan lainnya. Seperti menaiki perahu bebek, menjajal kuliner kaki lima yang lezat, atau nongkrong di kedai kopinya. Situ Wanayasa Purwakarta juga menyediakan wahana ATV yang bisa kamu coba untuk mengelilingi tepian danaunya.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa Sobat Djava gunakan selama liburan di sana. Fasilitas tersebut terdiri dari area parkir kendaraan yang luas, toilet umum, dan musala yang lengkap dengan tempat wudhu. Tersedia juga banyak spot foto, bangku-bangku, joging track, pedagang kaki lima, hingga restoran, kafe, dan kedai kopi. Kedai kopi di sini banyak yang menghadap ke view danau, lho.

Situ Wanayasa Purwakarta sebenarnya bisa kamu kunjungi kapan saja selama 24 jam setiap hari. Namun, biasanya wisatawan datang mulai pukul 06.00 sampai pukul 18.00 WIB setiap harinya. Untuk mendapatkan momen sejuknya, sebaiknya kamu datang saat pagi hari. Namun, jika ingin mendapatkan nuansa syahdu, silakan datang saat sore hari pada saat sunset.

Alamat Lengkap

Danau yang berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut ini berlokasi di Kecamatan Wanayasa. Alamat lengkapnya adalah Desa Wanayasa, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota dan terletak di jalan raya yang menghubungkan Purwakarta dengan Subang.

Daya Tarik Situ Wanayasa Purwakarta

Nongkrong di pinggir danau yang menyajikan panorama indah dengan latar pegunungan tentu akan menjadi healing yang menyenangkan. Aktivitas ini bisa kamu lakukan di objek wisata Situ Wanayasa Purwakarta yang terletak di kaki Gunung Burangrang. Situ atau danau ini memiliki luas 7 hektare dengan sebuah pulau kecil di tengahnya yang konon menjadi tempat peristirahatan terakhir para kiyai.

Danau ini menyuguhkan udara segar dengan hawa sejuk dan suasana alam yang asri dengan banyak pepohonan yang rindang. Pesona danau ini akan lebih eksotis saat momen sunset tiba, para penggemar fotografi biasanya akan mengabadikannya lewat lensa kamera. Untuk bisa menyusuri keindahan danau ini lebih dekat, kamu bisa menyewa perahu bebek dengan kapasitas 2 hingga 3 orang seharga Rp10.000-Rp20.000.

Tepian Situ Wanayasa Purwakarta juga telah tertata dengan baik sehingga bisa kamu gunakan untuk sekadar duduk santai atau berolahraga. Jika ingin memancing, kamu bisa melakukannya atas seizin petugasnya. Wisatawan juga bisa menyewa hammock untuk bersantai dengan harga Rp10.000. Jangan lupa untuk menikmati segelas kopi atau bersantap nikmat di restoran atau kafe terdekat sembari menikmati syahdunya Danau Wanayasa! (Rismawati/Djavatoday)

Pasir Gowong Tasikmalaya, Wisata Alam dengan HTM Gratis

Pasir Gowong Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan alam berupa pegunungan dari atas bukit.

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya