Minggu, Juli 14, 2024

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang begitu jernih hingga ke dasarnya, pasir putih yang halus, hingga gugusan batu karangnya. Tak tanggung-tanggung, batuan karang yang terdapat di pantai ini memiliki ukuran yang besar hingga membentuk pulau. Kebersihan pantai ini pun masih terjaga dengan sangat baik karena masuk dalam area konservasi.

Meskipun pantai ini tak sepopuler pantai lainnya, tetapi keindahan surgawinya sering kali membuat warga sekitar ingin datang lagi dan lagi. Pantai yang berlokasi di pesisir selatan Pulau Jawa ini pun memiliki beberapa fasilitas yang akan membuat liburanmu makin seru. Ombaknya yang tak terlalu besar juga menjadi spot bagi wisatawan untuk bisa mengeksplorasi keeksotisannya lebih jauh.

Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan, Pantai Gatra Malang agaknya wajib masuk list paling atas. Sebelum berkunjung, sebaiknya Sobat Djava menyimak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir sebagai referensi. Kami akan memberikan ragam informasi menarik dan penting untuk kamu ketahui sebelum berlibur di pantai ini. Yuk, simak selengkapnya dalam paparan berikut ini!

Baca juga: Kopi Keceh Malang, Serunya Ngopi Sambil Main Air!

Harga Tiket Masuk Pantai Gatra Malang

Salah satu informasi penting tentang objek wisata yang termasuk hidden gem ini adalah harga tiket masuknya. Tak perlu menguras kantong, harga tiket masuknya hanya senilai Rp10.000 per orang dengan biaya sumbangan mangrove Rp5.000. Untuk biaya parkir kendaraan, besarannya adalah Rp5.000 per unit motor dan Rp10.000 per unit mobil.

Objek wisata Pantai Gatra Malang juga menyediakan area berkemah bagi kamu yang masih betah berlama-lama di sana. Harga sewa area campingnya adalah Rp25.000. Wisatawan yang tidak membawa tenda atau peralatan lainnya juga bisa menyewanya dari pihak pengelola wisata.

Selain bisa berkemah, wisatawan juga dapat menjelajahi area bibir pantai menggunakan kano seharga Rp25.000 sampai Rp50.000. Tersedia juga sewa perahu karet dengan biaya Rp50.000. Kemudian sewa 2 kursi pantai untuk bersantai biayanya adalah Rp50.000. Agar liburanmu lebih seru, kamu bisa menyewa jasa tour guide dengan rate harga Rp50.000 hingga Rp100.000 saja, lho.

Fasilitas dan Alamat

Objek wisata alam Pantai Gatra Malang ini belum begitu terkenal dan masih memiliki fasilitas yang terbilang minim. Hanya tersedia area parkir, camping ground, dan toilet umum. Akan tetapi, pantai ini menyediakan fasilitas seru lain seperti kano, konservasi mangrove, spot foto alami, dan lainnya.

Jika kamu mengambil titik dari Alun-alun Kota Malang, jarak yang harus kamu tempuh menuju ke pantai ini adalah sekitar 65 kilometer. Akses jalannya cukup baik, tetapi kamu harus melakukan treking sebelum ke pantainya. Medan jalannya cukup baik berupa paving dengan pohon-pohon hijau menyegarkan sepanjang jalan.

Alamat Pantai Gatra Malang adalah di Sendang Biru, Sitiarjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bisa kamu tempuh dalam waktu sekitar 2 jam dari dari pusat kota. Tempatnya berdekatan dengan Pantai Tiga Warna dan Pantai Clungup.

Jam Operasional dan Aturan Penting

Sobat Djava bisa mengunjungi pantai ini mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Namun, tempat ini tetap beroperasi 24 jam jika ada wisatawan yang camping untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Aturan penting di pantai ini adalah tidka boleh membuang sampah atau kamu akan terkena denda Rp100.000 per satu sampah. Wisatawan yang camping juga tak boleh menyalakan perapian demi menjaga area pantai, sebagai gantinya ada tungku khusus untuk keperluan memasak.

Daya Tarik Pantai Gatra Malang

Pesona utama dari pantai adalah air lautnya yang sebening kaca hingga wisatawan bisa melihat dasarnya. Pasir pantainya yang putih pun begitu lembut, cocok untuk bermain sepak bola atau bola voli pantai. Panorama eksotis dari pantai ini tak lengkap tanpa adanya gugusan batu karang yang berukuran besar dengan warna hijau di pucuknya. Kamu bahkan bisa menemukan pulau karang di tengah laut yang indah seperti halnya di Raja Ampat.

Keberadaan gugusan batu karang tersebutlah yang menahan dan memecah ombak besar pantai selatan ini. Tak heran banyak wisatawan yang kerap berenang atau bermain air di bibir pantai karena memang ombaknya cukup aman. Jangan lupa untuk berswafoto berlatarkan Pantai Gatra Malang yang indah, ya. Terakhir, jangan lewatkan untuk mengunjungi konservasi mangrovenya yang masih terjaga asri. (Rismawati/Djavatoday)

Pasir Gowong Tasikmalaya, Wisata Alam dengan HTM Gratis

Pasir Gowong Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan alam berupa pegunungan dari atas bukit.

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya