spot_img
Jumat, Januari 27, 2023
spot_img

Kebun Buah Mangunan: Harga Tiket, Lokasi, hingga Daya Tarik

Kebun Buah Mangunan merupakan sebuah objek wisata alam yang memiliki keunikan tersendiri, yakni banyaknya perkebunan buah-buahan. Kepopuleran tempat ini juga berasal dari panoramanya yang ciamik, berhiaskan kabut tebal membuatnya bak negeri di atas awan. Gugusan perbukitan hijau pun terlihat sejauh mata memandang, menyejukkan, dan memanjakan para wisatawan. Pesona alam Yogyakarta di ketinggian ini cocok menjadi rekomendasi liburan saat akhir pekan.

Apalagi banyaknya fasilitas liburan yang tersedia akan membuat aktivitasmu di sana lebih menyenangkan. Terlebih jika melakukannya bersama teman, keluarga, ataupun pasangan. Jika Anda tertarik mengunjunginya, simak terlebih dahulu informasinya berikut ini sebagai referensi, ya!

Baca juga: Rekomendasi Wisata Yogyakarta Paling Seru untuk Liburan

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Berlibur di tempat yang menenangkan jiwa dan pikiran dengan sajian view yang memanjakan mata, tak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya. Seperti halnya saat berlibur di Kebun Buah Mangunan yang mematok biaya tiket masuk Rp7.000 saja per orangnya. Harganya sedikit naik saat akhir pekan tiba, yakni menjadi Rp8.000 per orang. Tetap terjangkau, bukan?

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, akan ada biaya tambahan retribusi parkir sebesar Rp2.000 per motor. Sementara itu, bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat, harus mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000. Harga tiket masuk dan retribusi parkir ini bersifat relatif dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai aturan pihak pengelola wisata. Hubungi nomor 081904115762 untuk informasi terbaru lebih lanjut.

Fasilitas dan Jam Operasional

Mematok harga tiket masuk yang terjangkau, tak lantas berarti tempat ini minim fasilitas. Ada banyak fasilitas penunjang untuk memudahkan aktivitas liburan wisatawan di Kebun Buah Mangunan. Di antaranya ada area parkir yang cukup luas, warung makan, toilet, taman, taman bermain anak, dan ruang meeting. Berbagai spot menarik seperti kebun buah dan sayur serta hutan Pinus juga ada, lho.

Jangan khawatir mati gaya ketika berlibur di sini, Anda bisa mencoba berbagai fasilitas permainan yang tersedia. Seperti reflying, outbond area, flying fox, hingga camping ground. Bagi Anda yang ingin bermalam di sana, tetapi tak ingin tidur di tenda, tersedia penginapan yang bisa Anda sewa.

Adapun jam operasional objek wisata Kebun Buah Mangunan ini mulai pukul 05.00-18.00 setiap hari. Jam buka yang terlalu pagi tersebut bukan tanpa alasan. Mengingat tempat ini memang menjadi salah satu sunrise point terbaik dengan pemandangan yang epik. Pagi dan sore hari menjadi waktu terbaik untuk menikmati alamnya, apalagi saat musim hujan tiba, di mana kabut menggantung menyebarkan pesonanya.

Lokasi dan Akses Jalan

Kebun Buah Mangunan berlokasi di Jl. Imogiri-Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta 55783. Melansir sikidang.com, lokasinya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Tempatnya berada di kawasan pegunungan seribu, tak heran udara di sana begitu sejuk.

Akses jalan menuju lokasinya menanjak dan cukup terjal, tetapi jalannya sudah beraspal. Bagi Anda yang membawa kendaraan kecil bisa memarkirkan kendaraan hingga area wisata. Namun, jika membawa kendaraan besar biasanya hanya bisa parkir di lokasi yang berjarak 600 meter dari gardu pandang.

Pesona Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan ternyata tak sesimpel namanya. Tempat ini memang memiliki area perkebunan berbagai jenis buah dan sayuran. Namun, keindahan alamnya lah yang banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Potret gugusan pegunungan yang membentang dengan kabut putih yang menggantung menjadi panorama yang menakjubkan.

Itulah mengapa tempat ini sering kali mendapat julukan ‘negeri di atas awan’. Suasananya yang damai dengan sentuhan angin yang berhembus membuat wisatawan betah berlama-lama bersantai di sana. Apalagi saat pagi dan sore hari, mereka berbondong-bondong menikmati sajian rona jingga saat sunrise dan sunset. Ini adalah tempat healing yang patut Anda coba!

Area Kebun Buah Mangunan juga juga cukup luas, lho. Berjalan-jalan mengelilingi areanya sembari melihat eloknya karya Sang Pencipta bisa menjadi pengalaman yang berharga. Tak jauh dari area utamanya, terdapat hutan pinus yang bisa menjadi pemberhentian selanjutnya. Eksotisme pepohonan yang tinggi menjulang di tengah sejuknya udara Yogyakarta menjadi daya tarik yang memesona.

Anda juga tentunya bisa melihat perkebunan buah dan sayuran yang ada di sana. Ada berbagai macam buah yang biasanya tertanam di ladangnya. Seperti durian, salak, jambu air, jeruk, mangga, dan masih banyak lagi. Namun, buah-buahan tersebut tentunya tumbuh saat musimnya saja, ya.

Spot Foto Ciamik

Kebun Buah Mangunan bisa menjadi rekomendasi tempat hunting bagi para fotografer. Bagaimana tidak, panorama alamnya begitu cocok untuk terabadikan lewat lensa kamera. Bahkan tempat ini sering kali menjadi pilihan para calon pengantin untuk melakukan sesi foto prewedding. Pihak wisata juga menyediakan beberapa spot foto kekinian yang bisa wisatawan jajal.

Pastikan Anda berkunjung saat musim hujan jika ingin melihat potret ‘negeri di atas awan’ Kebun Buah Mangunan. Agar bisa mendapatkan panorama terbaiknya, sebaiknya Anda datang saat pagi dan sore hari. Saat siang, matahari bisa terasa terik meskipun angin cukup kencang. Jika ingin puas berfoto dengan suasana yang lebih damai, datanglah saat weekday, ya! (Ris/Djavatoday)

Curug Tujuh Cibolang, Pesona Air Mata Raja

Curug Tujuh Cibolang merupakan objek wisata alam berupa air terjun yang berlokasi Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. Seperti namanya, air terjun ini benar-benar terdiri dari tujuah buah air terjun dalam satu kawasan yang bisa memanjakan wisatawan. Masing-masing air terjunnya berada pada titik lokasi yang berdekatan, dengan rentang 2 meter hingga kurang dari 1 kilometer. Tiap air terjun tersebut juga memiliki nama dan daya tariknya tersendiri yang memesona.

Cadas Ngampar Ciamis: Tiket, Fasilitas, hingga Lokasi

Cadas Ngampar Ciamis merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan keseruan bermain air di sungai alami. Tak hanya itu, tempat ini juga menyuguhkan panorama alam yang memanjakan mata dan menyegarkan pikiran. Mulai dari panorama sungai dengan bebatuannya yang terhampar, terasering sawah yang hijau, pegunungan, dan pepohonan yang menyejukkan. Wisatawan yang ingin merasakan kesejukan khas pedesaan, tempat wisata ini akan sangat cocok.

Bukit Pinus Paseban Camping Ground

BukitĀ  Pinus Paseban merupakan sebuah bumi perkemahan yang menyuguhkan suasana hutan pinus yang damai dan eksotis. Lokasinya berada di Kota Hujan, Bogor, sehingga panorama...

Karang Para Sukabumi: Daya Tarik hingga HTM

Karang Para Sukabumi merupakan sebuh objek wisata alam sederhana yang menyuguhkan panorama alam pegunungan dari ketinggian. Anda akan melihat lanskap pegunungan yang hijau sejauh...

Terpopuler

Lainnya