Sabtu, Juli 13, 2024

Curug Cilamaya Purwakarta, Pesona di Kaki Gunung Sunda

Curug Cilamaya Purwakarta bisa menjadi destinasi bagi Sobat Djava yang tengah mencari tempat healing untuk liburan. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang menawan dengan hawa sejuk yang akan memanjakanmu. Letak air terjun ini berada di kaki Gunung Sunda atau dekat dengan Gunung Burangrang sehingga berada di dalam hutan. Meskipun harus menembus hutan, lelahmu akan terbayar dengan keindahan air terjunnya saat sampai.

Air terjun ini secara administratif berada di perbatasan dua kabupaten, yakni Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta. Dua kabupaten yaitu memiliki segudang tempat wisata alam maupun kekinian yang sering menjadi tujuan liburan wisatawan dari berbagai daerah. Topografi pegunungan dan perbukitan dari dua kabupaten ini memang membawa keberuntungan karena menyimpan tempat-tempat yang memesona.

Bagi Sobat Djava yang ingin healing ke tempat yang jauh dari bising dan hiruk-pikuk perkotaan, Curug Cilamaya Purwakarta adalah pilihannya. Hal tersebut karena curug ini belum begitu terkenal dan terbilang jarang terjamah oleh banyak manusia. Ingin tahu informasi lengkap tentang objek wisata alam ini? Simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini, ya!

Baca juga: Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Harga Tiket Masuk Curug Cilamaya Purwakarta

Objek wisata ini belum merilis informasi resmi tentang besaran harga tiket masuknya karena pengelolaannya belum begitu baik. Namun, kamu bisa memberikan uang seikhlasnya kepada orang yang berjaga nanti sekalian dengan biaya parkirnya. Kamu juga bisa bertanya langsung kepada orang yang berjaga tentang harga tiket masuk atau tiket camping. Jadi, jangan lupa untuk membawa uang, ya.

Fasilitas dan Jam Operasional

Curug Cilamaya Purwakarta merupakan sebuah hidden gem yang belum begitu populer di kalangan wisatawan. Fasilitasnya pun belum begitu lengkap dan beberapa masih dalam tahap pembangunan. Oleh karena itu, jika kamu ada keperluan ke toilet, musala, parkir kendaraan, ataupun perbekalan, sebaiknya memanfaatkan pemukiman warga.

Adapun jam operasional objek wisata air terjun ini adalah mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Hindari berkunjung saat musim hujan karena akses jalannya akan sangat licin dan becek, warna airnya pun khawatir mengeruh. Datanglah sedari pagi agar bisa berlama-lama menikmati curugnya sebelum hari mulai gelap.

Alamat Lengkap

Objek wisata Curug Cilamaya Purwakarta bisa kamu tempuh dari dua kabupaten, yakni Purwakarta dan Subang. Letaknya berada di kaki Gunung Sunda atau sekitar 34 kilometer dari pusat kota Purwakarta dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Alamat lengkapnya adalah Selaawi, Cipancar, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282.

Akses jalannya sebagian sudah bagus, tetapi lebar jalan cukup sempit sehingga akan merepotkan jika ada mobil berlawanan arah. Dari area parkir atau pemukiman warga, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Kamu akan melewati jalan setapak dengan semak di kedua sisi, kebun manggis, kebun cengkeh, dan pematang sawah. Kemudian akan menyeberangi sungai kecil, hingga mendaki area hutan dengan kontur menanjak. Gunakan alas kaki yang sesuai dan baju panjang agar perjalananmu nyaman. Jika takut tersesat, kamu sebaiknya bertanya atau meminta warga lokal untuk menjadi guide ke Curug Cilamaya Purwakarta.

Daya Tarik Curug Cilamaya Purwakarta

Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan ketinggian yang mencapai 35 hingga 40 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini memiliki aliran yang cukup deras dengan bentuk vertikal sehingga menciptakan pemandangan yang eksotis. Warna airnya yang putih jernih begitu kontras dengan dinding tebing yang berwarna gelap. Pohon-pohon dan vegetasi alam di sekitarnya yang berwarna hijau turut menciptakan pemandangan yang memesona.

Jatuhan airnya akan membentuk sungai yang selanjutnya bernama sungai Cilamaya di mana alirannya sampai ke kabupaten Karawang. Kamu bisa bermain air atau berswafoto di area sungainya. Suguhan udara bersih dengan hawa yang sejuk tak jarang membuat wisatawan menikmatinya sembari menyeduh kopi atau teh panas dengan ragam camilan. Wisatawan juga terkadang barbeque hingga mendirikan tenda untuk menginap selama semalam.

Itulah beberapa informasi tentang Curug Cilamaya Purwakarta yang cocok untuk menjadi destinasi liburanmu selanjutnya! (Rismawati/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya