Sabtu, Juli 20, 2024

Harga Simaksi Gunung Ciremai Via Apuy yang Terbaru

Harga Simaksi Gunung Ciremai kini cukup ramai dibicarakan oleh kalangan pendaki. Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi atau yang dikenal Simaksi menjadi syarat utama untuk melakukan pendakian.

Gunung Ciremai yang merupakan atap Jawa Barat semakin ramai dikunjungi pasca pandemi. Dengan ketinggian 3.078 Mdpl, Ciremai memiliki keindahan yang membuat para pendaki ingin berkunjung. Wilayah Gunung Ciremai terbagi menjadi beberapa kota yaitu Kuningan, Majalengka dan Cirebon. Sehingga untuk mencapai puncaknya terdapat beberapa jalur yang bisa dilalui, di antaranya Via apuy, via linggarjati, Via Linggasana, Via Sadarehe.

Gunung Ciremai Via Apuy

Via apuy yang terletak di Kabupaten Majalengka menjadi salah satu jalur favorit para pendaki karena terkenal dengan jalurnya yang pendek. Ini tentu didukung juga dengan letak basecamp Apuy yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 Mdpl. Sehingga dapat memangkas jarak tempuh untuk sampai di puncak.

Terdapat 5 pos yang akan dilalui, sehingga pos terakhir yang biasa untuk camp adalah pos 5. Meskipun jalan yang dilalui cukup terjal, namun kontur tanah yang dihiasi akar tidak terlalu menyulitkan pendaki. Kekurangan dari ciremai via apuy ini tidak adanya sumber air yang dapat digunakan. Sehingga pendaki harus benar-benar mepersiapkan persediaan air dari basecamp mula.

Harga Simaksi Gunung Ciremai Via Apuy

Untuk kali ini kita akan bahas harga simaksi gunung ciremai via apuy yang sering menjadi pertanyaan para pendaki. Adapun harga simaksi via apuy ini Rp. 75 Ribu, harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, voucher makan 1 kali yang dapat digunakan sebelum atau sesudah pendakian, sertifikat, serta asuransi. Harga simaksi ini dapat dikatakan cukup mahal dibanding dengan gunung lain di Jawa yang berkisar 15 – 35 ribu. Meskipun harganya cukup mahal tapi fasilitas serta keamanannya sesuai diengan harga.

Hal yang harus diperhatikan sebelum mendaki gunung ciremai adalah booking online terlebih dahulu. Para pendaki terlebih dulu melakukan pendaftaran secara online dengan biaya 20 ribu pada web resmi. Selain itu, apabila pendaki bingung untuk akses menuju basecamp, tentu saja terdapat sewa mobil pick up.

Adapun harga sewa mobil pick up yaitu Rp. 300 ribu permobil untuk pemberangkatan dan penjemputan kembali. Harga tersebut sudah termasuk sewa homestay untuk menginap sebelum melakukan pendakian. Jarak dari homestay menuju basecamp sekitar 10 – 15 menit dengan menggunakan mobil. Jalur menuju basecamp yang menanjak dan berkelok serta dikelilingi perkebunan membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Harga sewa mobil dan homestay biasanya tergantung dengan dimana tempat menyewanya. Karena beberapa warga lokal mempersilakan rumahnya untuk dijadikan sebagai homestay. Namun, perkiraan harganya tidak akan jauh dari Rp. 300 ribu.

Nah, itu dia harga simaksi gunung ciremai via apuy yang sering menjadi pertanyaan pendaki. Meskipun sudah dijamin dengan asuransi para pendaki harus tetap memiliki persiapan yang matang. Stay save and stay healthy. (Pas/Djavatoday)

Coban Srikandi Malang: HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Coban Srikandi Malang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang masih asri.

Curug Gede Damar Payung: HTM hingga Daya Tariknya

Curug Gede Damar Payung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Meskipun tak setinggi curug lainnya yang mencapai puluhan...

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya, Bisa Camping dan Renang!

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam baru yang cocok menjadi tempat untuk healing atau sekadar refreshing. Tempat ini juga menyediakan fasilitas...

Kebun Durian Sangiang Bedil, Wisata Sumedang Bernuansa Bali

Kebun Durian Sangiang Bedil merupakan sebuah objek wisata sekaligus spot staycation di Sumedang yang cukup lengkap. Tempat ini menyediakan berbagai macam fasilitas liburan yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya