Minggu, Juli 14, 2024

Goa Jatijajar Kebumen: Daya Tarik hingga Diorama Unik

Goa Jatijajar Kebumen merupakan sebuah objek wisata yang unik karena menyajikan ragam keseruan di tengah indahnya alam. Bukan pantai, air terjun, ataupun perbukitan, tetapi alam yang indah tersebut adalah sebuah goa atau biasa warga sebut dengan ‘wisata perut bumi’. Objek wisata ini akan memberikan pengalaman yang baru dan menyenangkan karena ada banyak hal yang bisa Anda explore di sana. Bagi Anda yang bosan berlibur ke wisata yang itu-itu saja, maka objek wisata goa ini bisa menjadi alterntif pilihan yang tepat.

Kebumen ternyata tak hanya memiliki Pantai Menganti sebagai primadona wisatanya. Sebuah goa di Kecamatan Ayah ini juga menjadi surga tersembunyi yang tak hanya menyimpan keindahan, tetapi juga mengandung nilai sejarah yang berharga. Tak hanya bisa me-refresh tubuh dan pikiran, tempat ini juga bisa menambah pengetahuan dan edukasi.

Penasaran dengan objek wisata Goa Jatijajar Kebumen ini? Simak uraian berikut ini selengkapnya, ya!

Baca juga: Lubang Sewu Erorejo, Hanya Ada saat Kemarau Saja!

Daya Tarik Goa Jatijajar Kebumen

Goa ini merupakan sebuah situs geologi yang terbentuk secara alami dengan panjang sekitar 250 meter, lebar sekitar 15 meter, dan tinggi rata-rata sekitar 12 meter. Lokasi goa ini berada pada ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut dengan kondisi alam yang masih asri dan sejuk. Goa yang keseluruhannya merupakan batu kapur ini memiliki ragam daya tarik yang membuat banyak wisatawan selalu berdatangan ke sini. Salah satunya adalah karena nuansa goanya yang alami dengan batuan kapur yang eksotis.

Anda tentunya akan menemukan stalagmit dan stalagtit yang berwarna cokelat keemasan dengan bentuk runcing yang eksotis. Jalur untuk menyusuri Goa Jatijajar Kebumen berupa beton sehingga wisatawan bisa dengan mudah menyusuri goa ini hingga ke ujungnya. Kebersihannya pun terjamin, lengkap dengan penerangan pada berbagai sudutnya sehingga tidak ada kesan seram. Meskipun begitu, kealamian goa ini tetap terpancar dari dinding-dinding goanya yang alami.

Sebelum memasuki goa, Anda akan menemukan patung kepala dinosaurus berukuran besar dan dari mulutnya keluar air yang deras. Keberadaan patung tersebuut sebagai simbol bahwa goa ini telah berusia tua layaknya dinosaurus. Masuk ke dalam goanya, Anda akan menemukan sebuah diorama dengan patung sebanyak 32 buah dan tersebar hingga ujung goa. Cahaya-cahaya berwarna-warni dari lampu pun menyoroti tiap patung, membuatnya lebih terlihat aesthetic.

Diorama tersebut mengisahkan tentang legenda Lutung Kasarung atau Raden Kamandaka. Konon, Goa Jatijajar Kebumen merupakan tempat Raden Kamandaka bersemedi, lho. Ornamen-ornamen lain pun bisa Anda nikmati dalam goa ini yang tertata dengan rapi. Untuk berfoto, Anda tinggal memilih pencahayaan dan angle yang bagus, selebihnya, goa ini bisa mejadi background foto yang ciamik.

Salah satu kelamanian lain yang bisa Anda rasakan adalah keberadaan sungai dalam goa atau istilahnya adalah sendang. Terdapat 7 sendang dalam goa ini, tetapi hanya 4 yang bisa Anda jangkau, yakni Sendang Puser Bumi, Sendang Jombor, Sendang Mawar, dan Sendang Kanthil. Sendang Mawar dan Sendang Kanthil akan bertemu dan pertemuannya akan keluar melalui mulut patung dinosaurus tadi.

Fasilitas dan Jam Operasional

Goa Jatijajar Kebumen memiliki beberapa fasilitas, seperti area parkir kendaraan, toilet, masjid, warung wisata, spot foto, dan lainnya. Tersedia juga fasilitas pusat informasi, pusat souvenir, penyewaan senter dan helm wisata, dan rumah makan. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.30 sampai dengan 16.00 WIB setiap harinya.

HTM dan Alamat Goa Jatijajar Kebumen

Harga tiket masuk objek wisata ini murah meriah, hanya Rp5.500 untuk setiap anak-anak dan Rp12.500 per orang dewasa. Kemudian terdapat biaya tambahan untuk retribusi parkir sebesar Rp2.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp15.000 untuk bus. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, hubungi nomor 081226790901 untuk informasi lebih lanjut dan terbaru setiap saatnya.

Goa Jatijajar Kebumen berlokasi di Kebumen, tepatnya Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473. Berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat kota atau bisa Anda tempuh dengan waktu 1 jam. Akses jalannya bisa untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Selamat berlibur, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya