Minggu, Mei 26, 2024

Embung Tambakboyo Yogyakarta, Cocok untuk Joging dan Mancing

Embung Tambakboyo Yogyakarta merupakan sebuah waduk buatan yang kini juga berfungsi sebagai tempat joging dan memancing. Areanya yang cukup luas dengan lintasan joging track yang rapi dan panjang membuat banyak pengunjung berdatangan. Terlebih, joging di sini tidak akan membuat bosan karena terdapat suguhan pemandangan alam yang indah. 

Bagi Sobat Djava yang belum tahu, embung adalah sebuah kolam atau danau buatan yang berfungsi sebagai penampungan air hujan. Air hujan yang tertampung kemudian biasanya masyarakat setempat gunakan untuk pengairan kebun atau lahan pertanian. Juga berfungsi sebagai persediaan air bersih dan PDAM. 

Nah, embung yang satu ini memiliki fungsi yang lebih dari itu, Sobat Djava. Ingin tahu informasi selengkapnya tentang Embung Tambakboyo Yogyakarta? Mari simak dalam uraian berikut ini karena kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Daya Tarik Alam Embung Tambakboyo Yogyakarta

Seperti embung yang terdapat di Jawa Timur dan Jawa Tengah lainnya, embung yang satu ini juga memiliki latar pemandangan yang indah. Satu gunung yang menghiasi alamnya dengan begitu gagah adalah Gunung Merapi. Gunung yang terlihat gagah tersebut menjadi lanskap yang memesona kala berpadu dengan birunya langit dan pemandangan hijau sekelilingnya.

Pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi dan dedaunan rindangnya yang meneduhkan juga menghiasi di tepian embung ini. Pengunjung yang melakukan joging atau sekadar bersantai pun bisa sedikitnya terlindungi dari sengatan matahari. Keberadaan pohon-pohon tersebut juga membuat nuansanya lebih asri dan udara sekitarnya yang menjadi lebih sejuk. Agar bisa menikmati keindahan Embung Tambakboyo Yogyakarta ini, pastikan Anda datang saat kondisi cuaca cerah ,ya!

Luas area embung ini adalah sekitar 7,8 hektare dengan kapasitas tampungan air hingga 400.000 meter kubik. Tak heran jika embung ini berfungsi untuk mengairi hingga ke Bantul, Sleman, dan tentunya Yogyakarta. Danau dengan airnya yang tenang ini berfungsi sebagai resapan air tanah, konservasi air, dan sebagai ruangan terbuka hijau.

Joging, Mancing, dan Berburu Sunset!

Selain fungsinya yang bermanfaat untuk pengairan ke berbagai wilayah, Embung Tambakboyo Yogyakarta juga berfungsi sebagai pariwisata. Keindahan alamnya menarik banyak pengunjung berdatangan dan menghabiskan waktu di sana sembari bersantai. Luasnya danau dengan hiasan hijaunya pepohonan di tepiannya yang memanjakan mata menjadi pemandangan yang indah. Apalagi saat sore hari atau saat matahari terbenam, Anda bisa berburu sunset dari sini.

Selain berburu sunset, Anda juga bisa melakukan olahraga joging, lho. Lintasan track joging cukup panjang dengan kondisi rapi tertata dengan konblok. Pemandangan alam sekitarnya juga menjadikan aktivitas joging tidak membosankan. Setelah itu, Anda bisa memancing ikan di embung ini. 

Embung Tambakboyo Yogyakarta juga bisa menjadi spot bersantai yang asyik kala sore hari. Banyak pedagang yang kaki lima, warung, hingga angkringan yang biasanya buka saat sore hari. Jalan-jalan sembari jajan menikmati danau dan udara segar bisa menjadi rileksasi. Bagi Anda pecinta olahraga sepeda, tempat ini juga cocok untuk menyalurkan hobi Anda tersebut.

HTM dan Jam Operasional

Harga tiket masuk ke embung ini sebenarnya gratis, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Besarannya adalah Rp1.000 per unit sepeda, Rp2.000 per unit motor, dan Rp3.000 per unit mobil. Sangat murah, bukan? 

Anda bisa mengunjungi Embung Tambakboyo Yogyakarta kapan saja. Namun, kami sarankan untuk datang saat pagi atau sore hari saja saat cuaca cerah. Jika datang saat tengah hari, khawatir akan kepanasan karena areanya outdoor. 

Fasilitas dan Lokasi Embung Tambakboyo Yogyakarta

Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat in yaitu area parkir kendaraan dan warung atau para pedagang kaki lima serta angkringan. Terdapat juga area untuk duduk bersantai menikmati suasana tenang danau. Sayangnya, tempat ini minim tempat sampah sehingga pada beberapa titiknya terlihat tumpukan sampah. Harap jaga kebersihan areanya saat berkunjung, ya!

Embung Tambakboyo Yogyakarta beralamat di Jetis, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Berjarak sekitar 10 kilometer dari titik nol Yogyakarta dengan akses jalan yang cukup mudah. Agar aktivitas joging dan mancing lebih asyik, jangan lupa membawa teman atau keluarga, ya! (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya