Kamis, April 25, 2024

Desa Wisata Cibuntu, Paket Komplit Wisata Desa yang Sesungguhnya

Desa Wisata Cibuntu merupakan salah satu desa wisata yang beralamat di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Desa ini dinobatkan sebagai peringkat kelima Desa Wisata Terbaik ASEAN dan desa wisata terbaik kedua di Indonesia.

Selain memiliki suasana alam yang menyejukkan, warga disini juga memiliki kesadaran tinggi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jadi desa ini sangat cocok bagi kamu yang ingin healing dan refresh sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Untuk menuju Desa Wisata Cibuntu diperlukan waktu sekitar 59 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 28,8 km dari pusat Kota Kuningan. Wisata Desa ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuknya pun sangat ramah di kantong. Kamu hanya perlu membayar Rp. 3.000,- per orang saja.

Desa Wisata Cibuntu memiliki berbagai macam fasilitas yang bisa kamu coba, di antaranya area taman yang luas, mushola, toilet, kolam renang, gazebo, warung makanan, dan kampong domba.

Daya Tarik Desa Wisata Cibuntu

Desa ini memiliki daya tarik wisata dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Nuansa alamnya memiliki ciri khas pedesaan yang asri dan juga bersih.

Kamu bisa melihat pemandangan hijaunya pesawahan yang luasnya mencapai 30 hektar. Selain itu, di sekelilingnya juga terdapat panorama indah pegunungan dan lereng bukit. Tak heran jika desa ini menjadi pilihan tepat untuk kegiatan piknik atau berkemah bersama keluarga.

Baca juga : Piramida Terbalik Summarecon, Landmark Indah Kebanggaan Kota Bekasi

Fasilitas lain yang tak kalah menarik dan selalu menjadi favorit para pengunjung adalah wahana kolam renang Cibuntu. Kolam renangnya terbagi menjadi dua, yaitu kolam renang anak dan kolam renang dewasa. Di pinggir kolam juga sudah disediakan beberapa gazebo untuk beristirahat.

Desa Wisata Cibuntu juga menyediakan fasilitas homestay dan berhasil meraih predikat Desa Wisata Terbaik kelima di ASEAN untuk bidang homestay. Di desa ini juga terdapat air terjun bernama Curug Gongseng yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Jalur trekkingnya pun mudah dan cepat. Kamu hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk sampai ke curug ini dari lokasi parkir.

Tujuan wisata yang lainnya adalah mengunjungi Kampung Domba. Di sini terdapat lebih dari 50 kandang domba dan kambing. Tak perlu khawatir, meskipun begitu tempat ini tetap bersih dan juga terawat.

Desa ini juga memiliki beberapa situs peninggalan, antara lain Situs Saurip Kidul, Bujal Dayeuh, Hulu Dayeuh, Birit Dayeuh, dan Situs Cikahuripan. Di Cikahuripan sendiri, kamu akan mendapati mata air alami yang begitu segar. (Willy/Djavatoday). 

Raffana Riverside Camp, Syahdunya Bermalam di Tepi Sungai

Raffana Riverside Camp merupakan sebuah pusat glamping dan camping dengan konsep bermalam di tepi sungai. Tempat ini cukup luas dan mampu menampung hingga 200...

Umbul Kemanten Klaten, Pemandian Alami Paling Aesthetic

Umbul Kemanten Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian alami yang paling aesthetic. Tempat ini adalah spot berenang paling favorit karena memiliki air...

Wisata Banyu Bening Tinapan: Daya Tarik hingga Alamat

Wisata Banyu Bening Tinapan merupakan sebuah objek wisata alam dengan konsep desa wisata yang asri dan indah. Tempat ini menyuguhkan ragam kegiatan seru untuk...

Pijar Park Kudus, Spot Healing di Tengah Hutan Pinus

Pijar Park Kudus merupakan sebuah objek wisata alam yang memadukan konsep bumi perkemahan, kafe outdoor, hingga wahana outbound. Tempat ini cocok menjadi spot healing...

Terpopuler

Lainnya