Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Desa Raksabaya Cimaragas Kembangkan Curug Kembar Binuang Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Desa Raksabaya Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kini tengah mengembangkan Obyek Wisata Alam Curug Kembar Binuang. Air terjun ini berada di Dusun Raksabaya.

Kepala Desa Raksabaya Dedi Kusnadi mengatakan, pihaknya mulai melakukan penataan lokasi wisata pada Desember 2019 lalu. Pemdes mengusung pengembangan konsep Desa Wisata. Harapannya, ke depan wisata tersebut dapat mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu dapat menunjang perekonomian masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan.

“Dengan Desa Wisata tentunya dapat memberdayakan masyarakat sekitar. Sehingga perputaran perekonomian dapat berjalan, yang akhirnya dapat meningkatkan kesejaheraan,” ujar Dedi Kusnadi, Kamis (10/9/2020).

Foto: CN/Djavatoday

Pemerintah Desa Raksabaya Cimaragas berharap Obyek Wisata Curug Kembar Binuang dapat menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Ciamis. Konsep wisata yang dikelola langsung oleh pemerintah desa, diantaranya out bond, pemandian, camping ground, kuliner dan spot selfie kekinian dengan pemandangan alam Cimaragas.

Meski masih dalam pengembangan, Obyek Wisata Alam Curug Kembar Binuang telah dibuka. Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun kembar ini. Untuk masuk ke lokasi wisata, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk Rp 3 ribu per orang.

Saat ini sudah cukup banyak wisatawan yang datang. Namun masih didominasi oleh turis lokal, seperti wilayah Ciamis, Banjar dan Tasikmalaya. Harapannya, ke depan, Obyek Wisata Alam Curug Binuang ini bisa dinikmati oleh wisatawan luar daerah dan mancanegara. Sehingga dapat memajukan Desa dan Kabupaten Ciamis. (selanjutnya)

Curug Arga Tasikmalaya: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Curug Arga Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun dengan pesona alam yang memukau. Objek wisata ini terbilang baru dan merupakan hidden...

Curug Badak Batu Hanoman, Wisata Alam di Tasikmalaya

Curug Badak Batu Hanoman merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan dua spot air terjun. Kedua air terjun ini terbilang cukup tinggi dengan...

Piata Land Malang, Kafe Wisata yang Kids Friendly

Piata Land Malang merupakan sebuah kafe yang mengusung konsep wisata untuk anak-anak dan tempat bersantai untuk orang tua. Jadi, Anda bisa bersantai menikmati kopi...

Pasar Apung Malang, Kuliner 6 Negara dalam 1 Tempat

Pasar Apung Malang merupakan sebuah pasar yang menjadi rangkaian terakhir dalam wisata museum angkut. Objek wisata ini menawarkan sensasi berbelanja yang berbeda karena setiap...
spot_img

Terpopuler

Lainnya