Senin, Juni 17, 2024

Daya Tarik Pantai Parangtritis Yogyakarta, Wisata Alam yang Menakjubkan

Pantai Parangtritis Yogyakarta adalah pantai yang terletak di Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang merupakan pantai terpopuler di kawasan selatan pulau Jawa. Pantai Parangtritis menyajikan pemandangan yang indah dengan deburan ombak yang lumayan besar. Kamu pasti akan sangat menikmatinya. Mengisi liburan dengan mengunjungi pantai mungkin sudah terlintas di benakmu. Tapi, enaknya pergi ke pantai mana ya? Nggak usah bingung! Pantai Parangtritis akan menawarkan aktivitas-aktivitas seru yang akan membuat kamu merasa puas.

Pantai Parangtritis Yogyakarta, Destinasi Wisata yang Harus Kamu Kunjungi

Menghabiskan waktu di Pantai Parangtritis akan membuatmu terlena dengan keindahan alam yang tiada banding. Wisata ini memiliki daya pikat yang kuat untuk menarik banyak pengunjung. Tidak usah lama-lama berpikir, Pantai Parangtritis aksesnya mudah, 27 kilometer selatan Kota Yogyakarta yang bisa dicapai menggunakan transportasi umum ataupun juga kendaraan pribadi. 

Identik dengan Kisah Mitos

Pantai Parangtritis Yogyakarta identik dengan Ratu Pantai Selatan yang juga sudah tidak asing lagi di telinga. Mitos ini berawal dari cerita Nyi Roro Kidul yang telah menjadi sejarah terkemuka di Yogyakarta. Kisah Nyi Roro Kidul beredar menjadi misteri turun temurun yang acapkali diperbincangkan masyarakat. Baik orang setempat maupun para pendatang. Mitos tentang Nyi Roro Kidul dikaitkan pula dengan larangan tidak boleh memakai baju berwarna hijau. Diceritakan bahwa Ratu Pantai Selatan itu suka sekali dengan warna hijau, itulah sebab munculnya sebuah pendapat yang mengatakan bahwa wisatawan berbaju hijau akan hilang terseret ombak.

Pantai Parangtritis Yogyakarta maupun pantai-pantai lainnya memiliki adat istiadat yang harus kita patuhi saat berkunjung ke tempat tersebut. Mitos ini belum tentu kebenarannya, tapi alangkah baiknya kita mengikuti himbauan yang diperaturkan.

Menjadi Ikon Pariwisata di Yogyakarta

Kamu yang sedang berlibur ke kota pelajar alias kota Yogyakarta pokoknya diwajibkan mampir ke pantai Parangtritis. Karena bukan hanya menikmati semilir angin atau ombak yang berdebur, wisatawan di Parangtritis bisa mengelilingi pantai menggunakan motor roda empat atau ATV. Cocok banget nih, buat kamu yang suka tancap gas! Nah, kamu yang nggak suka kendaraan bermotor tidak perlu khawatir, masih bisa kok menjelajahi pantai tanpa harus mengeluarkan banyak energi dengan berjalan kaki. Kamu juga bisa naik delman untuk melintasi permukaan pasir halus yang telah disapa ombak. Menikmati indahnya suasana pantai Parangtritis menggunakan kuda.

Sebaiknya kamu mengunjungi pantai pada saat musim panas, sebab gelombang lautnya lebih rendah dari musim hujan. Setelah menghirup segarnya udara di pantai, menanti matahari terbenam, berfoto, atau bermain pasir, kamu juga bisa lho, pergi berwisata ke tempat-tempat di sekitarnya, seperti Gumuk Pasir Parangkusumo, Bukit Paralayang Parangtritis, dan Pemandian Air Panas Parangwedang. (Karin/Djavatoday)

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya