Senin, Juli 15, 2024

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan ketinggian yang tak tanggung-tanggung lebih dari 50 meter di atas permukaan laut. Pesonanya makin terlihat gagah karena tebing yang menjadi sandarannya seolah mengungkung air terjun ini. Hiruk-pikuk dunia perkotaan pun seolah lenyap, berganti dengan nuansa alam yang begitu tenang.

Bogor dengan julukan kota 1001 curug memang merupakan sebuah kebenaran. Kawasan dengan banyak pegunungan dan perbukitan dataran tinggi ini menyimpan banyak keindahan air terjun bahkan dalam satu kawasan yang sama. Tak heran jika banyak traveler yang berbondong-bondong datang dari kota metropolitan untuk bisa menikmati keindahannya.

Jika kamu berniat untuk berpetualang menemukan curug yang indah di Bogor, tal ada salahnya untuk datang ke Curug Ciparay Bogor. Aksesnya tidak begitu sulit dan masih satu kawasan dengan air terjun populer Bogor, yakni Curug Walet. Sebelum berkunjung, simak terlebih dahulu informasi berikut ini sebagai referensi!

Baca juga:Curug Tengah Puraseda Bogor, Miliki Bentuk Unik Bak Perosotan!

Daya Tarik Curug Ciparay Bogor

Menghabiskan waktu berlibur dengan menikmati keindahan alam adalah hal yang harus kamu coba. Meskipun membutuhkan perjalanan yang sering kali tidak mudah, alam setidaknya bisa membuatmu kembali ceria. Suasana tenang dan hawa sejuknya bisa membuat beban menguap dan pikiran lebih ringan.

Salah satu tempat dengan keindahan, suasana tenang, dan memiliki kesejukan adalah Curug Ciparay Bogor. Lokasinya berada di Taman Gunung Salak Endah dan tepat berada di kaki gunung sehingga begitu sejuk. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 50 meter dengan bentuk vertikal dan aliran yang cukup deras. Curug yang namanya sama dengan salah satu air terjun populer di Tasikmalaya ini juga memiliki warna air yang putih jernih.

Jatuhan airnya akan membentuk sebuah kolam alami dengan kedalaman sekitar 1 hingga 2,5 meter. Selanjutnya, aliran dari kolam akan membentuk 3 sungai dengan bebatuan yang berserakan. Wisatawan boleh berenang di kolamnya tetapi tidak boleh mendekati titik jatuh air terjun. Pastikan juga kamu telah mahir berenang dan memperhatikan pijakan.

Curug Ciparay Bogor bisa menjadi spot healing yang asyik karena masih cukup sepi pengunjung. Panorama alam sekitarnya yang hijau dengan pepohonan rimbun pun menambah daya tariknya. Tak heran jika banyak wisatawan yang mengabadikan keindahannya dengan membuat konten foto ataupun video.

Harga Tiket Masuk

Objek wisata ini berada di area kawasan Taman Gunung Salak Endah sehingga terdapat dua tiket yang harus kamu bayar. Tiket pertama adalah untuk memasuki kawasan GSE dengan harga Rp20.000 per motor. Dari situ kamu bisa memilih ingin berkunjung ke curug mana. Jika ke Air Terjun Ciparay, siapkan lagi uang senilai Rp15.000 per orang sebagai biaya masuknya.

Dengan HTM tersebut, wisatawan terkadang mendapatkan free keripik dan kopi khas yang lezat. Jika kamu membawa kendaraan, akan ada retribusi parkir sebesar Rp5.000 per unit motor. Perlu kamu ingat bahwa tarif tiket masuk Curug Ciparay Bogor ini tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah kapan saja.

Fasilitas dan Jam Operasional

Beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata air terjun ini adalah area parkir kendaraan, toilet, musala, dan warung-warung kecil. Tersedia juga saung untuk tempat istirahat sembari menikmati gorengan hangat atau mi instan yang nikmat.

Adapun jam operasional Curug Ciparay Bogor adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap Senin-Jumat. Khusus saat weekend, j operasionalnya buka hingga pukul 16.30 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari agar mendapatkan momen sejuknya.

Alamat Curug Ciparay Bogor

Objek wisata ini berlokasi di Kecamatan Pamijahan yang terkenal sebagai kawasan wisata di kota hujan. Alamat lengkapnya adalah Kp. Raina Ciputri RT/RW 05/08, Desa Ciasihan, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Akses jalannya sudah cukup baik. Dari area parkir, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 10 sampai 15 menit melewati persawahan dan barisan tangga serta jalan tepi tebing.

Itulah beberapa informasi tentang Curug Ciparay Bogor terbaru 2024 yang bisa kamu jadikan referensi. Informasi lebih lanjut hubungi nomor telepon 085772712676. (Rismawati/Djavatoday)

Pasir Gowong Tasikmalaya, Wisata Alam dengan HTM Gratis

Pasir Gowong Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan alam berupa pegunungan dari atas bukit.

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya