Minggu, Oktober 17, 2021

Danau Terindah di Pulau Jawa Pesona Eksotis yang Wajib Dikunjungi

Danau terindah di Pulau Jawa memiliki pesonanya tersendiri. Entah karena pesona warna airnya, suasana alam disekitarnya, atau pun karena panoramanya yang cantik. Keindahan danau atau telaga ini wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Apalagi Anda para warga di perkotaan sesekali harus memanjakan diri dengan berwisata ke tempat eksotis seperti berikut ini.

7 Danau Terindah di Pulau Jawa

Danau Toba memang menjadi icon danau dari Indonesia, tepatnya berada di Pulau Sumatra. Namun, jangan salah nih Sobat Djava, Pulau Jawa juga memiliki deretan danau terindah yang no kaleng-kaleng! Yuk, simak daftarnya berikut ini.

Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Baca juga:

Danau Ranu Kumbolo merupakan salah satu danau terindah di Pulau Jawa. Tepatnya berada di Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Danau ini juga bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Para pendaki tentunya sudah tidak asing lagi dengan danau yang berada di ketinggian 2.400 mdpl ini. 

Ranu Kumbolo juga menjadi tempat sunset and sunrise point. Selain panoramanya yang indah, danau ini memiliki air yang super jernih, bahkan bisa diminum langsung.

Telaga Warna Dieng, Jawa Tengah

Keunikan danau atau telaga yang satu ini adalah airnya yang memantulkan beberapa warna yang cantik. Seperti biru, hijau, dan kuning yang disebabkan kandungan belerang yang tinggi, itulah mengapa danau ini disebut “Telaga Warna”. Sama seperti Ranu Kumbolo, Telaga Warna juga berada di dataran tinggi, tepatnya dataran tinggi Dieng dengan 2.000 mdpl. Lokasinya berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Salah satu danau terindah di Pulau Jawa ini bersebelahan dengan Telaga Pengilong. Telaga Warna memiliki udara yang sejuk meskipun mataharinya cerah karena berada di daerah pegunungan. Anda juga akan menemui beberapa goa keramat, seperti Goa Sumur, Batu Tulis, Goa Pengantin, dan lainnya.

Kawah Putih Bandung, Jawa Barat

Warga Jabar tentu sudah tidak asing dengan Kawah Putih yang merupakan danau dari bentukan letisan Gunung Patuha. Danau ini berlokasi di kaki Gunung Patuha, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berada di ketinggian 2.430 mdpl, Kawah Putih menjadi tempat berburu sunrise dan sunset favorit. View saat sunrisenya adalah yang paling perfect, lho!

Permukaan airnya berwarna putih, tetapi terkadang berwarna kehijauan, biru, sampai coklat. Tergantung dari temperatur dan kandungan sulfurnya. Panorama indah yang dimiliki oleh salah satu danau terindah di Pulau Jawa ini memikat para wisatawan untuk berswafoto. Bagaimana tidak, foto yang dihasilkan memang instagramable.

Telaga Saat Bogor, Jawa Barat

Telaha Saat tidak hanya memiliki view yang indah, tetapi penampakannya begitu eksotis. Hal tersebut disebabkan letaknya yang berada di ketinggian Puncak Bogor dan dikelilingi perkebunan teh hingga hutan. Apalagi jika turun kabut, keeksotisannya auto meningkat! Jika ingin berkunjung, catat lokasinya yakni di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Salah satu danau terindah di Pulau Jawa ini menyuguhkan keasrian alam. Yang merupakan kombinasi dari jernihnya air danau, hijaunya pegunungan, perkebunan, dan hutan, serta kesejukan udara Puncak yang menenangkan. 

Danau Situ Gede Bogor, Jawa Barat

Masih di kawasan Bogor, Danau Situ Gede juga memiliki panorama alam yang indah nan menyejukkan. Tempat ngadem warga Bogor ini memiliki luas sekitar 6 hektar dan berada di 

kawasan hutan yang dikelola Badan Litbang. Lokasi tepatnya berada di Jl. Cilubang Malang No.37, Kota Bogor, Jawa Barat 16115.

Di danau ini terdapat makam salah satu legenda penguasa Tasikmalaya, Eyang Prabudilaya, dan sebuah pulau ditengahnya. Danau Situ Gede sering dijadikan tempat syuting film maupun sinetron. Danau ini memiliki view eksotik karena terdapat di tepi hutan Dramaga. Anda bisa menikmati keindahan danau dengan menaiki perahu atau berjalan menyusuri tepi hutan.

Telaga Sarangan Magetan, Jawa Timur

Telaga Sarangan atau disebut juga dengan Telaga Pasir menjadi salah satu danau terindah di Pulau Jawa yang selanjutnya. Danau ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, tepatnya di lereng Gunung Lawu, Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Berada di kaki gunung, udara di sekitar danau pun cenderung dingin. 

Panorama Telaga Sarangan tidak diragukan lagi, airnya jernih bahkan bisa memantulkan potret pegunungan yang mengelilinginya. Serta memantulkan warna biru dari langit yang memayunginya. Terbentuk secara alami menyebabkan danau ini memiliki vibes alam yang asri dan damai. Anda bisa duduk menikmati viewnya, bermain speedboat, menaiki perahu, atau berkuda untuk berlibur di sana. 

Telaga Dringo Jawa Tengah

Disebut sebagai Ranu Kumbolonya Jawa Tengah, Telaga Dringo memang memiliki pesona yang memukau. Danau yang terbentuk karena letusan Gunung Sinila ini berada di ketinggian lebih dari 2.222 mdpl, menjadikannya danau tertinggi di Jateng. Pesona danau yang indah dilengkapi dengan daya tarik hutan lindung, kebun teh, hingga bukit asri disekitarnya. 

Untuk Anda yang ingin menenangkan diri atau self healing, Telaga Dringo adalah jawabannya. Anda bisa berkemah di sana dan menikmati cantiknya panorama destinasi wisata Dieng saat sunrise dan sunset. 

Danau terindah di Pulau Jawa tersebut akan selamanya indah jika kita mampu menjaga kelestarian alamnya dengan baik. Jadi, tetap jaga lingkungan alam saat berkunjung, ya! (Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU