Rabu, Oktober 27, 2021

Daftar Curug di Tasikmalaya untuk Healing dan Liburan

Hello good people. Air terjun atau yang biasa disebut dengan curug menjadi salah satu destinasi wisata banyak orang. Nah, ada nih daftar curug di Tasikmalaya untuk healing dari deadline yang menumpuk.

Selain pemandangan curug yang indah, mengapa curug menjadi salah satu destinasi akhir-akhir ini? Karena ketika mendengar arus air serta merasakan nuansa sejuk otak akan menjadi fresh kembali. Sehingga banyak orang yang mulai mencari daftar curug mana saja yang belum dikunjungi.

Daftar Curug di Tasikmalaya

Baca juga:

Hampir di setiap kota atau kabupaten memiliki curug atau air terjun yang tersembunyi dibalik pepohonan. Jalan yang cukup terjal biasanya menemani setiap langkah menuju tempat tujuan. Namun, itu tidak menjadi hambatan bagi mereka yang memiliki jiwa petualang. Nah, berikut beberapa daftar curug di Tasikmalaya.

Curug Gado Bangkong

Curug Gado Bangkong menjadi salah satu destinasi untuk healing otak. Terletak di Tasikmalaya tepatnya di Santanamekar, Kecamatan Cisayong. Curug Gado Bangkong memliki satu curug dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Untuk dapat mencapai curug Gado Bangkong hanya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. Selain itu, kendaraan kalian harus dalam kondisi baik. Karena kalian akan melalui jalan yang berbatu sebelum mencapai jalan setapak yang mulus. Di sepanjang jalan akan disuguhi dengan pemandangan sawah berlatar Gunung Galunggung.

Tiket masuk wisata ini adalah Rp. 5 ribu sudah termasuk parkir. Fasilitas yang adapun sudah cukup lengkap, yaitu toilet, tempat ganti baju, warung dan tempat parkir .

Curug Badak

Tidak jauh dari Curug Gado Bangkong, karena pintu masuk Curug Badak sama dengan Curug Gado Bangkong. Sehingga cukup membayar sekali tiket sudah dapat menikmati dua destinasi.

Setelah puas di Curug Gado Bangkong, daftar curug di Tasikmalaya selanjutnya adalah Curug Badak. Untuk dapat mencapai tempat harus berjalan sekitar 100 meter. Perjalanan itu tidak akan terasa lelah, karena pemandangan sawah akan kembali terlihat apalagi dengan dinaungi langit biru cerah. Meskipun panas tapi itu akan menjadi masalah.

Setelah sampai di lokasi, kalian akan berada di atas curug Badak. Sedangkan untuk dapat melihat Curug Badak itu kalian harus mengambil jalan yang berbeda. Ketika di sini harus berhati-hati, karena banyak batu yang licin. Arus air yang menenangkan serta jernih merupakan pemandangan untuk refresh otak.

Curug Dengdeng

Daftar curug di Tasikmalaya selanjutnya adalah Curug Dengdeng. Niagara-nya Tasikmalaya, curug ini adalah versi kecilnya Air Terjun Niagara yang berada di Amerika. Berada di Desa Tawang, Tasikmalaya.

Curug ini memiliki beberapa umpakan dengan berbeda ketinggian. Umpakan yang pertama 9 meter, kedua 11 meter dan yang ketiga 13 meter. Debit air curug ini akan berkurang ketika musim kemarau. Sehingga waktu yang cocok untuk datang ke wisata ini adalah ketika awal musim hujan dan awal musim kemarau.

Hampir sama seperti curug lainnya, tiket masuk wisata ini Rp. 5 ribu untuk motor dan Rp. 15 ribu untuk mobil. Di sini juga telah tersedia warung bagi kalian yang sudah lelah bermain air.

Baca juga: Curug Bibijilan Sukabumi, Pesona Air Terjun dengan Shower Climbing

Curug Ciparay

Ketika mendengar nama curug ini sebagian orang akan berpikir pada Kota Bogor. Tapi ternyata curug Ciparay termasuk salah satu daftar curug di Tasikmalaya loh. Jadi, ada dua curug yang bernama Ciparay, yaitu di Bogor dan Tasikmalaya.

Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, curug ini memiliki debit air yang cukup deras. Bahkan ketika berada jauh beberapa meter dari curug cipratan air masih akan terasa dan membuat baju basah. Curug Ciparay memiliki dua curug yang berdampingan.

Untuk dapat menjangkau lokasi ini kalian harus membawa kendaraan yang fit. Karena jalan bebatuan dapat membuat ban motor bocor. Sehingga harus berhati-hati pula dalam memilih jalan yang akan dilindas.

Tapi, perjalanan panjang yang melelahkan akan terbayar dengan indahnya pemandangan dan sejuknya suasana alam. Tiket masuk Curug yang berada di Cigalontang, Tasikmalaya ini sebesar Rp. 5 ribu. Di sini juga tersedia warung untuk memesan secangkir kopi hangat untuk menemani bersantai.

Nah, itu beberapa daftar curug di Tasikmalaya yang dapat dikunjungi untuk healing. Setiap tempat memiliki pribumi yang harus dihormati. Maka dari itu sebagai tamu haruslah bertutur kata dan laku yang sopan. Stay safe.

Pas/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU