Senin, Juni 17, 2024

Curug Walanda Purwakarta, Panorama Eksotis Harga Gratis

Curug Walanda Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam tersembunyi yang memiliki suguhan panorama air terjun eksotis. Tempat ini juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing dengan biaya masuk gratis. Hal tersebut karena air terjun ini masih belum banyak terjamah manusia sehingga pengelolaannya belum terorganisasi.

Kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat ini memang menyimpan banyak hidden gems yang layak untuk kamu kunjungi. Meskipun akses jalannya tidak mulus, para wisatawan terutama mereka yang gemar berpetualang tak akan kapok, lho. Keindahan tempat-tempat tersembunyi tersebut mampu menjadi obat dari segala kepenatan yang mereka rasakan selama di perjalanan.

Nah, kami memiliki satu rekomendasi tempat tersembunyi di Purwakarta yang belum banyak terjamah manusia. Nama tempatnya adalah Curug Walanda Purwakarta yang erat kaitannya dengan zaman penjajahan Belanda. Penasaran seperti apa informasi lengkap dari air terjun ini? Mari simak penjelasannya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Cerita Unik Curug Walanda Purwakarta 

Sobat Djava, tahukah kamu bahwa setiap tempat di Indonesia biasanya memiliki cerita sejarahnya tersendiri yang cukup unik. Seperti halnya air terjun ini yang konon merupakan tempat persembunyian para pribumi saat zaman penjajahan Hindia-Belanda dahulu. Para pribumi bersembunyi dari para penjajah yang akan mempekerjakannya dengan cara kerja rodi.

Oleh sebab itu, tempat ini akhirnya terkenal sebagai tempat persembunyian dari orang-orang Belanda. Uniknya, pengejaan kata “Belanda” dalam bahasa Sunda adalah “Walanda” sehingga terciptalah nama Curug Walanda Purwakarta. 

Daya Tarik Air Terjun

Berwisata ke air terjun memang menjadi aktivitas yang menarik karena suguhan alamnya yang ciamik. Jika kamu tengah berada di Kabupaten Purwakarta, tak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu hidden gem air terjun yang indah. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Walanda.

Meskipun ketinggian air terjun ini hanya sekitar 5 meter, pemandangannya tetap indah dan eksotis. Hal tersebut karena aliran airnya jatuh di antara apitan tebing berbatu. Debit airnya pun bergantung pada musim, akan lebih melimpah saat musim hujan dan akan lebih surut saat musim kemarau. Aliran air Curug Walanda Purwakarta cukup jernih dan jatuhannya membentuk kolam dengan warna air kehijauan.

Wisatawan biasanya memanfaatkan aliran kolam ini untuk berenang dan bermain air. Bagi yang menyukai tantangan, kamu bisa mencoba cliff jumping dari tebing berbatu. Namun, pastinya harus berhati-hati dan bisa berenang karena kedalamannya mencapai 2,5 meter. Curug ini juga menyuguhkan keasrian alam yang menciptakan nuansa tenang.

Biaya Masuk Gratis

Curug Walanda Purwakarta merupakan sebuah objek wisata tersembunyi yang masih belum banyak wisatawan ketahui. Pengelolaannya pun masih sangat sederhana sehingga tidak ada tarif biaya masuk yang dikenakan kepada wisatawan yang datang. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan seikhlasnya pada warga yang mereka titipi kendaraan.

Fasilitas

Objek wisata ini masih belum terkelola dengan baik oleh pemerintah setempat sehingga belum memiliki fasilitas yang memadai dan lengkap. Oleh karena itu, kami sarankan untuk membawa perlengkapan secara mandiri. Mulai dari perbekalan makanan, baju ganti, dan lainnya.

Jam Operasional Wisata

Curug Walanda Purwakarta bisa kamu kunjungi pada jam operasionalnya, yakni mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat memasuki musim hujan dengan kondisi cuaca yang cerah. Sebaiknya kamu datang sedari pagi karena menjelang sore akan gelap tanpa penerangan.

Alamat Lengkap Curug Walanda Purwakarta 

Objek wisata ini berlokasi di Kecamatan Maniis. Lebih tepatnya adalah Desa Sukamukti, Kec. Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41166. Lama perjalanan dari pusat kota ke kecamatan ini adalah sekitar 2 jam perjalanan. Ketika kamu sampai di pintu masuk, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit. Kamu akan melewati area persawahan, perbukitan, dan jalan yang naik-turun.

Itulah beberapa informasi mengenai Curug Walanda Purwakarta yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Selamat berlibur, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya